Gus Yahya Jadi Ketum PBNU, Ketua Amarta: Pluralisme dan Kedamaian Bakal Terjaga

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 25 Desember 2021 - 11:57 WIB

Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta, M Rico
Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta, M Rico

INDUSTRY.co.id-Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya resmi terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( Ketum PBNU) periode 2021-2026.

Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta, M Rico Sinaga berkeyakinan, dalam masa kepemimpinan Gus Yahya, pluralisme dan kedamaian akan semakin terjaga di Indonesia.

"Gus Yahya ini orang dekat yang juga menjadi juru bicara Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang dikenal sebagai Bapak Pluralisme Indonesia," ujarnya, melalui keterangan tertulis, Jumat (24/12).

Rico menjelaskan, dirinya bersama Bondan Gunawan di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) serta Marsilam Simanjuntak dan kawan-kawan pernah bersama-sama dengan Gus Dur semasa awal berdirinya Forum Demokrasi (Fordem). Sehingga, pemikiran-pemikiran Gus Dur sangat membekas betul.

"Saya yakin dan optimistis, Gus Yahya ini dapat melanjutkan pemikiran dan gagasan Gus Dur untuk menjadikan Indonesia rumah bagi semua. Saya yakin cita rasa humor ala Gus Dur juga dikuasai Gus Yahya, intelektual yang juga humoris serta bersahabat," terang Rico yang juga Ketua Dewan Pakar Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) DKI Jakarta.

Menurutnya, sosok Bondan Gunawan yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Negara saat Gus Dur menjadi presiden serta Gus Yahya adalah tokoh-tokoh yang sangat moderat dan menghargai kebhinekaan.

"Gus Yahya yang merupakan kakak dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas adalah sosok tepat untuk membawa NU yang adaptif dengan perkembangan zaman. Kapabilitas anggota Dewan Pertimbangan Presiden Joko Widodo periode 2014-2019 ini tidak perlu diragukan," bebernya.

Rico berharap, Gus Yahya juga bisa merangkul seluruh komponen Nahdlatul Ulama agar terus bisa bersatu pasca-muktamar ini dan tidak ada lagi polarisasi pendukung Gus Yahya atau Said Aqil Siradj.

"Kita ingin NU semakin solid, besar dan terus menjadi bagian penting sejarah perjalanan bangsa. Selamat saya ucapkan kepada sahabat saya Gus Yahya, semoga bisa menjalankan amanah ini dengan baik," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…