Tujuh Proyek Listrik PLN di NTB Akan Menyerap Banyak Tenaga Kerja

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Oktober 2017 - 10:49 WIB

PLN Ilustrasi
PLN Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Lombok - Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, pembangkit listrik yang di-groundbreaking dan diresmikan dapat menyerap cukup banyak tenaga kerja. Adapun, proyek PLTU Lombok Timur yang diresmikan telah menyerap 37.000 pelanggan baru, yang siap menikmati listrik dari PLN. Saat ini, sistem kelistrikan Lombok sebesar 299 MW dengan beban puncak tertinggi sebesar 227 MW dan cadangan 72 MW.

Untuk rincian ketujuh proyek listrik senilai Rp 6 triliun tersebut, Sofyan menambahkan, pertama, PLTGU Lombok Peaker yang dikembangkan oleh PT PP dan PT Wartsila berkapasitas 150 MW dan berlokasi di desa Tanjung Karang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dengan investasi Rp 1,6 triliun.

"Proyek ini akan menyerap tenaga kerja sejumlah 365 orang pada fase konstruksi dan 25 orang pada fase operasi. PLTGU ini diharapkan akan Commercial Operation Date (COD) pada Februari 2019," katanya saat pembukaan Groundbreaking dan peresmian pembangkit tersebut, di Desa Tanjung Karang Permai, Sekarbela, Mataram, Lombok, Jumat (20/10/2017).

Kedua, PLTMG Bima, berlokasi di Dusun Bonto, Kecamatan Asakota, Kota Bima Nusa Tenggara Barat, pembangkit ini dibangun dengan kapasitas 50 MW. Pengembang adalah konsorsium PT. Wijaya Karya Tbk dan Man Diesel and Turbo SE. Dengan total investasi Rp 637 miliar, proyek akan menyerap tenaga kerja sekitar 300 orang. PLTMG Bima direncanakan akan COD pada Oktober 2018.

Ketiga, PLTMG Sumbawa kapasitas 50 MW yang dikembangkan oleh konsorsium Wika dan Man Diesel and Turbo. Pembangkit yang berada di desa Labuan Badas Kabupaten Sumbawa ini menelan investasi lebih dari Rp 744 miliar dan menyerap tenaga kerja hingga 285 orang. Ditargetkan PLTMG Sumbawa akan selesai pada Oktober 2018.

Keempat, PLTMG Kupang Peaker kapasitas 40 MW. Dikembangkan oleh konsorsium PT Indofuji Energi – Jacobsen Elektro AS – PIC Group. Pembangkit ini dibangun di Dusun Panaf, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Ditargetkan akan selesai pada November 2018. Dengan total investasi lebih dari Rp 700 miliar, pembangkit ini menyerap tenaga kerja lebih dari 300 orang.

Kelima, untuk mendukung kelistrikan di Pulau Flores, dibangun MPP Flores berkapasitas 20 MW, di Dusun Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, pembangkit ini dikembangkan oleh konsorsium PT. PP (Persero), Wartsila Finland Oy dan PT Wartsila Indonesia. Menelan investasi lebih dari Rp 427 miliar dan menyerap tenaga kerja hingga 210 orang selama masa konstruksi dan 25 orang selama fase operasi.

Keenam, PLTMG Maumere kapasitas 40 MW yang berlokasi di desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka-Flores Nusa Tenggara Timur. Proyek ini dikerjakan oleh konsorsium Wika dan Man Diesel Turbo. Selama masa konstruksinya proyek ini menyerap tenaga kerja sekitar 285 orang dengan nilai investasi lebih dari Rp 694 miliar.

Ketujuh, PLTU Lombok Timur yang mempunyai kapasitas 2x25 MW berlokasi di Desa Padakguar, Kabupaten Lombok Timur. Dikembangkan oleh PT Lombok Energy Dynamic ini dengan total nilai investasi Rp 1,2 triliun rupiah, telah menyerap tenaga kerja sebanyak 1.200 orang pada fase konstruksi dan 470 tenaga kerja saat operasi.

Dengan demikian, Sofyan mengtakan bahwa kondisi kelistrikan di Indonesia sekarang ini dalam keadaan yang cukup baik. Pasalnya, tidak ada pemadaman akibat defisit daya pembangkit, lantaran seluruh sistem besar kelistrikan PLN telah surplus, dan beberapa daerah mempunyai reserve margin lebih dari 30%

Sehingga, kata Sofyan, PLN saat ini siap melayani permintaan penyediaan tenaga listrik. "Kami berharap agar ketersediaan daya yang cukup ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama oleh kalangan industri," terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…