Jokowi Resmikan PLTP Lahendong di Minahasa

Oleh : Irvan AF | Selasa, 27 Desember 2016 - 08:55 WIB

Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Ilustrasi Energi Geothermal (ANTARA/Puspa Perwitasari)

INDUSTRY.co.id, Minahasa - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Presiden Jokowi pada Selasa (27/12/2016) pagi, setelah meninjau Bendungan Kuwil di Minahasa Utara, kemudian menuju PLTP Lahendong melalui perjalanan darat.

Presiden dijadwalkan untuk meresmikan PLTP Lahendong Unit 5 dan Unit 6, selain itu pada kesempatan yang sama juga akan meresmikan PLTP Ulubelu Unit 3 di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Saat tiba di PLTP Lahendong Unit 5 dan 6, Presiden Jokowi akan disambut Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Dirut Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto.

Presiden selanjutnya akan meninjau maket dan displai panel data PLTP Lahendong Unit 5 dan 6. Peninjauan tersebut dipandu oleh Dirut Pertamina Geothermal Energy Irvan Zainuddin.

Peresmian infrastruktur energi PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 serta PLTP Ulubelu Unit 3 akan dilakukan ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian PLTP Lahendong Unit 5 dan 6, serta PLTP Ulubelu Unit 3.

Saat peresmian Presiden akan didampingi Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Dirut PT Pertamina Dwi Soetjipto.

Sebelum dibangun unit yang baru, total kapasitas terpasang di PLTP Lahendong Unit 1 sampai 5 mencapai 100 megawatt (MW) dan direncanakan akan dikembangkan PLTP Lahendong Unit 6 sebesar 20 MW, sehingga total kapasitas dari wilayah kuasa pengusahaan (WKP) pembangkit tersebut akan mencapai 120 MW.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…