Tujuh Proyek Listrik PLN di NTB Akan Menyerap Banyak Tenaga Kerja

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Oktober 2017 - 10:49 WIB

PLN Ilustrasi
PLN Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Lombok - Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, pembangkit listrik yang di-groundbreaking dan diresmikan dapat menyerap cukup banyak tenaga kerja. Adapun, proyek PLTU Lombok Timur yang diresmikan telah menyerap 37.000 pelanggan baru, yang siap menikmati listrik dari PLN. Saat ini, sistem kelistrikan Lombok sebesar 299 MW dengan beban puncak tertinggi sebesar 227 MW dan cadangan 72 MW.

Untuk rincian ketujuh proyek listrik senilai Rp 6 triliun tersebut, Sofyan menambahkan, pertama, PLTGU Lombok Peaker yang dikembangkan oleh PT PP dan PT Wartsila berkapasitas 150 MW dan berlokasi di desa Tanjung Karang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dengan investasi Rp 1,6 triliun.

"Proyek ini akan menyerap tenaga kerja sejumlah 365 orang pada fase konstruksi dan 25 orang pada fase operasi. PLTGU ini diharapkan akan Commercial Operation Date (COD) pada Februari 2019," katanya saat pembukaan Groundbreaking dan peresmian pembangkit tersebut, di Desa Tanjung Karang Permai, Sekarbela, Mataram, Lombok, Jumat (20/10/2017).

Kedua, PLTMG Bima, berlokasi di Dusun Bonto, Kecamatan Asakota, Kota Bima Nusa Tenggara Barat, pembangkit ini dibangun dengan kapasitas 50 MW. Pengembang adalah konsorsium PT. Wijaya Karya Tbk dan Man Diesel and Turbo SE. Dengan total investasi Rp 637 miliar, proyek akan menyerap tenaga kerja sekitar 300 orang. PLTMG Bima direncanakan akan COD pada Oktober 2018.

Ketiga, PLTMG Sumbawa kapasitas 50 MW yang dikembangkan oleh konsorsium Wika dan Man Diesel and Turbo. Pembangkit yang berada di desa Labuan Badas Kabupaten Sumbawa ini menelan investasi lebih dari Rp 744 miliar dan menyerap tenaga kerja hingga 285 orang. Ditargetkan PLTMG Sumbawa akan selesai pada Oktober 2018.

Keempat, PLTMG Kupang Peaker kapasitas 40 MW. Dikembangkan oleh konsorsium PT Indofuji Energi – Jacobsen Elektro AS – PIC Group. Pembangkit ini dibangun di Dusun Panaf, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Ditargetkan akan selesai pada November 2018. Dengan total investasi lebih dari Rp 700 miliar, pembangkit ini menyerap tenaga kerja lebih dari 300 orang.

Kelima, untuk mendukung kelistrikan di Pulau Flores, dibangun MPP Flores berkapasitas 20 MW, di Dusun Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, pembangkit ini dikembangkan oleh konsorsium PT. PP (Persero), Wartsila Finland Oy dan PT Wartsila Indonesia. Menelan investasi lebih dari Rp 427 miliar dan menyerap tenaga kerja hingga 210 orang selama masa konstruksi dan 25 orang selama fase operasi.

Keenam, PLTMG Maumere kapasitas 40 MW yang berlokasi di desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka-Flores Nusa Tenggara Timur. Proyek ini dikerjakan oleh konsorsium Wika dan Man Diesel Turbo. Selama masa konstruksinya proyek ini menyerap tenaga kerja sekitar 285 orang dengan nilai investasi lebih dari Rp 694 miliar.

Ketujuh, PLTU Lombok Timur yang mempunyai kapasitas 2x25 MW berlokasi di Desa Padakguar, Kabupaten Lombok Timur. Dikembangkan oleh PT Lombok Energy Dynamic ini dengan total nilai investasi Rp 1,2 triliun rupiah, telah menyerap tenaga kerja sebanyak 1.200 orang pada fase konstruksi dan 470 tenaga kerja saat operasi.

Dengan demikian, Sofyan mengtakan bahwa kondisi kelistrikan di Indonesia sekarang ini dalam keadaan yang cukup baik. Pasalnya, tidak ada pemadaman akibat defisit daya pembangkit, lantaran seluruh sistem besar kelistrikan PLN telah surplus, dan beberapa daerah mempunyai reserve margin lebih dari 30%

Sehingga, kata Sofyan, PLN saat ini siap melayani permintaan penyediaan tenaga listrik. "Kami berharap agar ketersediaan daya yang cukup ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama oleh kalangan industri," terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…