Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Oktober 2017 - 14:45 WIB

Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional Indonesia (Foto Dije)
Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional Indonesia (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bertempat di Monumen Nasional Indonesia, Balai Konsrvasi Borobudur bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Arsip Nasional Republik Indonesia, menggelar berupa arsip atau dokumen tentang Candi Borobudur yang dipamerkan kepada publik. 

Diketahui, restorasi Candi Borobudur tahun 197 hingga 1983 dan meninggalkan dokumen atau arsip yang menyinoab informasi penting tentang sejarah pelestarian Candi Borobudur.

Sebelumnya, menurut Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Najamudin Ramly mengatkan bahwa Arsip Pemugaran Candi Borobudur tengah diajukan sebagai arsip Memory of the World pada tahun 2016 lalu. 

"Secara umum,  arsip ini kita jaga keutuhannya dengan cara mengupayakan dengan konservasi, preservasi dan digitalisasi, yang nantninya akan mengandung nilai sejarah yang perlu diinformasikan secara luas kepada masyarakat," ujarnya Pembukaan Pameran Arsip Candi Borobudur di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (10/10/2017). 

Tema pameran ini bertajuk "Melestarikan Dokumen Sejarah Pemugaran Candi Borobudur sebagai Memory of the World" . Pameran ini akan berlangsung selama enam hari yakni dimulai dari 10 hingga 15 Oktober 2017 di Museum Nasional Indonesia. 

"Sehingga, tidak hanya candinya saja yang menyandang predikat sebagai warisan budaya dunia, tetapi juga sebagai Arsup Pemugarannya yang menjadi Memory of the World," pungkasnya Ramly.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…