Presiden Jokowi: JFC Sejajar dengan Karnaval Pasadena Hingga Berlin

Oleh : Herry Barus | Minggu, 13 Agustus 2017 - 18:12 WIB

Presiden Jokowi dan Menpar Arief Yahya saksikan Jember Fashion Carnaval (Minggu 13/8/2017 (Foto Tribunnews)
Presiden Jokowi dan Menpar Arief Yahya saksikan Jember Fashion Carnaval (Minggu 13/8/2017 (Foto Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Jember- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan Jember Fashion Carnaval (JFC), di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8) siang.

Saat berjalan kaki dari Pendopo Kabupaten Jember menuju alun-alun untuk menyaksikan JFC, Presiden Jokowi disambut antusias warga yang berebut bersalaman dengan dirinya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku sangat bergembira sekali karena dapat hadir di Jember kota karnaval dunia. Ia menambahkan bahwa kehadirannya untuk menyaksikan Jember Fashion Carnaval yang telah berjalan 16 tahun. Ia juga menilai karnaval ini bukan hanya menjadi icon bagi Jember, tetapi telah menjadi icon yang membanggakan bangsa dan negara Indonesia.

“Karnaval ini tidak kalah menariknya, tidak kalah kreatifnya, tidak kalah hebohnya dengan karnaval yang diselenggarakan di negara-negara lain. Tidak kalah dengan karnaval Pasadena di Amerika Serikat, tidak kalah dengan karnaval Rio de Janeiro di Brazil, tidak kalah dengan karnaval Noting Hill di Berlin, tidak kalah,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, ini adalah sebuah karnaval yang digarap, yang dicanangkan, yang diorganisasi, dan dilaksanakan secara detail dengan sangat baiknya.

“Saya ingin kota-kota lain di Indonesia juga bisa memiliki festival yang khas, memiliki karnaval yang unik yang menjadi agenda kesenian yang diselenggarakan secara rutin, yang ada kalender event-nya, yang ada kalender tahunannya seperti Jember Fashion Carnaval ini, karena keberagaman budaya kita adalah sebuah kekuatan sekaligus keunggulan, keunggulan kita dibandingkan dengan bangsa-bangsa yang lainnya” ujar Presiden.


Presiden Jokowi berharap kalau Jember Fashion Carnaval ini dilaksanakan setiap tahun, agar nanti bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk dilaksanakan setiap 3 tahun sekali, bisa di Jakarta atau kota-kota yang lainnya di Indonesia. Tetapi Jember tetap menjadi ikonnya.


Dengan menampilkan konsep busana Kerajaan Sriwijaya, tema besar JFC tahun ini adalah Victory Unity in Diversity. Selain itu juga ditampilkan 10 kostum nasional yang telah tampil di event internasional, secara berurutan, yaitu Srivijaya Empire, Bali, King of Papua, Mystical Toraja, Siger Crown Lampung, Borneo, Chronicle of Borobudur, Mythical Toraja, Wonderful of Betawi, dan Unity in Diversity.


Mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara dalam kesempatan itu antara lain Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 12:14 WIB

Ekonomi Keuangan Syariah Libatkan Seluruh Masyarakat

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Bambang Pramasudi mengatakan, ekonomi dan keuangan syariah bukan merupakan suatu konsep ekslusif yang hanya ditujukan kepada umat…

Febri Diansyah Juru Bicara KPK (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 12:02 WIB

KPK Bantah KTP-E Tercecer Merupakan Barang Bukti

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membantah kartu-kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) yang tercecer di Kabupaten Bogor merupakan barang bukti KPK.

Para seniman Indonesia yang terlibat dalam acara Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018

Senin, 28 Mei 2018 - 11:38 WIB

Seremoni Pembukaan Asian Games Bakal Jadi Yang Termegah Di Dunia

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) kemarin mulai memberikan gambaran tentang persiapan seremoni pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Panggung prosesi upacara pembukaan pada 18…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 11:38 WIB

Tol Laut Turunkan Harga Barang di Kepulauan

Asisten Administrasi Pembangunan kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Benhard Pilat mengatakan program Tol Laut mulai berdampak pada penurunan harga barang di wilayah kepulauannya.

Pengisian LPG 3kg

Senin, 28 Mei 2018 - 11:23 WIB

Pertamina Jamin Pasokan dan Distribusi LPG Aman Selama Ramadhan

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan dan distribusi LPG selama Ramadan.