Waspadai Kenaikan Produksi, Harga CPO Malaysia Berpotensi Turun

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 20 November 2017 - 11:59 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia diperkirakan bakal kembali turun pada perdagangan Senin (20/11/2017).

“Pasalnya, pelaku pasar mempertimbangkan kenaikan pajak impor minyak nabati di India dan adanya proyeksi kenaikan produksi,” ujar Faisyal, analis bursa komoditas PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Pemerintah India telah menaikkan bea masuk untuk CPO menjadi 30% dari sebelumnya 15% sebagai upaya untuk membatasi pengiriman CPO yang lebih murah dan meningkatkan harga CPO lokal guna mendukung para petani lokal.

Menurut survei Reuters, produksi CPO Indonesia berpeluang naik 8,8% dari 3,63 juta ton menjadi 3,95 juta ton pada September 2017.

Hasan Hasril Siregar, Direktur Lembaga Penelitian Kelapa Sawit Indonesia, mengemukakan, produksi CPO pada Oktober 2017 seharusnya lebih tinggi karena merupakan puncak musim panen sawit.

“Produksi sawit pada November 2017 ini diperkirakan bakal kembali ke level seperti pada September lalu,” imbuh Hasan.

Pada perdagangan hari ini, para pelaku pasar akan menantikan laporan ekspor CPO dari perusahaan Cargo Surveyor ITS dan Cargo Surveyor SGS untuk jumlah permintaan minyak sawit.

Sementara itu, kurs ringgit Malaysia hari ini berpotensi bergerak pada kisaran 2.620-2.730 per dolar Amerka. Titik support terdekat diprediksi berada di posisi 2.650 dengan titik resistensi terdekat pada 2.700. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIIAS Medan 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Rangkaian GIIAS Roadshow 2018 Ditutup Pesta Harga Akhir Tahun di GIIAS Medan Auto Show

Menghitung mundur kurang dari dua minggu menuju penyelenggaraan rangkaian pameran mobil GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan kembali dilangsungkan di Medan. Kembali…

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Industri Pariwisata Menunggu Kehadiran Investor Arab Saudi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan pemerintah Indonesia akan menawarkan peluang investasi sektor pariwisata dan gaya hidup (lifestyle) dalam konferensi…

Menteri Basuki saat meninjau lokasi pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:29 WIB

Penyaluran Bantuan Rumah Risha Disalurkan Lewat Pokmas Untuk Jamin Akuntabilitas

Untuk mempercepat penyaluran bantuan, Pemerintah telah menyederhanakan format pencairan dana perbaikan rumah dari sebelumnya 17 formulir menjadi 1 formulir saja.

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih berfoto bersama dengan para peserta pameranpada peringatan Hari Kopi Internasional di Makassar (Foto: Kemenperin)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Pacu Pertumbuhan IKM Pengolahan Kopi, Inilah Langkah Strategis Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk skala industri kecil dan menengah (IKM).

Dean Novel

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:02 WIB

Kisah Petani Jagung Berdasi (2): Memilih NTB Ketimbang Jawa

Dean betah berladang di NTB karena menurutnya petani di Lombok masih haus dengan inovasi. Masih mendengar jika diberi penyuluhan, masih penasaran dengan ilmu-ilmu baru dalam pertanian.