Italia Perpanjang Keadaan Darurat Covid-19 Hingga Maret 2022

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 Desember 2021 - 15:00 WIB

Roma Italia (Industry.co.id)
Roma Italia (Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, Italia memperpanjang keadaan darurat hingga 31 Maret 2022 dan memperketat aturan 'super green pass', karena kasus varian Omicron yang sangat menular terus meningkat di seluruh negeri.

Pemerintah Italia telah sepakat untuk memperpanjang keadaan darurat hingga 31 Maret, yang berarti bahwa langkah-langkah mitigasi Covid-19 tertentu akan tetap berlaku sampai saat itu, meskipun tidak semua. 

Di bawah langkah-langkah baru yang diumumkan, masyarakat perlu untuk mengenakan masker di luar ruangan hingga 31 Januari, tetapi jenis masker FFP2 (atau N95) yang lebih protektif akan diperlukan di area dalam ruangan seperti museum, teater, arena olahraga dan di transportasi umum.

Dilansir dari laman Lonely Planet, Italia juga memperluas penggunaan super green pass yang merupakan bukti vaksinasi atau telah pulih dari Covid-19. Super Green Pass ini digunakan untuk memberikan akses pemegang ke banyak layanan di seluruh Italia. 

Nantinya, super green pass mulai 30 Desember akan diminta untuk memasuki bar, restoran, dan tempat-tempat dalam ruangan di mana makanan dan minuman disajikan bahkan untuk layanan bar. Ini juga akan diperlukan untuk mengakses museum, pusat kebugaran, kolam renang dan pusat kesehatan. Sebelumnya orang dapat menunjukkan bukti tes negatif Covid-19 untuk memasuki tempat-tempat ini tetapi aturan tersebut tidak akan lagi berlaku.

Dalam upaya untuk mendorong penyerapan booster, green pass Italia akan memiliki batas waktu enam bulan daripada sembilan untuk vaksinasi, yang berarti bahwa masyarakat tidak akan lagi dapat mengakses banyak layanan jika lebih dari enam bulan telah berlalu sejak dosis terakhir yang direkomendasikan. Batas waktu mulai berlaku pada 1 Februari.

Italia juga mengharuskan orang-orang yang belum divaksinasi untuk diuji setiap 48 jam untuk mengakses layanan seperti transportasi umum.

Di bawah langkah-langkah terbaru, Italia juga menutup nightblubs dan diskotik hingga 31 Januari 2022. Konser dan acara terbuka juga dilarang sampai saat itu.

Sementara itu, Italia juga memperketat aturan masuknya wisatawan awal bulan ini. Pada 16 Desember, wisatawan dari negara-negara Uni Eropa sekarang harus menghasilkan tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 48 jam keberangkatan atau tes antigen yang diambil dalam 24 jam sebelum memasuki Italia, bahkan jika mereka memiliki bukti vaksinasi seperti sertifikat Covid-19 digital Ue. 

Peraturan ini juga berlaku untuk wisatawan asing dari negara-negara non-UE seperti Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Selain mengharuskan tes negatif yang diambil 72 jam sebelum kedatangan, wisatawan yang tidak divaksinasi sekarang diharuskan karantina diri selama lima hari. Mereka harus menunjukkan tes negatif kedua di hari akhir untuk diperbolehkan selesai karantina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan…

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…