Dana Koperasi Karyawan JICT Belum Diaudit

Oleh : Wiyanto | Rabu, 02 Agustus 2017 - 16:59 WIB

Jakarta International Container Terminal (JICT) (Foto Ist)
Jakarta International Container Terminal (JICT) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Program Tabungan Investasi untuk produktifitas pekerja PT Jakarta International Container Terminal  (JICT) diduga terancam gagal bayar 2019 nanti. 

Pasalnya sampai saat ini dana yang dikelola oleh Kopkar JICT atas  mandat Serikat Pekerja JICT (SP JICT) itu tak diketahui posisinya karena sampai kini belum berhasil di audit. 

Pihak perusahaan (JICT) dan Pelindo II sebagai salah satu pemilik JICT sudah pernah meminta namun pihak Kopkar (koperasi karyawan)dan SP berkelit dan berdalih harus seijin Dewan Pengawas Koperasi. 

Mogok kerja yang akan berlangsung 3 hingga 10 Agustus 2017 salah satu alasannya ditujukan meminta agar dana PTI 2016 segera dicairkan. Namun perusahaan menolak karena tidak sesuai dengan syarat-syarat yang disepakati bersama Perusahaan dengan SP JICT.

Ada unsur yang tidak beres dengan pengelolaan dana pekerja itu. Kalau bersih kenapa musti risih. Dana pekerja itu sangat besar, ada kira-kira Rp. 117,99  miliar yang akan dikelola sampai 2019 nanti, kata Siswanto Rusdi dari National Maritim Institute (Namarin). 

"Isu Kopkar menunggak pembayaran pajak Rp 8 miliar sedang meminta tax amnesty namun ditolak oleh pemerintah. Pihak penegak hukum harus masuk memeriksa SP JICT karena ada uang negara yang digelapkan itu, " katanya. 

Lanjut Rusdi, patut dipertanyakan, kenapa dana PTI  tidak menjadi agenda pembahasan di Pansus Pelindo II atau tidak merupakan isu krusial di komisi ketenagakerjaan DPR RI padahal itu menyangkut kepentingan hak pekerja. 

"Jangan sampai ada penindasan hak pekerja oleh Serikat Pekerja dan wakil rakyat yang mengurusi pekerja abai akan isu PTI ini. Kami tidak menginginkan ada pengabaian hak pekerja di JICT terkait dana itu," tutupnya. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…