Penggunaan Uang Elektronik di Tol Pubaleunyi Sudah 67 Persen

Oleh : Ridwan | Senin, 16 Oktober 2017 - 16:30 WIB

Electronic toll collection/E-Toll (Foto Merdeka)
Electronic toll collection/E-Toll (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Bandung- General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Reza Febrianto mengatakan penggunaan uang elektronik atau e-Toll di ruas jalan tol Purbalenyi sudah berjalan 67 persen dari empat gardu masuk yang sudah melakukan elektronifikasi.

"Penggunaan uang elektronik sudah 67 persen. Tertinggi Purbaleunyi entrace Baros satu sudah 99 persen," ujarnya, di Bandung, Senin (16/10/2017)

Menurutnya, penggunaan transaksi elektronik sangat berpengaruh terhadap antrean kendaraan yang masuk ke dalam tol. Sejak pertama kali diberlakukan hingga saat ini, penumpukan kendaraan tidak terlalu signifikan di berbagai ruas tol Purbaleunyi.

Jika sebelumnya transaksi memerlukan waktu lima detik, namun dengan menggunakan e-Toll dapat meminimalkan hingga tiga detik.

"Sekarang baru empat ruas yang telah menerapkan sistem elektronifikasi. Kami akan lakukan bertahap hingga akhir Oktober," katanya lagi.

Empat gardu yang telah menerapkan e-Toll yakni di pintu masuk Baros Satu, Sadang, Mohammad Toha, dan Buah Batu. Sementara tol Kopo akan mulai menggunakan e-Toll pada Selasa (17/10).

Setelah Gerbang Tol Kopo, selanjutnya pembayaran nontunai akan diberlakukan di gerbang Pasirkoja (18/10), Baros 2 (19/10), Pasteur (24/10), Padalarang (25/10), Jatiluhur(26/10), dan Cileunyi (29/10).

"Gongnya di akhir Oktober baik entrance dan exit hampir mendekati 100 persen di seluruh Purbaleunyi," katanya pula.

Dengan diterapkan transaksi nontunai, keterlibatan tenaga manusia akan berkurang. Meski begitu, kata dia, Jasa Marga menjamin tidak akan ada pemutusan hubungan kerja sepihak.

Jasa Marga telah menyiapkan dua skema yakni pemindahan ke anak perusahaan serta pelatihan untuk wirausahawan.

"Ini bagian dari alih profesi yang dinamai A-Life. Itu bisa menjadi salah satu pilihan. Kami juga menawarkan kalau sudah punya usaha untuk menjadi enterpreneur kita punya rest area disiapkan tempat jualan," katanya pula. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…