Rayakan Kemerdekaan, Kopi Kintamani jadi Primadona di Istana Negara

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Agustus 2017 - 10:55 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kuliner khas Indonesia memang unik akan kaya citra rasanya, pada Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72. Kopi Kintamani menjadi salah satu primadona yang disajikan di Istana Negara. Selain untuk dicicipi, sajian kopi ini sekaligus untuk mempromosikan akan kekayaan rasa kopi Indonesia dan sajian Kopi Kintamani akan berlangsung pada tanggal 15-17 Agustus 2017.

Bahan pembuatan kopi yang terpenting itu adalah biji kopi. Kopi Kintami merupakan hasil dari tanaman kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Kintamani, di Desa Mengani, Kota Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kopi Kintamani ditanam pada jenis tanah yang memiliki udara yang dingin dan kering dengan curah hujan yang tinggi.

Keunikan dari Kopi Kintamani adalah cita rasanya yang khas, yakni aroma citrus atau jeruk dengan tingkat keasaman yang rendah (arabika). Karena kekhasannya ini, Kopi Kintamani banyak diminati oleh konsumen internasional. Kopi ini merupakan kopi pertama Indonesia yang mendapatkan sertifikat HAKI dengan Indikasi Geografis.

Disajikannya Kopi Kintamani di Istana Negara merupakan usaha aktif Pemerintah dalam memberikan perhatian bagi usaha kopi lokal. Pemerintah melihat bahwa kreativitas dan usaha masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang kopi, perlu menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Usaha kopi memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan karena permintaan kopi dunia setiap tahun terus meningkat. Terbukti, konsumsi kopi dunia naik dari 135,03 juta bag pada tahun 2010 menjadi 136,5 juta bag pada tahun 2011. Namun, ekspor kopi Indonesia pada tahun 2011 justru menurun 21 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2010.

Indonesia memiliki beragam jenis kopi dari seluruh Nusantara. Maka, hadirnya kopi khas daerah di Istana Negara sesungguhnya merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah, tak hanya bagi Kopi Kintamani, namun terlebih lagi bagi kemajuan usaha kopi di berbagai daerah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenpar Tetapkan 100 Event Berskala Internasional (Foto Dije)

Selasa, 26 September 2017 - 14:12 WIB

Kemenpar-Kemenkes Kembangkan Wisata Kesehatan

Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan sepakat untuk mengembangkan Pariwisata Kesehatan Internasional melalui penandatanganan nota kesepahaman dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)…

PT Bayu Buana Tbk

Selasa, 26 September 2017 - 14:11 WIB

Bayu Buana Targetkan Penjualan Tiket Rp 70 Miliar Hingga Akhir Tahun

PT Bayu Buana Travel Tbk menargetkan total pendapatan Rp 70 miliar dari penjualan tiket dan paket pariwisata hingga akhir 2017.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 26 September 2017 - 14:07 WIB

Indonesia Siap Pasok Delapan Juta Ton Minyak Sawit ke Eropa

Indonesia siap memasok minyak sawit lestari hingga 8 juta ton ke pasar Eropa untuk memenuhi permintaan di kawasan tersebut yang diperkirakan mencapai 6 juta ton pada 2020.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Selasa, 26 September 2017 - 14:05 WIB

Menperin Airlangga: Harga Gas Blok Masela Masih Belum Cocok

Pemerintah akan memberikan insentif untuk industri yang akan menggunakan dan membeli gas di Blok Masela. Meski akan diberikan insentif tetap saja belum ada industri yang menyatakan tertarik…

Ilustrasi Apartemen (Ilustrasi)

Selasa, 26 September 2017 - 14:01 WIB

Kebijakan Infrastrutur Pemerintah di Jalur Tepat

CEO dan komisaris perusahaan pengembang Crown Group, Iwan Sunito menyatakan kebijakan di sektor infrastruktur yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah berada di jalur yang tepat.