Kota Palembang Siapkan Branding Baru Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 Oktober 2017 - 15:25 WIB

Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)
Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan,mempersiapkan merek (branding) baru pariwisata untuk merespon peran sebagai tuan rumah Asian Games XVIII/2018.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Palembang Dharma Budi di Palembang, Selasa (24/10/2017)  mengatakan, branding baru ini diharapkan benar-benar dekat dengan ciri khas Palembang sehingga mudah diingat oleh para pendatang.

"Asian Games adalah kesempatan emas untuk promosi. Ada sekitar 15.000 pendatang, jika dapat dikemas dengan baik tentu akan menjadi media promosi yang paling efektif," kata Dharma.

Terkait merek pariwisata yang baru ini, Pemkot meminta masukan-masukan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait 'tagline' dan logo yang akan digunakan. Kemudian konsultan dari Jakarta yang diutus Kementerian Pariwisata akan menganalisanya.

Menurut Budi, sebagian besar masukan yang diterima menyarankan untuk menggunakan logo Jembatan Ampera, namun ada juga yang memasukkan ikan belido yang juga merupakan jenis ikan untuk membuat kuliner khas pempek.

"Kami masih memilah-milah mencontoh juga daerah-daerah lain seperti Raja Ampat, Papua. Akan tetapi acuannya tetap ke Wonderfull Indonesia," kata dia seperti dilansir Antara.

Ia menerangkan, setelah final didapatkan logo dan tagline maka akan diresmikan oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo.

"Selama ini sudah ada logo dan tagline, tapi dinilai masih kurang menjual. Semoga saja dengan branding baru membuat Kota Palembang menjadi lebih dikenal," ujar dia.

Sementara itu, konsultan pemasaran utusan dari Kemenpar Ardi Ridwansyah mengatakan beberapa daerah pada tahun ini diharuskan memiliki branding, di antaranya, Palembang, Medan Danau Toba, Labuan bajo dan Manado.

"Dalam pembuatan ini, ada dua aspek konsistensi dengan Brand Indonesia yakni Wonderfull Indonesia kurang lebih sama seperti itu, baik itu warna dan panduan umumnya," kata dia.

Untuk itu, terlebih dahulu akan dilakukan survei ke masyarakat hingga lima kali sehingga awal 2018 sudah muncul branding baru Kota Palembang.

"Idealnya tagline itu sederhana dan mudah diingat, sedangkan logo yakni benar-benar menggambarkan suatu daerah, bisa Jembatan Ampera atau Sungai Musi," ujar dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…