Replanting Dukung Pengelolaan Sawit Berkelanjutan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 10:43 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Bantuan dana peremajaan (replanting) sawit yang dimulai dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera merupakan bentuk dukungan konkret pemerintah terhadap pengelolaan sawit berkelanjutan di Indonesia.

“Kehadiran Presiden Jokowi menjadi magnet kuat bentuk kepedulian terhadap industri sawit rakyat berkelanjutan sekaligus tumpuan harapan pemerintah agar peran sawit sebagai pemberi devisa terbesar terus meningkat. Kepercayaan ini bisa menjadi modal bagi Indonesia untuk menjadi negara industri maju di dunia,” kata Wakil Sekjend Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Rino Afrino di Jakarta Sabtu (21/10/2017)

APKASINDO sebagai organisasi petani sawit terbesar di Indonesia, melihat kunker Jokowi sangat memotivasi semangat petani sawit di Indonesia untuk meningkatkan pengelolaan sawit berkelanjutan.“Maju mundurnya kelapa sawit sangat mempengaruhi kehidupan dari 22 juta masyarakat pekerja sawit, sehingga dampaknya besar bagi pembangunan ekonomi, khususnya upaya penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia.”

Dukungan pemerintah yang jelas juga terlihat dari kerja keras Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Luar Negeri untuk memajukan industri ini melalui berbagai forum  nasional dan global.”Keberpihakan pemerintah Jokowi sangat jelas dan perlu diapresiasi melalui kerja keras dan pantang menyerah dari para pemangku kepentingan sawit dalam berbagai forum,” kata Rino.

Sementara itu di tempat terpisah, anggota komisi IV Firman Subagyo menilai, pemerintahan Jokowi menyadari pentingnya upaya  melindungi komoditas strategis seperti sawit dari gempuran berbagai hambatan dagang serta kampanye negatif.

Mengacu pada sejarah, negara-negara industri maju di dunia umumnya memulai keberhasilannya dengan kebijakan melindungi komoditas strategis mereka. Amerika Serikat misalnya, sejak ratusan tahun lalu hingga kini tetap melindungi empat komoditas strategis mereka yakni gandum, kapas, kedelai dan jagung .”Proteksi pemerintah AS tidak hanya soal hambatan dagang, namun juga ketersediaan lahan yang mencukupi serta subsidi bagi petani secara besar-besaran,” kata Firman Subagyo.

Ketua Forum Tani Indonesia (Fortani) Wayan Supadno  mengharapkan, peluang ini harus dimanfaatkan para lulusan perguruan tinggi kembali ke desa untuk menanam sawit. “Pemerintah perlu mendorong para lulusan perguruan tinggi terutama dari fakultas pertanian untuk menjadi wirausaha muda sawit,” kata Wayan.

Wayan  yang juga petani sawit asal Pangkalan Bun mengungkapkan, keterlibatan wirausaha  muda sawit yang berpendidikan diharapkan mampu mepercepat pertumbuhan industri  sawit nasional.”Jika petani sawit berpendidikan, tidak mudah bagi industri ini disisipi oleh kepentingan kelompok tertentu seperti NGO.” kata dia.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang mengatakan, program repalanting sawit dapat menghasilkan nilai tambah produktivitas sebesar Rp 125 triliun per tahun.

Menurut Bambang, dari total 11,9 juta hektare kebun kelapa sawit Indonesia terdapat 4,7 hektare perkebunan rakyat atau 48%. Sebanyak 2,4 juta hektare kebun sawit saat ini masih dikembangkan secara tradisional.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…