Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Oktober 2017 - 14:45 WIB

Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional Indonesia (Foto Dije)
Arsip Pemugaran Candi Borobudur Dipamerkan di Monumen Nasional Indonesia (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bertempat di Monumen Nasional Indonesia, Balai Konsrvasi Borobudur bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Arsip Nasional Republik Indonesia, menggelar berupa arsip atau dokumen tentang Candi Borobudur yang dipamerkan kepada publik. 

Diketahui, restorasi Candi Borobudur tahun 197 hingga 1983 dan meninggalkan dokumen atau arsip yang menyinoab informasi penting tentang sejarah pelestarian Candi Borobudur.

Sebelumnya, menurut Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Najamudin Ramly mengatkan bahwa Arsip Pemugaran Candi Borobudur tengah diajukan sebagai arsip Memory of the World pada tahun 2016 lalu. 

"Secara umum,  arsip ini kita jaga keutuhannya dengan cara mengupayakan dengan konservasi, preservasi dan digitalisasi, yang nantninya akan mengandung nilai sejarah yang perlu diinformasikan secara luas kepada masyarakat," ujarnya Pembukaan Pameran Arsip Candi Borobudur di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (10/10/2017). 

Tema pameran ini bertajuk "Melestarikan Dokumen Sejarah Pemugaran Candi Borobudur sebagai Memory of the World" . Pameran ini akan berlangsung selama enam hari yakni dimulai dari 10 hingga 15 Oktober 2017 di Museum Nasional Indonesia. 

"Sehingga, tidak hanya candinya saja yang menyandang predikat sebagai warisan budaya dunia, tetapi juga sebagai Arsup Pemugarannya yang menjadi Memory of the World," pungkasnya Ramly.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…