Penggunaan Instagram Sebagai Media Aktualisasi Diri

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 07 Desember 2021 - 14:15 WIB

Instagram (ist)
Instagram (ist)

INDUSTRY.co.id - Aktualisasi diri merupakan kecenderungan mendasar seseorang untuk mewujudkan, meningkatkan atau mengaktualisasi dirinya sendiri. Saat ini media sosial termasuk Instagram menjadi platform yang digunakan untuk sarana aktualisasi diri, membagikan unggahan dan mencari informasi.

“Bukan hanya edukasi pendidikan, ada juga mengenai fashion, makeup, musik dan lain sebagainya. Oleh karena itu aktualisasi diri sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri,” kata Zulfi Aulia, seorang Influencer yang menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Untuk bisa mengaktualisasi diri lewat Instagram seseorang harus melatih rasa percaya dirinya, apalagi media sosial lingkupnya pun luas dan tak terbatas ruang dan waktu. Rasa percaya diri tersebut didapat dengan membiasakan diri berinteraksi dengan pengguna lainnya saat berbagi unggahan.

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa hal bisa didapatkan seseorang ketika mengaktualisasikan dirinya di Instagram. Seperti memiliki identitas yakni personal branding, lewat jejak digital positif. Selanjutnya dengan aktualisasi diri, seseorang juga bisa mendapatkan jejaring pertemanan baru karena ketertarikan yang satu frekuensi. Lewat aktualisasi di media sosial, seseorang juga bisa menambah relasi serta membangun reputasi baik.

“Lewat sosial media seseorang bisa diketahui reputasinya lewat unggahan, meskipun tidak 100 persen benar tapi orang lain bisa menilik profilnya,” tukasnya.

Dengan mengetahui hal tersebut, tentu setiap orang yang aktif di media sosial akan berhati-hati dalam mengunggah sesuatu. Sebab ada jejak digital dan apapun yang diunggah bisa mencerminkan pribadi orang yang bersangkutan.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Keke Michelle, Tenaga Ahli DPR RI, Naghfir, Praktisi Hukum dan Dosen UIN Malang, Salyawqi Fulthaqi, seorang Content Creator, Riskia Putri, Dosen FEBI IDIA Al Amien Perenduan Sumenep. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…