Bukalapak Berharap Peraturan Pajak Diterapkan Secara Adil

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Oktober 2017 - 09:51 WIB

CEO Bukalapak Achmad Zaky dkk. (Foto: IST)
CEO Bukalapak Achmad Zaky dkk. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Solo - Perusahaan penjualan melalui daring Bukalapak.com berharap peraturan pajak untuk "marketplace" atau tempat jual beli dengan sistem "online" yang saat ini sedang direncanakan oleh pemerintah agar diterapkan secara adil.

"Kami inginnya adil, terkait ini kami dari pelaku 'marketplace' juga sudah melakukan komunikasi dengan Dirjen Pajak," kata CEO Bukalapak.com Achmad Zaky di Solo, Kamis (19/10/2017)


Ia mengatakan jika benar nantinya pajak yang diterapkan kepada UKM yang berjualan di "marketplace" sekitar 5-10 persen, maka akan banyak pelaku UKM yang tidak lagi mau berjualan melalui "marketplace".

"Kalau sampai ini diterapkan pasti mereka akan kabur, lebih pilih jualan lewat facebook, whatsapp, dan instagram," katanya.

Oleh karena itu, jika memang peraturan tersebut jadi diterapkan seharusnya dilakukan secara merata. Menurut dia, akan tidak adil jika hanya penjualan melalui "marketplace" yang dikenai pajak tersebut.

"Seharusnya penjualan melalui media sosial juga dikenakan, agar adil," katanya.

Selain itu, ia berharap agar besaran pajak tidak seperti yang saat ini tengah diwacanakan oleh pemerintah karena terlalu besar.

Menurut dia, peraturan pajak yang saat ini diberlakukan yaitu pajak UKM sebesar 1 persen sudah sangat ideal.

"Saya kira kalau pajak 1 persen tidak akan memberatkan. Meski demikian pemerintah juga punya PR mengingat yang dikenai pajak kan harus punya NPWP (nomor pokok wajib pajak)," katanya.

Terkait hal itu, diakuinya, dari hampir 2 juta UKM yang melakukan transaksi di Bukalapak.com, lebih dari 90 persen belum memiliki NPWP.

"Oleh karena itu, secara teknis pemerintah perlu memikirkan kondisi ini," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…