MUI Jakarta Selenggarakan Destinasi Wisata Halal

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 08 Juni 2017 - 16:00 WIB

Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Menggelar Kawasan Halal Fair 2017, Menjadikan Jakarta Sebagai Destinasi Wisata Halal
Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Menggelar Kawasan Halal Fair 2017, Menjadikan Jakarta Sebagai Destinasi Wisata Halal

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta merangkul DDW Communication dengan menggelar serangkaian acara yang bertajuk "Kawasan Halal Fai 2017, Menjadikan Jakarta Sebagai Destinasi Wisata Halal."

Untuk pertama kali festival halal ini diselenggarakan di mal lantai tiga Plaza Semanggi, Jakarta pada tanggal 9 hingga 18 Juni 2017.

Dengan mengusung konsep pameran makanan dan multi product, event ini digelar sebagai ajang sosialisasi, promosi, edukasi sekaligus syiar MUI DKI untuk mengenalkan produk yang sudah tersertifikasi halal bahkan kawasan halal kepada pemerintah, pebisnis dan masyarakat.

“Apalagi kini semakin marak kasus-kasus makanan, minuman, atau perlengkapan kosmetik dengan menggunakan bahan baku yang diharamkan membuat masyarakat semakin peduli pentingnya produk-produk halal,” ujar Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta, Ir. Hj. Osmena Gunawan melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Rabu (7/6/2017).

Menurut beberapa penelitian, tambah Osmena, bahkan memperlihatkan pertumbuhan populasi muslim secara global meningkat dan pertumbuhannya mempengaruhi mangsa pasar halal. Hal ini membuat sertifikasi halal menjadi pertimbangan perusahaan sebagai salah satu jurus meningkatkan penjualan.

Selain itu, adanya Undang-Undang No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.158 tahun 2013 tentang Sertifikasi Halal Restoran dan Non-Restoran, karenanya MUI DKI Jakarta membentuk tim Kawasan Halal MUI DKI Jakarta. Kawasan Halal MUI DKI Jakarta adalah rencana wilayah halal atau arena perdagangan yang kehalalannya dijamin dan dibina oleh MUI dan sekaligus menjadi destinasi wisata halal, sambungnya.

Dikesempatan yang sama, Muhammad Lukman Mashuri, Ketua Pelaksana Kawasan Halal Fair 2017 menjelaskan adapun serangkaian acara meramaikan Kawasan Halal Fair antara lain: lomba mewarnai tingkat SD, lomba tahfidz tingkat SD-SMP, santunan yatim, buka bersama dan shalat tarawih berjama’ah, tausiah, moeslim community gathering, talkshow, cooking class with chef halal, Islamic multi product, dan halal food bazaar.

Ada juga tiga kegiatan utama diantaranya Halal Food dan Multi Product Bazaar merupakan pameran produk yang sudah tersertifikasi halal di LPPOM MUI DKI Jakarta, keuangan Islam (perbankan, asuransi dan lainnya) serta pameran fashion Islami seperti baju koko, sarung, gamis, kerudung hingga buku-buku islami, dan lainnya.

Selain itu, acara ini juga akan diadakan Tausiyah dengan tema Halal Is My Life dari ulama-ulama ternama yang mengabdi di MUI DKI Jakarta. Juga Talkshow yang menjadi ujung tombak tersedianya destinasi wisata halal yang dibawakan berbagai stakeholder, baik dari pemerintah, LSM, pebisnis, maupun komunitas.

Di festival juga mengadakan pameran produk halal, juga diisi beragam acara yang tak kalah menarik lainnya diantaranya ada lomba mewarnai tingkat SD, lomba tahfidz qur’an tingkat SD-SMP, santunan anak yatim piatu, buka bersama dan shalat tarawih berjama’ah, hiburan music bernuansa Islami.

Acara ini juga didukung Moslem Community Gathering, seperti Cooking Class with Chef Halal, My Halal Kitchen, Wajah Bunda Indonesia, Indonesia Affiliate Community (IDAFF), Komunitas Terang Jakarta, Ozafest, Masyarakat Tanpa Riba, dan Sinergi Komunitas Pendaki Muslim.

Sementara, Deden Edi Soetrisna, Sekretaris Komisi Ekonomi MUI Jakarta mengungkapkan, ada berbagai merek makanan halal akan memeriahkan pameran ini, seperti Pempek 16, Bakso Gulung Cipayung, Lumpia Pandawa, Griya Takso (Tahu Bakso), Donat Spanyol Churroskuu, Pai Mama, Es Cendol Mirama Jalejo, Siomay Chipsy dan masih banyak lagi. Juga Produk-produk kecantikan dan fashion, seperti Lazis Wahdah, Cessbi, Madani Grup, Dakara Fashion, Inspiring GVC Kosmetika, dan lainnya.

“Semua produk, baik pangan, obat-obatan, maupun kosmetika yang diikutsertakan dalam kegiatan ini sudah pasti memperoleh sertifikasi halal dari LPPOM MUI Pusat maupun Provinsi,” pungkasnya.

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Halal untuk kehidupan sehari-hari di seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta serta melakukan pembinaan kepada IKM dan UMKM yang telah tersertifikasi halal maupun belum dalam usahanya.

Acara ini turut diresmikan oleh Ketua Panitia Kawasan Halal MUI Provinsi DKI Jakarta, Ketua MUI Provinsi DKI Jakarta, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta dan PLT Gubernur Provinsi DKI Jakarta, serta ditutup oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Terpilih. Bersama DDW Communication, MUI DKI Jakarta yakin akan lebih dari 2000 orang hadir dalam Kawasan Halal Fair 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…