Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Oktober 2017 - 14:45 WIB

Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional Indonesia (Foto Dije)
Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional Indonesia (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bertempat di Monumen Nasional Indonesia, Balai Konsrvasi Borobudur bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Arsip Nasional Republik Indonesia, menggelar berupa arsip atau dokumen tentang Candi Borobudur yang dipamerkan kepada publik. 

Diketahui, restorasi Candi Borobudur tahun 197 hingga 1983 dan meninggalkan dokumen atau arsip yang menyinoab informasi penting tentang sejarah pelestarian Candi Borobudur.

Sebelumnya, menurut Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Najamudin Ramly mengatkan bahwa Arsip Pemugaran Candi Borobudur tengah diajukan sebagai arsip Memory of the World pada tahun 2016 lalu. 

"Secara umum,  arsip ini kita jaga keutuhannya dengan cara mengupayakan dengan konservasi, preservasi dan digitalisasi, yang nantninya akan mengandung nilai sejarah yang perlu diinformasikan secara luas kepada masyarakat," ujarnya Pembukaan Pameran Arsip Candi Borobudur di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (10/10/2017). 

Tema pameran ini bertajuk "Melestarikan Dokumen Sejarah Pemugaran Candi Borobudur sebagai Memory of the World" . Pameran ini akan berlangsung selama enam hari yakni dimulai dari 10 hingga 15 Oktober 2017 di Museum Nasional Indonesia. 

"Sehingga, tidak hanya candinya saja yang menyandang predikat sebagai warisan budaya dunia, tetapi juga sebagai Arsup Pemugarannya yang menjadi Memory of the World," pungkasnya Ramly.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…