Rayakan Kemerdekaan, Kopi Kintamani jadi Primadona di Istana Negara

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Agustus 2017 - 10:55 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kuliner khas Indonesia memang unik akan kaya citra rasanya, pada Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72. Kopi Kintamani menjadi salah satu primadona yang disajikan di Istana Negara. Selain untuk dicicipi, sajian kopi ini sekaligus untuk mempromosikan akan kekayaan rasa kopi Indonesia dan sajian Kopi Kintamani akan berlangsung pada tanggal 15-17 Agustus 2017.

Bahan pembuatan kopi yang terpenting itu adalah biji kopi. Kopi Kintami merupakan hasil dari tanaman kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Kintamani, di Desa Mengani, Kota Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kopi Kintamani ditanam pada jenis tanah yang memiliki udara yang dingin dan kering dengan curah hujan yang tinggi.

Keunikan dari Kopi Kintamani adalah cita rasanya yang khas, yakni aroma citrus atau jeruk dengan tingkat keasaman yang rendah (arabika). Karena kekhasannya ini, Kopi Kintamani banyak diminati oleh konsumen internasional. Kopi ini merupakan kopi pertama Indonesia yang mendapatkan sertifikat HAKI dengan Indikasi Geografis.

Disajikannya Kopi Kintamani di Istana Negara merupakan usaha aktif Pemerintah dalam memberikan perhatian bagi usaha kopi lokal. Pemerintah melihat bahwa kreativitas dan usaha masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang kopi, perlu menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Usaha kopi memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan karena permintaan kopi dunia setiap tahun terus meningkat. Terbukti, konsumsi kopi dunia naik dari 135,03 juta bag pada tahun 2010 menjadi 136,5 juta bag pada tahun 2011. Namun, ekspor kopi Indonesia pada tahun 2011 justru menurun 21 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2010.

Indonesia memiliki beragam jenis kopi dari seluruh Nusantara. Maka, hadirnya kopi khas daerah di Istana Negara sesungguhnya merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah, tak hanya bagi Kopi Kintamani, namun terlebih lagi bagi kemajuan usaha kopi di berbagai daerah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 22:14 WIB

Bank Mandiri Syariah Berharap Dapat Ruang Besar Untuk Biayai Infrastruktur

Jakarta-Bank Mandiri Syariah mengharapkan diberikan ruang yang cukup lebar untuk terlibat pada pendanaan proyek-proyek infrastruktur yang digagas pemerintah.

Menperin Airlangga Hartarto beserta Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat mengunjungi pabrik mainan PT Mattel Indonesia (Foto: Humas)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:55 WIB

Menperin: SNI Wajib Mainan Hanya Untuk Korporasi, Bukan Personal

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, SNI wajib mainan berlaku untuk korporasi yang akan melakukan penjualan atau distribusi di Indonesia.

Komunitas Lari BAZNAZ. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:47 WIB

Kampanye BAZNAS Merambah ke Komunitas Lari

Dalam rangka perayaan milad Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ke-17, BAZNAS meluncurkan program Baznas Runner pada Minggu (21/1). BAZNAS Runner adalah komunitas lari yang memiliki visi yaitu…

Asisten Deputi Bidang Asuransi, Penjaminan dan Pasar Modal pada Deputi Bidang Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Willem Halomoan Pasaribu dalam acara Sosialisasi Program KUR perdana tahun 2018 di Pekanbaru, Riau, Selasa (23/1/2018).

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:43 WIB

Pemerintah Tetapkan Pagu Anggaran Subsidi KUR 2018 senilai Rp 13.66 T

Pada tahun 2018 ini, pemerintah terus menunjukkan keberpihakan kepada usaha mikro, kecil dan menegah untuk meningkatkan akses pada sumber pembiayaan. Target alokasi penyaluran KUR bertambah…

baznaz pecahkan rekor muri

Selasa, 23 Januari 2018 - 20:38 WIB

Disaksikan BAZNAS, Infak PNS "5 Menit Rp 622 Juta" Pecahkan Rekor Muri

Disaksikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menorehkan "tinta emas" di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pemecahan rekor yang telah ditandatangani…