Dari Kesenian Rengkong Hingga Atraksi Pendekar Silat Ramaikan Pesta Rakyat Cibaliung

Oleh : Candra Mata | Senin, 21 Agustus 2017 - 16:33 WIB

ilustrasi pendekar silat cibaliung (foto-Detik.com)
ilustrasi pendekar silat cibaliung (foto-Detik.com)

INDUSTRY.co.id - Banten, Pesta Rakyat Cibaliung yang berlokasi tidak jauh dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandegelang, Banten, kembali menarik perhatian para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Beragam pertunjukkan kesenian dan budaya khas sunda dihadirkan dalam pesta rakyat tersebut, diantaranya, Rengkong, Beluk, Rampak hingga atraksi Debus.

Menurut Sahri, tokoh masyarakat desa Cibaliung, pesta rakyat  ini sendiri merupakan acara rutin dan sudah menjadi tradisi setiap tahun nya sejak jaman Indonesia Merdeka.

"Pesta rakyat cibaliung rutin digelar, selain menjadi daya tarik wisatawan juga dimaksudkan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal  agar tidak punah di telan perkembangan jaman," katanya, melalui pesan singkatnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id, Senin (21/8).

Menurutnya, selain PRC ini menambah atraksi wisata yang ada di Pandeglang, Banten, sekaligus juga diharapkan dari event ini dapat terjalin kebersamaan yang semakin kuat di antara masyarakat Cibaliung serta dapat terus dikembangkan oleh generasi muda sehingga tidak punah.

Dalam pesta rakyat Cibaliung yang digelar tersebut, selain kesenian tradisional khas Sunda yang ditampilkan, seni olahraga bela diri khas Indonesia, yakni Pencak Silat juga dipentaskan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar dan wisatawan yang hadir.

Sekadar informasi saja, di dalam masyarakat desa Cibaliung, pencak silat sudah menjadi jenis olah raga dan kebudayaan yang paling diminati sekaligus dilestarikan dengan baik.

Hingga saat ini, sekurangnya sudah terdapat 35 perguruan silat dengan total anggota mencapai lebih dari 3400-an anggota dan tergabung dalam wadah bernama Paguyuban Pendekar Cibaliung (PPC).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).