#AyoBikinNyata, Gerakan Sosial dari Telkom Indonesia untuk Para Pahlawan Muda Bangsa

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Desember 2021 - 17:34 WIB

#AyoBikinNyata, Gerakan Sosial dari Telkom Indonesia untuk Para Pahlawan Muda Bangsa
#AyoBikinNyata, Gerakan Sosial dari Telkom Indonesia untuk Para Pahlawan Muda Bangsa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada Selasa, 30 November 2021 lalu, Telkom Indonesia dengan diwakili oleh Senior General Manager Community Development Centre (CDC) Telkom Indonesia Hery Susanto berkesempatan untuk menjadi pihak pembicara dalam webinar bertajuk Pahlawanku, Inspirasiku: Masihkah Relevan? untuk menutup November sebagai bulan pahlawan.

Webinar ini secara khusus digelar oleh GeTI Incubator, lembaga pelatihan kerja di bawah naungan eksosistem ekspor Indonesia, ExportHub.id.

Adapun penyelenggaraan diskusi ini berangkat dari gagasan mengenai relevansi eksistensi pahlawan negara di kalangan generasi muda hari ini. Hal tersebut mengingat bahwa pemuda-pemudi pada masa kini cenderung memiliki jarak terhadap tokoh-tokoh perjuangan nasional masa lalu.

Para pelaku angkatan usia produktif ini pun terbilang lebih intim dengan digitalisasi yang modern dan dinamis sehingga nilai-nilai kepahlawanan di dalam diri mereka perlu digali lebih dalam menggunakan titik keterkaitan peran mereka di masyarakat hari ini.

Pada diskusi yang dipenuhi dengan antusiasme dari para peserta yang mencapai ratusan ini, Hery sebagai perwakilan dari Telkom Indonesia yang dari 25 ribu karyawannya terdapat sekitar 70% anak muda menyampaikan bahwa generasi muda dapat mengaktualisasi diri mereka melalui kegiatan positif sebagai wujud dari semangat kepahlawanan modern. Hal tersebut dapat dituangkan, salah satunya, melalui gerakan #AyoBikinNyata yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia.

“#AyoBikinNyata adalah program berbasis partisipasi masyarakat untuk membuat perubahan nyata di lingkungan sosial yang berkelanjutan dalam bentuk kompetisi inovasi sosial. Melalui gerakan ini, diharapkan generasi muda yang memiliki rasa sosial tinggi, kompetitif, kreatif, dan aktif dapat terbentuk sehingga mampu menjadi bagian dari perubahan nyata untuk Indonesia,” jelas Hery Susanto yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (2/12/2021).

Gerakan #AyoBikinNyata ini bertumpu pada sustainable development goals yang diusung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa serta mengacu pada Perpres No. 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Melalui program ini, generasi muda dapat berpartisipasi dalam mendukung pendidikan yang berkualitas, pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak, pembangunan infrastruktur, inovasi, dan industri yang tangguh, juga aksi terhadap perubahan iklim.

CDC Telkom Indonesia, unit yang berfokus pada pengelolaan pelaksanaan program bina lingkungan atau umum disebut tanggung jawab sosial perusahaan, selaku inisiator gerakan ini secara khusus ingin menghimpun karyawan Telkom Indonesia yang berusia muda untuk menjadi penggerak kepedulian sosial. Pada akhirnya, barisan anak muda ini kemudian diarahkan untuk dapat berkontribusi dalam menyejahterakan masyarakat.

“Di kalangan internal Telkom Indonesia, terdapat benchmark dalam pengelolaan SDM bahwa volunteering harus dilakukan sebab kepekaan leadership terletak pada employee social project. Untuk itu, berdasarkan diskusi CSR, kami menyinergikan kemampuan perusahaan dengan aspek sosial karyawan milenial,” tutur Hery Susanto.

Diskusi hangat ini pun diakhiri dengan kesimpulan bahwa relevansi pahlawan bagi generasi muda pada era digital dapat ditemukan dalam beragam medium. Adapun mereka sebagai agen perubahan di masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya dengan turut bergabung dalam gerakan inklusif dengan misi nyata untuk perubahan sosial, seperti #AyoBikinNyata yang saat ini pun masih berjalan secara berkelanjutan untuk membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dengan keikutsertaan pemuda-pemudi dalam gerakan #AyoBikinNyata ini, semangat kepahlawanan modern generasi muda pun dapat tertuang secara riil di tengah masyarakat. Nantinya, kegiatan kesukarelawanan sosial ini pun dapat membentuk nilai kepemimpinan generasi muda sebagai tonggak perubahan.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…