Penggunaan Instagram Sebagai Media Aktualisasi Diri

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 07 Desember 2021 - 14:15 WIB

Instagram (ist)
Instagram (ist)

INDUSTRY.co.id - Aktualisasi diri merupakan kecenderungan mendasar seseorang untuk mewujudkan, meningkatkan atau mengaktualisasi dirinya sendiri. Saat ini media sosial termasuk Instagram menjadi platform yang digunakan untuk sarana aktualisasi diri, membagikan unggahan dan mencari informasi.

“Bukan hanya edukasi pendidikan, ada juga mengenai fashion, makeup, musik dan lain sebagainya. Oleh karena itu aktualisasi diri sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri,” kata Zulfi Aulia, seorang Influencer yang menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Untuk bisa mengaktualisasi diri lewat Instagram seseorang harus melatih rasa percaya dirinya, apalagi media sosial lingkupnya pun luas dan tak terbatas ruang dan waktu. Rasa percaya diri tersebut didapat dengan membiasakan diri berinteraksi dengan pengguna lainnya saat berbagi unggahan.

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa hal bisa didapatkan seseorang ketika mengaktualisasikan dirinya di Instagram. Seperti memiliki identitas yakni personal branding, lewat jejak digital positif. Selanjutnya dengan aktualisasi diri, seseorang juga bisa mendapatkan jejaring pertemanan baru karena ketertarikan yang satu frekuensi. Lewat aktualisasi di media sosial, seseorang juga bisa menambah relasi serta membangun reputasi baik.

“Lewat sosial media seseorang bisa diketahui reputasinya lewat unggahan, meskipun tidak 100 persen benar tapi orang lain bisa menilik profilnya,” tukasnya.

Dengan mengetahui hal tersebut, tentu setiap orang yang aktif di media sosial akan berhati-hati dalam mengunggah sesuatu. Sebab ada jejak digital dan apapun yang diunggah bisa mencerminkan pribadi orang yang bersangkutan.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Keke Michelle, Tenaga Ahli DPR RI, Naghfir, Praktisi Hukum dan Dosen UIN Malang, Salyawqi Fulthaqi, seorang Content Creator, Riskia Putri, Dosen FEBI IDIA Al Amien Perenduan Sumenep. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…