"Festival Tanjung Lesung" Dorong Wisatawan ke Banten

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 23 September 2017 - 04:13 WIB

Gubernur Banten Wahidin Halim Saat Pembukaan FPTL 2017 di Tanjung Lesung. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)
Gubernur Banten Wahidin Halim Saat Pembukaan FPTL 2017 di Tanjung Lesung. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

INDUSTRY.co.id, Tanjung Lesung - Gubernur Banten Wahidin Halim meminta keberadaan even tahunan Festival Tanjung Lesung (FTJ) yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Provinsi Banten di Pantai Tanjung Lesung harus menjadi salah satu ajang promosi untuk mendorong wisatawan domestik maupun mancanagera datang ke Banten Selatan.

"Kita berharap adanya festival ini akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, khusunya ke Pantai Tanjung Lesung, dan umumnya ke objek wisata lain di Pandeglang," kata Wahidin Halim pada Pembukaan Festival Tanjung Lesung bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tanjung Lesung Pandeglang, Jumat (22/9/2017).

Menurut dia, kegiatan Festival Tanjung Lesung merupakan media promosi Pantai Tanjung Lesung yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata serta wahan promosi objek wisata lainnya yang ada di Pandeglang khususnya dan di Banten pada umumnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim juga mengapresiasi dukungan pemerintah pusat dalam pembangunan KEK Tanjung Lesung dan event-event yang digelar di Banten. Gubernur Banten mengajak masyarakat Banten turut mendukung dan meramaikan Festival Tanjung Lesung ini.

"Saya mengajak masyarakat beramai-ramai mengunjungi Festival Tanjung Lesung, sehingga gemanya lebih besar," katanya.

Festival Pesona Tanjung Lesung 2017 yang diselengagrakan 22 sampai 24 September resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati, di Beach Club, Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Festival yang bertemakan "Sport & Adventure" ini akan berlangusng mulai dari 22-24 September 2017 dan menghadirkan banyak kegiatan diantaranya tari tradisional, Rhino X Triathlon, International Paramotor Championship, MTB XC Race, Motor Bike Adventure dan Festival Kolecer & Bebegig, Sunset Trail Run, Kampung 7 Wonder of Banten dan lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung ditarget dapat mendatangkan satu juta wisatawan mancanegra (wisman). Dengan begitu, kata dia, dapat mengalihkan 1 miliar dolar AS atau Rp13 triliun dari kunjungan wisatawan mancanegara tersebut. Target itu akan dicapai jika tol Serang-Panimbang resmi beroperasi.

"Target saya untuk Banten dengan ikon Tanjung Lesung dan pesonanya itu satu juta wisman. Artinya satu miliar dolar AS, artinya Rp13 triliun itu akan berdampak langsung kepada masyarakat," kata Menpar Arief Yahya.

Ia mengatakan, target utama pengunjung Tanjung Lesung adalah warga Jabodetabek. Dengan demikian, untuk memenuhi target itu perjalanan yang harus ditempuh maksimal 2 jam, karena jika terlalu lama di perjalanan wisatawan yang datang dari Jabodetabek tidak mau berkunjung ke kawasan wisata ini mengingat perjalanannya selama ini hampir memakan waktu 4 jam perjalanan dari Jakarta.

"Ada 24 juta warga Jabodetabek diharapkan mereka bisa berkunjung ke Tanjung Lesung karena mereka sudah biasa ke puncak, atau Bandung," katanya.

Sebelum pembukaan FTJ 2017, dilakukan penandatanganan kerja sama (MoU) antara Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Pandeglang Irna Narulita untuk pengembangan destinasi Tanjung Lesung.

Empat MoU tersebut meliputi pengadaan lahan untuk homestay dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung oleh PT Banten West Java, pembangunan rumah makan Pangkep khas Makassar oleh PT Aneka TigaTiga Makmur, dan pembangunan fasilitas Spa oleh PT Safitri Sumitro Corpora.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…