Ini Langkah Agung Podomoro Taklukkan E-Commerce di 2017

Oleh : Irvan AF | Senin, 26 Desember 2016 - 09:21 WIB

Thamrin City, salah satu mall milik Agung Podomoro. (foto: IST)
Thamrin City, salah satu mall milik Agung Podomoro. (foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Trade Mall Agung Podomoro menyiapkan strategi menghadapi tahun 2017 diantaranya dengan membangun layanan e-commerce berbasis tenant sehingga pedagang yang menjadi mitra dapat memasarkan barang dagangan tidak hanya secara konvensional tetapi juga secara online.

"Saat ini terdapat 30.000 tenant yang tergabung di 10 trade mall yang dimiliki TM Podomoro. Untuk tahap awal, e-commerce ini akan ditawarkan pada tenant-tenant yang ada di tiga trade mall di Jakarta yakni TM LTC Glodok, TM Kenari Mas, dan TM Harco Glodok," kata Asisten Vice Presiden Marketing Trade Mall Podomoro, Ho Mely Surjani di Jakarta, Minggu.

Mely mengatakan, layanan e-commerce ini akan menjual peralatan dan barang-barang elektronik, dan nantinya akan berkembang ke yang lebih spesifik seperti batik atau pakaian muslim.

"Sekitar 1.000 tenant diharapkan akan bergabung di tahap awal pendirian start-up, yang rencananya akan di launching pada semester dua 2017. Untuk memuluskan program ini, TM Agung Podomoro menggaet kerjasama dengan konsultan IT dan pakar e-commerce Ken Dean Lawadinata, yang dulunya dikenal sebagai CEO e-commerce terbesar di Indonesia, Kaskus," ujar Mely.

TM Podomoro kini mengelola 10 trade mall di Jakarta dan Balikpapan yakni TM Blok M Square, TM Mangga Dua Square, TM Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, TM Harco Glodok, TM Kenari Mas, TM Kalibata City, TM Thamrin City, TM Seasons City, TM Blok B Tanah Abang, dan TM Plaza Balikpapan.

Berbeda dengan konsep mall yang lebih fokus menjual barang-barang branded terkenal, sedangkan trade mall berbasis pada kumpulan kios-kios usaha kecil menengah (UKM) yang menawarkan berbagai macam kualitas barang. Sehingga, kehadiran e-commerce ini diharapkan akan semakin memperluas pangsa pasar UKM dari para tenant TM Podomoro.

"Untuk sukses berbisnis online, pedagang juga harus punya sarana offline (outlet). Kalau sudah punya sarana offline, maka bisnis online akan lebih mudah dijalankan," papar Mely.

Menurut Mely, TM Podomoro kini tidak hanya ramai dikunjungi para pembeli dari Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia, melainkan juga wisatawan dari lima benua. Trade mall Blok B Tanah Abang kini telah menjadi tujuan wisata belanja manca negara ke Jakarta, seperti dari China, Afrika, dan negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Qotar, dan Dubai.

"Kunjungan Presiden Jokowi dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada September lalu, telah meningkatkan awareness masyarakat kalau TM Blok B Tanah Abang itu pusat grosir terbesar di Asia Tenggara," ujar Ho Mely Surjani.

Sedangkan TM Mangga Dua Square yang terkenal sebagai pusat perdagangan kayu Gaharu banyak dikunjungi orang Arab.

TM Season City yang terkenal sebagai pusat batu permata banyak dikunjungi wisatawan Pakistan dan Srilanka.

TM Thamrin City yang menjadi ikon perdagangan batik dan pakaian muslim di Jakarta, sangat disukai para pedagang dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan sebagian Afrika.

Sedangkan TM Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jakarta Barat, yang menjual perangkat/perkakas pertukangan, sparepart, water treatment, onderdil automotive, power generator/genset, electronic - electrical equipment and supplies, dan safety equipment, disukai retailer dari China, Australia, Amerika, New Zealand, Eropa dan Asia lainnya.

Adanya fasilitas hotel budget dan hotel bintang 3 dan 4 seperti Hotel Novotel, di sejumlah trade mall telah ikut mendorong trade mall menjadi destinasi wisata belanja. Kehadiran e-commerce diharapkan akan mempermudah para wisatawan berbelanja.

"Karena di setiap trade mall dilengkapi dengan jasa ekspedisi, para wisatawan yang telah pulang ke negaranya masih bisa berbelanja barang yang pernah ditemuinya ketika berkunjung melalui sarana online, dan dikirim melalui jasa ekspedisi," ujar Mely.

Kini trade mall-trade mall Podomoro dikunjungi 30.000 - 150.000 pengunjung setiap hari. Pada hari-hari besar seperti jelang lebaran dan tahun baru, pengunjung mencapai 200.000 orang per hari. Untuk membina tenant, TM Podomoro juga melaksanakan sejumlah program edukasi seperti workshop pelaporan pajak (tax amnesti) dan pendidikan kewirausahaan bagi anak dan keluarga para tenant.

"Ada kecenderungan anak-anak sekarang lebih suka menjadi karyawan daripada meneruskan usaha yang telah dirintis orangtua. Kami melakukan pelatihan kesadaran berwirausaha kepada anak-anak muda yang berjiwa entrepreneur termasuk anak-anak dan pegawai tenant," ujar Mely.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…