Chef Degan Menampilkan Kuliner Indonesia di Le Cordon Bleu London

Oleh : Herry Barus | Selasa, 27 Juni 2017 - 13:10 WIB

Chef Degan (tengah) dengan tim kuliner Indonesia di Le Cordon Bleu Paris, kiri-kanan: Executive Chef Banyan Tree Ungasan Bali Agus Wiryawan, Executive Chef Courtyard Marriott Nusa Dua Bali Agus Pandetria, Executive Pastry Chef Le Cordon Bleu Paris Fa
Chef Degan (tengah) dengan tim kuliner Indonesia di Le Cordon Bleu Paris, kiri-kanan: Executive Chef Banyan Tree Ungasan Bali Agus Wiryawan, Executive Chef Courtyard Marriott Nusa Dua Bali Agus Pandetria, Executive Pastry Chef Le Cordon Bleu Paris Fa

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Chef Degan didaulat untuk menampilkan kuliner Indonesia di kampus insitusi pendidikan kuliner terbesar dunia, Le Cordon Bleu, pada tanggal 18 Juli 2017 di London, Inggris, setelah sukses mempresentasikan kuliner Indonesia di kampus Le Cordon Bleu Paris bulan Mei lalu untuk pertama kalinya di hadapan para siswa, dosen, media dan undangan. 

“Kuliner Indonesia belum pernah hadir sebelumnya namun mendapat respon yang amat positif dengan antusiasme yang luar biasa saat pertama kali ditampilkan di kampus kami di Paris oleh Chef Degan, karena itu kami percaya presentasi serupa juga akan mendapat sambutan meriah di London,” ujar Catherine Baschet dari bagian PR, Events and Communications Le Cordon Bleu, Selasa (27/6/2017)

Kunjungan Chef Degan ke kampus bergengsi Le Cordon Bleu London ini merupakan salah satu agenda dalam rangkaian acara promosi kuliner Indonesia dalam festival Indonesian Weekend 2017 yang akan digelar di Potters Field Park, London, Inggris, pada 22-23 Juli 2017 menampilkan budaya, kesenian, fesyen, musik, pariwisata juga kuliner Nusantara.

“Sangat membanggakan melihat animo masyarakat internasional terhadap kuliner Indonesia, khususnya di kampus seperti ini karena generasi muda inilah yang akan menjadi pemain utama dalam mengeksplorasi budaya kuliner di masa datang,” ungkap Chef Degan. Mengenalkan budaya kuliner Indonesia kepada mahasiswa dan generasi muda diharapkan dapat menginspirasi dalam perjalanan karir kuliner mereka yang masih panjang.

Untuk presentasi di Le Cordon Bleu, Chef Degan menekankan pada kekayaan bumbu dasar sebagai inti cita rasa sajian, khususnya bumbu dasar kuning, yang dapat diolah menjadi beragam hidangan khas Indonesia. Beberapa sajian menggunakan bumbu kuning yang akan ditampilkan antara lain Soto Ayam, Ayam Panggang dan Kari Ayam yang memiliki karakter berbeda satu sama lain meski menggunakan bumbu dasar yang sama.

Selanjutnya Chef Degan telah dijadwalkan untuk memandu sejumlah kelas memasak selama festival “Indonesian Weekend 2017” berlangsung. Tahun sebelumnya, salah satu sudut yang paling banyak diminati pengunjung adalah gerai penjual makanan Indonesia serta area demo masak yang tahun ini kembali akan dimanfaatkan untuk mengenalkan sejumlah kuliner khas Indonesia yang menarik para wisatawan internasional dan warga setempat. 

Ketersediaan bahan berupa bumbu dan rempah kini mulai teratasi dengan adanya berbagai pemasok dan gerai-gerai yang menyediakan bahan masakan Asia. “Hal ini dapat dimanfaatkan untuk semakin mendorong promosi Indonesia pada masyarakat dunia melalui budaya kuliner, terlebih karena terdapat minat yang besar untuk mengetahui makanan kita lebih jauh,” lanjut Chef Degan.

Degan Septoadji, salah seorang chef profesional asal Indonesia, telah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri boga. Mengenyam pendidikan dan mengawali karir di Eropa, Chef Degan bekerja di sejumlah jaringan hotel mewah internasional di mancanegara termasuk Hilton International, Grand Hyatt dan Banyan Tree Hotels & Resorts. Selain tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, Chef Degan aktif mempromosikan kuliner Indonesia di mancanegara, juga sebagai pembicara dan konsultan kuliner. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kris Wijoyo Soepandji Luncurkan Buku“ILMU NEGARA: PERSPEKTIF GEOPOLITIK MASA KINI”

Sabtu, 16 Desember 2017 - 20:39 WIB

Kris Wijoyo Soepandji Luncurkan Buku "ILMU NEGARA: PERSPEKTIF GEOPOLITIK MASA KINI"

Dewasa ini, berbagai dinamika geopolitik, antara lain perebutan pengaruh antara Amerika Serikat-Tiongkok, konflik di Timur Tengah, hingga merebaknya gerakan radikalisme mengatasnamakan agama…

High poin

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:55 WIB

HighPoint Luncurkan Case Berkonsep Modular

Dijaman modern seperti sekarang ini banyak orang lebih memilih barang yang sifatnya lebih praktis dan dinamis, begitu juga dengan desain sebuah furniture. Desain yang praktis dan dinamis tak…

Turnamen growing archery di mal sumarecon bekasi (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:50 WIB

Growing Archery, Kejuaraan Olahraga Panahan di Summarecon Mal Bekasi

Cabang olahraga panahan merupakan salah satu olahraga dengan peralatan yang sederhana yaitu busur dan panah tetapi memerlukan teknik dan keahlian khusus.

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:28 WIB

Ketum Golkar: Agus Gumiwang dan Bambang Soesatyo Berpeluang Jadi Ketua DPR

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, mengaku belum menentukan sikap soal Ketua DPR baru yang akan menggantikan Setya Novanto. Namun dia mengakui dua nama yang peluangnya sama besar, yakni…

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:22 WIB

KSPI: Buruh Berdiri di Garda Depan Untuk Merawat Perdamaian

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menginstruksikan anggotanya untuk ikut melakukan Aksi Bela Palestina, pada Minggu (17/12/2017), ujar Presiden KSPI Said Iqbal.