Presiden Jokowi Bersama Keluarga Pasang Bleketepe

Oleh : Herry Barus | Selasa, 07 November 2017 - 10:02 WIB

Warga mengikuti acara tumpengan kenduri selamatan sambut pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2017). ANTARA FOTO/Maulana Surya
Warga mengikuti acara tumpengan kenduri selamatan sambut pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2017). ANTARA FOTO/Maulana Surya

INDUSTRY.co.id - Solo - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan pemasangan bleketepe di depan kediamannya di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo didampingi Iriana Joko Widodo dan para putranya.

Berdasarkan pantauan awak media di Solo, Selasa (7/11/2017), Presiden Joko Widodo hanya sekitar 10 menit melakukan pemasangan bleketepe tersebut. Terlihat Presiden beserta keluarga mengenakan busana Jawa seragam berwarna oranye.

Pada kegiatan tersebut, Presiden maupun keluarga tidak memberikan keterangan apapun dan usai memasang bleketepe tersebut rombongan keluarga kembali memasuki kediamannya.

Tidak hanya keluarga inti, pada pemasangan bleketepe tersebut Presiden juga didampingi oleh keluarga besar.

Selain memasang bleketepe yang merupakan anyaman daun kelapa, Presiden juga membuka selubung pisang yang dipasang di pintu depan kediamannya.

Dalam tradisi Jawa pemasangan bleketepe dilakukan oleh keluarga yang akan menikahkan salah satu anggota keluarga. Pemasangan bleketepe dilakukan di depan rumah sang pemilik rumah.

Mengenai makna pemasangan bleketepe, Ketua Dewan Kesenian Surakarta (DKS) BRM Bambang Irawan mengatakan tradisi tersebut berawal dari Ki Ageng Tarub saat akan menikahkan putrinya.

"Saat itu rumah Ki Ageng Tarub kecil sehingga dia memasang bleketepe di sekeliling rumah dengan maksud agar rumah terlihat lebih besar," katanya.

Ia mengatakan tradisi tersebut hingga saat ini masih dilakukan sebagai tanda bahwa keluarga tersebut siap menyambut para tamu.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…