Presiden Jokowi Manortor pada Pesta Pernikahan Kahiyang-Bobby

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 25 November 2017 - 17:04 WIB

Presiden Jokowi di acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Medan, (25/11/2017). (Foto Setkab)
Presiden Jokowi di acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Medan, (25/11/2017). (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Medan- Presiden Joko Widodo melakukan tari tortor dalam puncak pesta pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution, di perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi di Kota Medan, Sabtu (25/11/2017)

Presiden Joko Widodo datang bersama Ibu Negara Iriana Jokowi untuk melakukan prosesi adat Manortor sesi ke-3.

Setelah tiba di tempat acara, Presiden dan Ibu Negara duduk diapit oleh keluarga Siregar yang mengangkat Kahiyang sebagai "mora" atau anak perempuannya.

Presiden manortor bersama dengan keluarga dari Siregar dan keluarga dekatnya, termasuk yang berasal dari Solo. Sebelum manortor, Presiden mengenakan ulos dan dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah.

Ia tampak luwes melakukan gerakan yang diakuinya belajar dari "Youtube" dengan didampingi oleh para bapak.

Presiden manortor selama sekitar 10 menit dengan diiringi musik dari gondang sembilan. Saat menari, para penari pun mendapat lemparan beras kuning simbol kemakmuran.

Setelah Presiden, bergantian Ibu Negara Iriana Jokowi manortor juga diiringi oleh para ibu dari keluarga Siregar dan keluarga dari Solo.

Tampak istri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Panjaitan, istri Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan besan Iriana, yaitu Ibunda Bobby ikut menari.

Ibu Iriana menari dengan tanpa mengenakaan alas kaki selama sekitar 10 menit. Ia juga tampak luwes menari, sedangkan Presiden melihat istrinya menari dari kursinya.

Kedua tari tortor itu adalah tari tortor mora yang menunjukkan Presiden dan Ibu Iriana sudah masuk dalam keluarga Siregar. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Catur non master

Minggu, 18 November 2018 - 23:06 WIB

Lima Ratus Peserta Ramaikan Piala Catur Hatta Taliwang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Turnamen Catur non master dan master wanita di bawah umur 15 tahun, memperebutkan piala M Hatta Taliwang dalam rangka memperingati hari Pahlawan.…

Pedet

Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 19:42 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja dan PDB Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Berdasarkan data BPS, pada periode 2015-2017, produktivitas tenaga kerja pada sektor pertanian dan PDB sektor pertanian mengalami peningkatan…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…