Sate Ayam Jadi Primadona di Cowley Road Carnival, Oxford

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 05 Juli 2017 - 13:10 WIB

Kuliner Indonesia, Sate Ayam (Ist)
Kuliner Indonesia, Sate Ayam (Ist)

INDUSTRY.co.id, Inggris - Kuliner Indonesia memang juara, buktinya stan makanan yang menyajikan sate ayam, dan kambing, rendang dan masakan padang, nasi goreng dan telur balado serta mi bakso dan es cendol diserbu masyarakat Inggris.

Menurut Minister Counsellor KBRI London Thomas Siregar, dikutip dari antara, Rabu (5/7/2017) , mengatakan KBRI London bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Oxford serta Komunitas Indonesia di Oxford berpartisipasi pada kegiatan Cowley Road Carnival diadakan oleh Oxford City Council, pada akhir pekan lalu.

Karnaval merupakan kegiatan komunitas terbesar di kota Oxford yang diadakan setiap tahun. Tidak kurang dari 45 ribu orang dari berbagai kota di Inggris mendatangi acara yang menjadi ajang pagelaran musik, kuliner serta beragam sajian seni budaya dari berbagai belahan dunia.

Komunitas Indonesia di Oxford berpartisipasi pada kegiatan karnival yang berlangsung selama 16 tahun ini sejak tahun 2013. Indonesia menampilkan beberapa makanan yang digemari masyarakat Inggris diantaranya satai ayam dan kambing, rendang dan masakan padang, nasi goreng dan telur balado serta mi bakso dan es cendol. Stan Indonesia diserbu masyarakat Inggris yang mengenal kuliner Indonesia.

Dalam karnaval itu, Indonesia menampilkan tari Bali dan permainan angklung, pengunjung mengerubungi boneka raksasa Komodo yang dipajang dan berfoto di sebelah Komodo.

Indonesia juga memperkenalkan cara membatik dibimbing Ardana, mahasiswi jurusan Manajemen Media dari Universitas Cardiff. Mahasiswi program master berasal dari Pekalongan membimbing warga Inggris yang antri mencoba menggoreskan canting pada kain-kain. Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar memimpin Tim Indonesia dalam parade sepanjang jalan Cowley, menyampaikan kebanggaan dengan kekompakan PPI Oxford dan Komunitas Indonesia di Oxford yang mengenakan pakaian daerah dan batik sambil memainkan angklung dan melambai bendera Merah Putih.

Pawai dimulai pada pukul 12.30 waktu setempat. Terik matahari tidak dirasakan Tim Indonesia sepanjang jalan menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung, Bangun Pemuda Pemudi, Garuda Pancasila dan lagu-lagu perjuangan lainnya.

KBRI London mendukung partisipasi Komunitas Indonesia di Oxford pada kegiatan Cowley Road Carnival merupakan sarana efektif dalam mempromosikan Seni dan Budaya Indonesia yang beragam. Diharapkan pada tahun mendatang melibatkan instansi yang memiliki kapasitas seni dan budaya dari Indonesia seperti Kementerian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif atau Dinas-dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Daerah di Indonesia agar dapat ditampilkan sajian seni-budaya Indonesia dalam skala yang lebih masif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.