Dari Kesenian Rengkong Hingga Atraksi Pendekar Silat Ramaikan Pesta Rakyat Cibaliung

Oleh : Candra Mata | Senin, 21 Agustus 2017 - 16:33 WIB

ilustrasi pendekar silat cibaliung (foto-Detik.com)
ilustrasi pendekar silat cibaliung (foto-Detik.com)

INDUSTRY.co.id - Banten, Pesta Rakyat Cibaliung yang berlokasi tidak jauh dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandegelang, Banten, kembali menarik perhatian para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Beragam pertunjukkan kesenian dan budaya khas sunda dihadirkan dalam pesta rakyat tersebut, diantaranya, Rengkong, Beluk, Rampak hingga atraksi Debus.

Menurut Sahri, tokoh masyarakat desa Cibaliung, pesta rakyat  ini sendiri merupakan acara rutin dan sudah menjadi tradisi setiap tahun nya sejak jaman Indonesia Merdeka.

"Pesta rakyat cibaliung rutin digelar, selain menjadi daya tarik wisatawan juga dimaksudkan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal  agar tidak punah di telan perkembangan jaman," katanya, melalui pesan singkatnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id, Senin (21/8).

Menurutnya, selain PRC ini menambah atraksi wisata yang ada di Pandeglang, Banten, sekaligus juga diharapkan dari event ini dapat terjalin kebersamaan yang semakin kuat di antara masyarakat Cibaliung serta dapat terus dikembangkan oleh generasi muda sehingga tidak punah.

Dalam pesta rakyat Cibaliung yang digelar tersebut, selain kesenian tradisional khas Sunda yang ditampilkan, seni olahraga bela diri khas Indonesia, yakni Pencak Silat juga dipentaskan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar dan wisatawan yang hadir.

Sekadar informasi saja, di dalam masyarakat desa Cibaliung, pencak silat sudah menjadi jenis olah raga dan kebudayaan yang paling diminati sekaligus dilestarikan dengan baik.

Hingga saat ini, sekurangnya sudah terdapat 35 perguruan silat dengan total anggota mencapai lebih dari 3400-an anggota dan tergabung dalam wadah bernama Paguyuban Pendekar Cibaliung (PPC).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berfoto bersama penerima penghargaan Kemenperin (Foto: Dok. Industry.co id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:30 WIB

Menperin Berikan Tujuh Kategori Penghargaan Kepada Unit Satuan Kerja di Lingkungan Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar acara "Penganugerahan Penghargaan Kementerian Perindustrian" yang digelar di Ruang Garuda Kemenperin, Jakarta.

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB (Foto Humas)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:23 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyalurkan sejumlah bantuan untuk para penggungsi akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…