Sate Ayam Jadi Primadona di Cowley Road Carnival, Oxford

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 05 Juli 2017 - 13:10 WIB

Kuliner Indonesia, Sate Ayam (Ist)
Kuliner Indonesia, Sate Ayam (Ist)

INDUSTRY.co.id, Inggris - Kuliner Indonesia memang juara, buktinya stan makanan yang menyajikan sate ayam, dan kambing, rendang dan masakan padang, nasi goreng dan telur balado serta mi bakso dan es cendol diserbu masyarakat Inggris.

Menurut Minister Counsellor KBRI London Thomas Siregar, dikutip dari antara, Rabu (5/7/2017) , mengatakan KBRI London bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Oxford serta Komunitas Indonesia di Oxford berpartisipasi pada kegiatan Cowley Road Carnival diadakan oleh Oxford City Council, pada akhir pekan lalu.

Karnaval merupakan kegiatan komunitas terbesar di kota Oxford yang diadakan setiap tahun. Tidak kurang dari 45 ribu orang dari berbagai kota di Inggris mendatangi acara yang menjadi ajang pagelaran musik, kuliner serta beragam sajian seni budaya dari berbagai belahan dunia.

Komunitas Indonesia di Oxford berpartisipasi pada kegiatan karnival yang berlangsung selama 16 tahun ini sejak tahun 2013. Indonesia menampilkan beberapa makanan yang digemari masyarakat Inggris diantaranya satai ayam dan kambing, rendang dan masakan padang, nasi goreng dan telur balado serta mi bakso dan es cendol. Stan Indonesia diserbu masyarakat Inggris yang mengenal kuliner Indonesia.

Dalam karnaval itu, Indonesia menampilkan tari Bali dan permainan angklung, pengunjung mengerubungi boneka raksasa Komodo yang dipajang dan berfoto di sebelah Komodo.

Indonesia juga memperkenalkan cara membatik dibimbing Ardana, mahasiswi jurusan Manajemen Media dari Universitas Cardiff. Mahasiswi program master berasal dari Pekalongan membimbing warga Inggris yang antri mencoba menggoreskan canting pada kain-kain. Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar memimpin Tim Indonesia dalam parade sepanjang jalan Cowley, menyampaikan kebanggaan dengan kekompakan PPI Oxford dan Komunitas Indonesia di Oxford yang mengenakan pakaian daerah dan batik sambil memainkan angklung dan melambai bendera Merah Putih.

Pawai dimulai pada pukul 12.30 waktu setempat. Terik matahari tidak dirasakan Tim Indonesia sepanjang jalan menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung, Bangun Pemuda Pemudi, Garuda Pancasila dan lagu-lagu perjuangan lainnya.

KBRI London mendukung partisipasi Komunitas Indonesia di Oxford pada kegiatan Cowley Road Carnival merupakan sarana efektif dalam mempromosikan Seni dan Budaya Indonesia yang beragam. Diharapkan pada tahun mendatang melibatkan instansi yang memiliki kapasitas seni dan budaya dari Indonesia seperti Kementerian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif atau Dinas-dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Daerah di Indonesia agar dapat ditampilkan sajian seni-budaya Indonesia dalam skala yang lebih masif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BRI Suprajarto (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 07:30 WIB

Taspen Gandeng BRI untuk Sejahterakan ASN dan Pensiunan dalam Program Sejahtera di Purnatugas

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk kembali tunjukkan dukungannya pada sektor pemberdayaan kesejahteraan masyarakat melalui partisipasinya pada acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan…

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:30 WIB

BI Yakin Pasar Tidak "Wait and See" Jelang Pemilu

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meyakini dunia usaha dan investor tidak akan ragu dan memilih menunggu (wait and see) untuk mengeksekusi kegiatan bisnis, meskipun di dalam negeri sedang…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:18 WIB

Kaltara Eksport Beras dan Krayan ke Malaysia

Jakarta - Padi Adan adalah salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasa Krayan Prop.Kaltara. Padi Adan sendiri merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat di dataran tinggi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:01 WIB

Segera Luncurkan Beras Basmati Asli Indonesia, Kementan: Beras Kita Layak Ekspor

Sukamandi - Kementerian Pertanian direncanakan akan merilis varietas beras basmati asli Indonesia pada pertengahan Februari nanti. Beras basmati selama ini dikenal sebagai beras aromatik asal…

Pengusaha Nasional Chairul Tanjung (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:00 WIB

CT Sepakat Inovasi Kreativitas Kunci Hadapi Revolusi 4.0

Pengusaha Chairul Tanjung menilai inovasi dan kreativitas sebagai kunci utama bagi dunia usaha dalam menghadapi revolusi industri 4.0.