Sukses Percepat 10 Ribu Vaksinasi COVID-19 di Kaltim, Kini Pupuk Kaltim Inisiasi Vaksinasi COVID-19 bagi Ratusan Anak di Bontang

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Desember 2021 - 09:08 WIB

PT Pupuk Kaltim Inisiasi Vaksinasi COVID-19 bagi Ratusan Anak di Bontang
PT Pupuk Kaltim Inisiasi Vaksinasi COVID-19 bagi Ratusan Anak di Bontang

INDUSTRY.co.id - Bontang- PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) bersama Kodim 0908 dan Dinas Kesehatan Kota Bontang, menggelar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Sebanyak 750 anak yang berasal dari SD 1 dan 2 Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) ditargetkan akan mendapatkan suntikan vaksin Sinovac dosis 1. Pelaksanaan vaksinasi tersebut diselenggarakan pada 22-23 Desember 2021 di Sentra Vaksin GOR PKT.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, mengatakan bahwa PKT terus berkomitmen untuk membantu percepatan vaksinasi nasional. Setelah sebelumnya PKT berhasil melakukan vaksinasi kepada 10.000 masyarakat Kaltim, kini PKT siap membantu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun. “Semoga upaya ini bisa mencegah dan mengurangi risiko penularan virus Covid-19 pada anak dan mendorong percepatan realisasi target herd immunity di Indonesia, sehingga aktivitas masyarakat, khususnya kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa kembali berjalan normal,” terang Rahmad Pribadi.

PKT juga mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi anak ini, di antaranya Kodim 0908 Kota Bontang, Dinas Kesehatan Kota Bontang, YPK dan Kepala SD 1 dan 2 YPK.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun ditargetkan akan menyasar sekitar 26,5 juta anak di seluruh Indonesia. Presiden berharap pelaksanaan vaksinasi anak ini bisa dilakukan secara cepat di seluruh provinsi dan wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan selaku penanggungjawab dan pelaksana program vaksinasi nasional menyebutkan, capaian untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 500 ribu orang. Angka tersebut dicapai dalam waktu sepekan sejak dimulai pada 14 Desember 2021 di 115 kota/kabupaten di 19 provinsi.

Pelaksanaan vaksinasi bagi anak ini dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) perihal kajian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun. Bersamaan dengan ini, Menteri Kesehatan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (KMK) tentang Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) bagi Anak Usia 6 Sampai Dengan 11 Tahun, yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021.

“PKT akan terus berperan aktif dan berkontribusi membantu pemerintah dan masyarakat di berbagai sektor, sehingga peran Perusahaan semakin berdampak dan memberikan manfaat maksimal terhadap pembangunan dan kesejahteraan di Kaltim. PKT juga mengajak masyarakat untuk tidak ragu mengikuti program vaksinasi karena vaksin ini aman dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19,” kata Rahmad.

 

Pemerintah Kota Bontang melalui Kepala Seksi Surveilans, Imunisasi, Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang Adi Permana, mengapresiasi kontribusi PKT bersama TNI dalam mendukung percepatan vaksinasi bagi anak, yang dinilai sangat membantu Pemerintah meningkatkan realisasi target 18.000 lebih untuk usia 6-11 tahun.

Melalui percepatan vaksinasi bagi anak, pembelajaran tatap muka yang saat ini baru bisa dilakukan beberapa sekolah, ditarget berjalan maksimal secara bertahap di seluruh sekolah Kota Bontang. “Jika melihat progress dan dukungan berbagai pihak, kami optimis Februari 2022 mendatang seluruh anak di Bontang telah mendapatkan vaksin,” kata Adi Permana.

Sebelumnya, kontribusi PKT dalam pelaksanaan vaksinasi massal bagi masyarakat mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Isran Noor mengatakan PKT turut membantu pemerintah dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Kalimantan Timur. “Atas nama Pemprov Kaltim, kami ucapkan terima kasih kepada PKT yang melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat. Kegiatan ini menunjukkan dukungan Perusahaan terhadap program pencegahan Covid-19 yang terus digencarkan Pemerintah,” ujar Isran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…