Banyak Membawa Perubahan, Berikut Manfaat Adanya Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 09 Desember 2021 - 21:40 WIB

Internet (Ist)
Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kemajuan teknologi di zaman sekarang menuntut hampir semua orang untuk berhubungan dengan internet. Harus diakui, banyak manfaat yang telah diberikan oleh teknologi informasi dan komunikasi ini. Bahkan, kehadiran internet telah membawa perubahan di segala bidang kehidupan di seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali di bidang pendidikan. 

Ervita Delima Sari, Sosial Media Specialist PT Pos Indonesia menjelaskan, ada banyak manfaat dari internet untuk digunakan dalam bidang pendidikan. Seperti menjadi sarana mencari informasi bagi siswa, semisal untuk membantu menyelesaikan tugas agar pekerjaannya bisa membuahkan hasil yang bagus. 

"Berikutnya, bisa menjadi sarana mempermudah pencarian referensi. Hanya dengan memasukkan kata kunci tertentu dalam kotak pencarian, peserta didik bisa mendapatkan informasi yang terkait atau relevan dengan cepat," kata Ervita, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lanjutnya, internet juga merupakan penyedia sumber informasi yang relatif murah. Sebab, saat ini sudah banyak ragam paket internet yang tersedia. Tentu saja harga dan benefit yang diberikan berbeda-beda. Adanya persaingan membuat harganya menjadi relatif lebih murah.

Internet di tangan pelajar juga bisa menjadi penyedia sumber pelajaran tambahan bagi peserta didik. Bagi yang ingin mencari tahu tentang topik-topik yang menarik, internet adalah tempat paling tepat. 

Jadi tidak perlu menunggu topik diajarkan oleh guru atau dosen, karena bisa langsung mencari tahu lebih dalam di internet dengan cepat. Yang pasti, internet juga bisa digunakan untuk mencari informasi beasiswa bagi peserta didik, hingga mendorong untuk penguasaan bahasa asing. 

“Internet juga bisa menjadi sarana pendidikan jarak jauh, seperti di masa pandemi saat ini. Peserta didik tak perlu datang ke sekolah, lantaran dengan memakai internet pembelajaran jarak jauh bisa dilaksanakan,” tukasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (25/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Moh Amik Aminuddin (Ketua Umum Bahakti Rokho Jatim Sejahtera), Darwin Tenironama (Managing Director IMS Hospitality Management Consulting), Rahmat Ika Pakih (Paktisi Wirausaha), dan dr. Adinda Adia Putri (Medical Doctor) sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…