Rayakan Kemerdekaan, Kopi Kintamani jadi Primadona di Istana Negara

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Agustus 2017 - 10:55 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kuliner khas Indonesia memang unik akan kaya citra rasanya, pada Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72. Kopi Kintamani menjadi salah satu primadona yang disajikan di Istana Negara. Selain untuk dicicipi, sajian kopi ini sekaligus untuk mempromosikan akan kekayaan rasa kopi Indonesia dan sajian Kopi Kintamani akan berlangsung pada tanggal 15-17 Agustus 2017.

Bahan pembuatan kopi yang terpenting itu adalah biji kopi. Kopi Kintami merupakan hasil dari tanaman kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Kintamani, di Desa Mengani, Kota Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kopi Kintamani ditanam pada jenis tanah yang memiliki udara yang dingin dan kering dengan curah hujan yang tinggi.

Keunikan dari Kopi Kintamani adalah cita rasanya yang khas, yakni aroma citrus atau jeruk dengan tingkat keasaman yang rendah (arabika). Karena kekhasannya ini, Kopi Kintamani banyak diminati oleh konsumen internasional. Kopi ini merupakan kopi pertama Indonesia yang mendapatkan sertifikat HAKI dengan Indikasi Geografis.

Disajikannya Kopi Kintamani di Istana Negara merupakan usaha aktif Pemerintah dalam memberikan perhatian bagi usaha kopi lokal. Pemerintah melihat bahwa kreativitas dan usaha masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang kopi, perlu menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Usaha kopi memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan karena permintaan kopi dunia setiap tahun terus meningkat. Terbukti, konsumsi kopi dunia naik dari 135,03 juta bag pada tahun 2010 menjadi 136,5 juta bag pada tahun 2011. Namun, ekspor kopi Indonesia pada tahun 2011 justru menurun 21 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2010.

Indonesia memiliki beragam jenis kopi dari seluruh Nusantara. Maka, hadirnya kopi khas daerah di Istana Negara sesungguhnya merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah, tak hanya bagi Kopi Kintamani, namun terlebih lagi bagi kemajuan usaha kopi di berbagai daerah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Setpres)

Senin, 20 November 2017 - 16:00 WIB

Presiden Jokowi: Berikan Politik Beretika Kepada Generasi Muda

Presiden Joko Widodo berharap kepada para senior PPAD (Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat), FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri) dan Yayasan Suluh Nuswantara…

Menteri perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan NU Expo di Surabaya

Senin, 20 November 2017 - 15:47 WIB

Kemenperin Akan Kembangkan Kawasan Industri Halal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah mengembangkan kawasan industri halal di dalam negeri. Hal ini seiring besarnya permintaan produk halal di masyarakat.

Mastercard luncurkan priceless causes

Senin, 20 November 2017 - 15:34 WIB

Berdayakan Pemegang Kartu Untuk Saling Berbagi, Mastercard Luncurkan Priceless Causes

Mastercard meluncurkan Priceless Causes di Indonesia guna memberdayakan para pemegang kartu kredit Mastercard untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 15:30 WIB

Kasus Setya Novanto Tamparan Bagi Golkar di Mata Rakyat

Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, MSi menilai, sikap Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang melakukan tindakan melawan hukum merupakan tamparan bagi partai…

Kampung Berkelir RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang (Foto:metaonline.id)

Senin, 20 November 2017 - 15:30 WIB

Kampung Berkelir, Kampung Wisata di Tangerang yang Ngehits

Saat ini, begitu banyak kampung yang disulap menjadi kampung wisata salah satunya adalah Kampung Berkelir RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang. Kampung Bekelir sebagai Kampung Wisata tidak…