Waspadai Kenaikan Produksi, Harga CPO Malaysia Berpotensi Turun

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 20 November 2017 - 11:59 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia diperkirakan bakal kembali turun pada perdagangan Senin (20/11/2017).

“Pasalnya, pelaku pasar mempertimbangkan kenaikan pajak impor minyak nabati di India dan adanya proyeksi kenaikan produksi,” ujar Faisyal, analis bursa komoditas PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Pemerintah India telah menaikkan bea masuk untuk CPO menjadi 30% dari sebelumnya 15% sebagai upaya untuk membatasi pengiriman CPO yang lebih murah dan meningkatkan harga CPO lokal guna mendukung para petani lokal.

Menurut survei Reuters, produksi CPO Indonesia berpeluang naik 8,8% dari 3,63 juta ton menjadi 3,95 juta ton pada September 2017.

Hasan Hasril Siregar, Direktur Lembaga Penelitian Kelapa Sawit Indonesia, mengemukakan, produksi CPO pada Oktober 2017 seharusnya lebih tinggi karena merupakan puncak musim panen sawit.

“Produksi sawit pada November 2017 ini diperkirakan bakal kembali ke level seperti pada September lalu,” imbuh Hasan.

Pada perdagangan hari ini, para pelaku pasar akan menantikan laporan ekspor CPO dari perusahaan Cargo Surveyor ITS dan Cargo Surveyor SGS untuk jumlah permintaan minyak sawit.

Sementara itu, kurs ringgit Malaysia hari ini berpotensi bergerak pada kisaran 2.620-2.730 per dolar Amerka. Titik support terdekat diprediksi berada di posisi 2.650 dengan titik resistensi terdekat pada 2.700. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…