PLN Bangun SKTT 150 KV Cikupa-Curug Tangerang

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 08 November 2017 - 14:06 WIB

Tower Listrik PLN (Ist)
Tower Listrik PLN (Ist)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- PT PLN (Persero) membangun saluran kabel tegangan tinggi 150 kV Cikupa-Curug sepanjang 19 kilometer sebagai upaya meningkatkan kualitas ketanagalistrikan khususnya di Tangerang, Banten.

"Proyek ini sangat strategis karena merupakan awal proyek besar PLN dan sudah ditunggu untuk memberi layanan kepada pelanggan agar listriknya tak lagi mati-hidup," kata Direktur Regional Jawa Bagian Barat PT PLN Haryanto WS awak media usai acara syukuran dan doa proyek itu di Tengerang, Banten, Selasa (7/11/2017)

Dikatakan oleh Haryanto, proyek itu juga menjadi bagian dari pembangunan sistem looping saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 kV Balaraja-Durikosambi, saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 kV Cikupa-Curug memiliki peran untuk evakuasi daya pembangkit di sisi barat Jawa menuju sistem Jakarta dan Banten sebagai upaya penguatan sistem kelistrikan di dua wilayah itu.

Pembangunan tersebut untuk menyalurkan energi listrik dari Gardu Induk Cikupa ke Gardu Induk Curug dengan tujuan untuk mempetbaiki mutu, keandalan dan fleksibilitas operasi serta penyaluran tenaga listrik ke konsumen dengan merekonfigurasi single pi menjadi double pi untuk suplai listrik ke Gardu Induk Curug.

Dikatakan, proyek itu menggunakan sistem double sirkit dengan tegangan nominal 150 kV dan juga menggunakan kabel tanah XLPE CU 2x1000 mm2 dengan total kapasitas 815 Amp per sirkit yang setara dengan 242 mW.

"Dengan adanya pembangunan ini diharapkan dapat mengantisipasi pertambahan kebutuhan listrik di Tangerang serta meningkatkan rasio elektrifikasi di Banten," katanya.

Proyek ini, katanya, merupakan wujud PLN Regional Jawa bagian Barat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastrukrur ketenagalistrikan khususnya di Tangerang.

PLN, katanya, saat ini terus mempercepat menyelesaikan sejumlah proyek kelistrikan di berbagai daerah agar dapat selesai tepat wakru sehingga segera bisa dinikmati masyarakat.

Haryanto mengingatkan pula agar proyek ini bisa diselesaikan tepat waktu agar tak mengganggu lalu lintas yang ada di sekitar proyek, mengingat dilalui banyak kendaraan dan merupakan jalan strategis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…