PLN Berhasil Menghemat Rp3,5 Triliun Per Tahun

Oleh : Hariyanto | Selasa, 31 Oktober 2017 - 14:17 WIB

Presiden Jokowi bersama Dirut PLN meninjau proyek listrik ( setkab )
Presiden Jokowi bersama Dirut PLN meninjau proyek listrik ( setkab )

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (Persero) mampu berhemat Rp3,5 triliun per tahun pascapengoperasian trafo berkapasitas 500 kilovolt di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi Cibinong, Jawa Barat.

Direktur Bisnis PLN Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin dalam rilis di Jakarta, Senin (30/10/2017) mengatakan PLN selalu berupaya menjaga keandalan pasokan listrik dengan terus memperkuat jalur distribusi listrik.

"Hari ini (Senin) 'interbus transformer' (IBT) Unit 3 di GITET Cibinong resmi beroperasi," katanya.

Menurut dia, IBT Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong 500 kV itu mampu mentransfer daya listrik sebesar 500 megavolt ampere (MVA) dari tegangan 500 kv ke 150 kv, yang kemudian disalurkan memperkuat keandalan pasokan listrik di Karawang dan Bekasi.

Di sisi lain, lanjutnya, beroperasinya IBT juga membawa manfaat bagi PLN dalam upaya menekan biaya pokok produksi (BPP) tenaga listrik.

"Potensi penghematan BPP dari IBT Unit 3 ini sebesar Rp3,5 trilun per tahun. Ini terjadi dengan menyubstitusi suplai daya dari pembangkit yang biaya produksi tinggi digantikan dengan pembangkit yang biaya produksi lebih murah dari sistem 500 kv," katanya.

Penurunan BPP, lanjutnya, merupakan program PLN dalam rangka menyediakan listrik yang andal dengan tarif yang murah.

Amir menambahkan pihaknya mempercepat pembangunan trafo IBT Cibinong untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PLN di sebagian Jawa Barat.

"Percepatan penyelesaian pembangunan IBT Cibinong ini bukan tanpa kendala, tetapi dengan komunikasi dan sinergi dari semua stakeholder, Alhamdulillah kendala-kendala tersebut dapat diatasi. Kami persembahkan IBT Unit 3 ini sebagai kado Hari Listrik Nasional Ke-72," ungkap Amir.

Menurut dia, pengoperasian IBT Unit 3 Cibinong telah melalui serangkaian uji coba yang ketat sebelum dinyatakan laik operasi.

"Pengujian antara lain dilakukan dengan pemberian tegangan selama 24 jam dan juga uji coba pembebanan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…