Studi Ungkap Minum Kopi Dapat Mencegah Alzheimer

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Desember 2021 - 11:45 WIB

Ilustrasi Kopi
Ilustrasi Kopi

INDUSTRY.co.id - Bagi kamu pecinta kopi, ada kabar baik nih! Karena, sebuah penelitan terbaru telah menemukan bahwa minum kopi dua gelas dapat mencegah penyakit Alzheimer. Studi ini dipublikasikan di 'Frontiers in Aging Neuroscience Journal'.

Dilansir dari laman Times of India, sebagai bagian dari Australian Imaging, Biomarkers and Lifestyle Study of Aging, para peneliti dari Edith Cowan University (ECU) menyelidiki apakah asupan kopi mempengaruhi tingkat penurunan kognitif lebih dari 200 orang Australia selama satu dekade.

Peneliti utama Dr Samantha Gardener mengatakan bahwa hasilnya menunjukkan hubungan antara kopi dan beberapa penanda penting yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

"Kami menemukan peserta tanpa gangguan memori dan dengan konsumsi kopi yang lebih tinggi pada awal penelitian memiliki risiko lebih rendah untuk beralih ke gangguan kognitif ringan yang sering mendahului penyakit Alzheimer atau mengembangkan penyakit Alzheimer selama penelitian," katanya. 

Minum lebih banyak kopi memberikan hasil positif dalam kaitannya dengan domain fungsi kognitif tertentu, khususnya fungsi eksekutif yang mencakup perencanaan, pengendalian diri, dan perhatian.

Asupan kopi yang lebih tinggi juga tampaknya terkait dengan memperlambat akumulasi protein amiloid di otak, faktor kunci dalam perkembangan penyakit Alzheimer. 

Dr Gardener mengatakan bahwa meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian ini menggembirakan karena mengindikasikan minum kopi bisa menjadi cara mudah untuk membantu menunda timbulnya penyakit Alzheimer. 

"Ini adalah hal sederhana yang dapat diubah orang," jelasnya.

Selain itu, juga sangat berguna bagi orang-orang yang berisiko mengalami penurunan kognitif tetapi belum merasakan gejala apa pun.

"Kami mungkin dapat mengembangkan beberapa pedoman yang jelas yang dapat diikuti orang di usia paruh baya dan mudah-mudahan itu kemudian dapat memiliki efek yang langgeng," katanya. 

"Jika rata-rata secangkir kopi yang dibuat di rumah adalah 240g, meningkat menjadi dua cangkir sehari berpotensi menurunkan penurunan kognitif sebesar delapan persen setelah 18 bulan," tambah Dr Gardener.

Pada penyakit Alzheimer, zat amiloid bersama-sama membentuk plak yang beracun bagi otak. Studi ini tidak dapat membedakan antara kopi berkafein dan tanpa kafein, dari manfaat atau konsekuensi dan bagaimana itu disiapkan.

"Kita perlu mengevaluasi apakah asupan kopi suatu hari nanti dapat direkomendasikan sebagai faktor gaya hidup yang bertujuan untuk menunda timbulnya penyakit Alzheimer," jelasnya.

Para peneliti belum menentukan dengan tepat kopi mana yang berada di balik efeknya yang tampaknya positif pada kesehatan otak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Beri Bantuan Sembako

Senin, 24 Januari 2022 - 04:30 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Beri Bantuan Sembako, Pakaian Layak Pakai dan Tas Sekolah

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS tak henti-hentinya menunjukkan wujud kepedulian terhadap warga binaan yang ada diwilayah penugasan masing-masing dengan memberikan bantuan, salah satunya…

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Senin, 24 Januari 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu proses pemakaman salah satu warga meninggal dunia karena sakit di Kampung Sach, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…