Chef Degan Menampilkan Kuliner Indonesia di Le Cordon Bleu London

Oleh : Herry Barus | Selasa, 27 Juni 2017 - 13:10 WIB

Chef Degan (tengah) dengan tim kuliner Indonesia di Le Cordon Bleu Paris, kiri-kanan: Executive Chef Banyan Tree Ungasan Bali Agus Wiryawan, Executive Chef Courtyard Marriott Nusa Dua Bali Agus Pandetria, Executive Pastry Chef Le Cordon Bleu Paris Fa
Chef Degan (tengah) dengan tim kuliner Indonesia di Le Cordon Bleu Paris, kiri-kanan: Executive Chef Banyan Tree Ungasan Bali Agus Wiryawan, Executive Chef Courtyard Marriott Nusa Dua Bali Agus Pandetria, Executive Pastry Chef Le Cordon Bleu Paris Fa

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Chef Degan didaulat untuk menampilkan kuliner Indonesia di kampus insitusi pendidikan kuliner terbesar dunia, Le Cordon Bleu, pada tanggal 18 Juli 2017 di London, Inggris, setelah sukses mempresentasikan kuliner Indonesia di kampus Le Cordon Bleu Paris bulan Mei lalu untuk pertama kalinya di hadapan para siswa, dosen, media dan undangan. 

“Kuliner Indonesia belum pernah hadir sebelumnya namun mendapat respon yang amat positif dengan antusiasme yang luar biasa saat pertama kali ditampilkan di kampus kami di Paris oleh Chef Degan, karena itu kami percaya presentasi serupa juga akan mendapat sambutan meriah di London,” ujar Catherine Baschet dari bagian PR, Events and Communications Le Cordon Bleu, Selasa (27/6/2017)

Kunjungan Chef Degan ke kampus bergengsi Le Cordon Bleu London ini merupakan salah satu agenda dalam rangkaian acara promosi kuliner Indonesia dalam festival Indonesian Weekend 2017 yang akan digelar di Potters Field Park, London, Inggris, pada 22-23 Juli 2017 menampilkan budaya, kesenian, fesyen, musik, pariwisata juga kuliner Nusantara.

“Sangat membanggakan melihat animo masyarakat internasional terhadap kuliner Indonesia, khususnya di kampus seperti ini karena generasi muda inilah yang akan menjadi pemain utama dalam mengeksplorasi budaya kuliner di masa datang,” ungkap Chef Degan. Mengenalkan budaya kuliner Indonesia kepada mahasiswa dan generasi muda diharapkan dapat menginspirasi dalam perjalanan karir kuliner mereka yang masih panjang.

Untuk presentasi di Le Cordon Bleu, Chef Degan menekankan pada kekayaan bumbu dasar sebagai inti cita rasa sajian, khususnya bumbu dasar kuning, yang dapat diolah menjadi beragam hidangan khas Indonesia. Beberapa sajian menggunakan bumbu kuning yang akan ditampilkan antara lain Soto Ayam, Ayam Panggang dan Kari Ayam yang memiliki karakter berbeda satu sama lain meski menggunakan bumbu dasar yang sama.

Selanjutnya Chef Degan telah dijadwalkan untuk memandu sejumlah kelas memasak selama festival “Indonesian Weekend 2017” berlangsung. Tahun sebelumnya, salah satu sudut yang paling banyak diminati pengunjung adalah gerai penjual makanan Indonesia serta area demo masak yang tahun ini kembali akan dimanfaatkan untuk mengenalkan sejumlah kuliner khas Indonesia yang menarik para wisatawan internasional dan warga setempat. 

Ketersediaan bahan berupa bumbu dan rempah kini mulai teratasi dengan adanya berbagai pemasok dan gerai-gerai yang menyediakan bahan masakan Asia. “Hal ini dapat dimanfaatkan untuk semakin mendorong promosi Indonesia pada masyarakat dunia melalui budaya kuliner, terlebih karena terdapat minat yang besar untuk mengetahui makanan kita lebih jauh,” lanjut Chef Degan.

Degan Septoadji, salah seorang chef profesional asal Indonesia, telah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri boga. Mengenyam pendidikan dan mengawali karir di Eropa, Chef Degan bekerja di sejumlah jaringan hotel mewah internasional di mancanegara termasuk Hilton International, Grand Hyatt dan Banyan Tree Hotels & Resorts. Selain tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, Chef Degan aktif mempromosikan kuliner Indonesia di mancanegara, juga sebagai pembicara dan konsultan kuliner. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MyRepublic gelar kompetisi antar sekolah dengan tema Dunia Dalam Genggamanku. Kompetisi digelar di 6 kota besar yaitu Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Malang, Palembang, dan Medan mulai tanggal 5 Maret 2018 26 Maret 2018

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:34 WIB

Begini Startegi MyRepublic Kejar 500 Ribu Jaringan Baru

INDUSTRY.co.id, Jakarta -MyRepublic, perusahaan penyedia layanan internet cepat dan hiburan tanpa batas tahun ini menargetkan 500.000 jaringan baru, salah satunya ialah melalui kerjasama dengan…

Peluncuran Generali Protection (G-PRO) (Foto: Ridwan/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:20 WIB

Generali Gandeng Bank BTN Berikan Perlindungan Penyakit Kritis Bagi Nasabah KPR

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia)bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero)kembali meluncurkan Generali Protection (G-PRO).

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:50 WIB

Industri Sarung Tangan Karet, Dari 40 Pabrik Tersisa 5 Pabrik, Mengerikan!

Isu penutupan pabrik hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku industri. Harga gas yang tak kunjung turun menjadi pemicu tutupnya beberapa pabrik di Indonesia.

Achmad Widjaja, Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Hulu dan Petrokimia

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:03 WIB

Kisruh Harga Gas Buat Investor Wait and See, Industri Petrokimia Makin Tak Matang

Investasi sektor petrokimia hingga saat ini masih belum ada perencanaan yang matang. Pasalnya, investor masih menunggu ketegasan pemerintah terkait penurunan harga gas untuk industri.

CEO blanja.com Aulia E Marinto

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:00 WIB

Industri UMKM Harus Punya Kreativitas E-Commerce

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto mengatakan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas dalam memberdayakan "e-commerce" (perdagangan…