Sambangi Pasar Terapung Banjarmasin, Tim JKW PWI Disambut Pantun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 Desember 2021 - 18:23 WIB

Sambangi Pasar Terapung Banjarmasin, Tim JKW PWI Disambut Pantun
Sambangi Pasar Terapung Banjarmasin, Tim JKW PWI Disambut Pantun

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin - Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI yang melakukan Touring keliling Indonesia  yang terdiri dari Agus Blus Asianto, Indrawan Ibonk, Sonny Wibisono serta Yanni Krishanayani menyambangi sejumlah tempat wisata di Kalimantan Selatan, salah satunya Pasar Terapung Lok Baintan yang terletak di Kabupaten Banjar.

Didampingi Pengurus PWI Provinsi Kalsel mereka menempuh perjalanan kurang lebih 40 menit dari pusat Kota Banjarmasin dengan menggunakan perahu mesin (klotok). Sepanjang perjalanan mereka sibuk mengabdikan sejumlah momen kehidupan masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Martapura tersebut.

Salah satu anggota tim, Sonny Wibisono mengatakan, pengalaman naik klotok bukan hal baru bagi mereka. Sebelumnya mereka juga sempat menaiki perahu mesin saat mengeksplore wisata di Kalimantan Timur.

"Tapi yang membuatnya berbeda. Banyak hal menarik ditemukan di sini. Masyarakat terlihat masih mempertahankan kearifan lokal dengan memanfaatkan sungai sebagai bagian dari keseharian mereka. Mulai dari mandi hingga kegiatan lain," ucapnya di tengah perjalanan menuju Pasar Terapung Lok Baintan, Rabu (22/12/2021), seperti diinformasikan tim Humas PWI.

Setibanya di Lok Baintan mereka disambut oleh puluhan jukung (perahu) yang menjajakan kerajinan tangan dan buah lokal. Bahkan guna menarik perhatian beberapa acil-acil (ibu-ibu) yang berjualan melantunkan pantun.

"Jalan-jalan beli kelereng, belinya di toko Cina, Bang Sonny yang ganteng, dibeli dong buah-buahnya," ujar salah satu acil-acil.

"Baju biru dibeli Rhoma Irama, Kalau ada yang baru jangan lupakan yang lama," celetuk acil-acil lainnya disambut tawa rombongan.

Sambil mencicipi buah dan jajanan lokal dari acil-acil penjual, banyak momen yang diabadikan. Bahkan salah satu anggota TIM JKW PWI, Yanni berkesempatan menumpang salah satu jukung untuk merasakan sensasinya.

"Ini momen langka, tidak ada di tempat lain. Ini hanya bisa ditemui disini, jadi sangat sayang jika dilewatkan begitu saja," ucap Yani.

Meski memiliki beberapa catatan, mereka berharap kearifan lokal seperti ini harus terus dipertahankan. Kehadiran pemerintah sangat dibutuhkan di sini. Jangan sampai kearifan lokal yang telah mendunia ini hilang akibat digerus jaman.

Sementara itu Ketua PWI Provinsi Kalsel, Zainal Helmie yang mendampingi Tim JKW PWI menjelaskan bahwa keberadaan pasar terapung ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Banjar.

Menurutnya keberadaan pasar terapung adalah refleksi dari kehidupan masyarakat Banjar yang hidup berdampingan dengan sungai.

"Sejak dulu masyarakat Banjar hidup berdampingan dengan sungai. Banyak kegiatan masyarakat yang bergantung dengan sungai. Itulah yang menyebabkan Banjarmasin bergelar Kota Seribu Sungai, selain juga di kota ini banyak ditemukan anak-anak sungai," ucap Helmie.

Ia berharap kehadiran Tim JKW PWI dapat membantu promosi pariwisata di daerah ini.

Selain mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan, mereka juga sempat mencicipi kuliner khas setempat, yakni Soto Banjar Bang Amat yang berada di tepian Sungai Martapura kawasan Jalan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur.

Kemudian mereka juga menyambangi salah satu masjid tertua di Banjarmasin, yakni Masjid Sultan Suriansyah yang berada di kawasan Jalan Pangeran Kelurahan Kuin Selatan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Desa Wisata Taro Bali

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:06 WIB

Menilik Desa Wisata Taro, Surga Tersembunyi di Gianyar Pemenang BCA Desa Wisata Award

Desa Wisata Taro merupakan desa tua di Bali yang kaya akan kisah dan peninggalan budaya masa lampau. Berada di kecamatan Tegallalang, Gianyar. Sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Terletak…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:58 WIB

Konsensus Analis Prediksi Pendapatan SILO Tumbuh Tahun Ini , LPKR Terimbas Positif

Konsensus analis Bloomberg pada Jumat (24/6/2022) memprediksi pendapatan PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) akan terus bertumbuh pada tahun ini meskipun pasien Covid-19 menurun. Bahkan,…

Ilustrasi TKI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Duh! Ratusan TKI Meninggal di Malaysia, Legislator Usul Pembentukan Satgas Terpadu

Jakarta- Politisi Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan dibentuk satuan tugas terpadu untuk memonitor dan menjamin pelindungan bagi tenaga kerja migran.

Presiden Jokowi

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Tiga Makna Ibu Negara Iriana Hadir di Ukraina

Pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib menilai ada tiga makna atau alasan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut dalam kunjungan bersejarah ke Ukraina.

Teluk Nha Trang, di Vietnam (iStock)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:15 WIB

Vietnam Larang Wisatawan Berenang di Teluk Nha Trang Demi Selamatkan Terumbu Karang

Dalam pembaruan perjalanan baru-baru ini, Vietnam melarang wisatawan untuk scuba diving dan berenang sebagai upaya untuk menyelamatkan terumbu karang yang rusak di wilayah teluk Nha Trang.