Didukung Kementan, Tahun 2022 Provinsi NTT Targetkan Produksi Jagung 1,2 Juta Ton

Oleh : Wiyanto | Kamis, 02 Desember 2021 - 16:51 WIB

Tanaman jagung
Tanaman jagung

INDUSTRY.co.id-Belu-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mematok angka produksi jagung di tahun 2022 sebesar 1,2 juta ton. Target tersebut menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Lecky Frederich Koli sangat memungkinkan. Pasalnya, selain potensi alam NTT dengan lahan pertaniannya yang luas, Peran dan dukungan Kementerian Pertanian menurutnya sangat kuat.

Lecky menyampaikan bahwa produksi jagung NTT setiap tahun bekisar di angka 750 ribu ton dari lahan 300 hektar.

"Ada sekitar 1,5 juta hektar lahan potensial untuk pengembangan jagung. Potensi inilah yang sedang kita galakkan," katanya saat meninjau lahan pengembangan jagung di Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu, Rabu, 1 Desember 2021.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan terus mengingatkan kepada pemangku kepentingan pertanian untuk terus meningkatkan produksi melalui penggunaan Alsintan serta teknologi pertanian modern.

Menurut Mentan, penggunaan Alsintan dan teknologi tersebut bukan hanya meningkatkan produksi tapi juga waktu dan tenaga yang dibutuhkankan akan lebih efisien.

Penuturan Lecky, untuk mengolah dan membuka lahan baru pengembangan jagung tersebut, pihkanya didukung penuh oleh Kementerian Pertanian.

"Dukungan alat berat dan Alsintan dari Kementan untuk membuka dan mengolah lahan sangat membantu sekali. Di sektor hulu, ada bantuan traktor roda empat, roda dua, alat tanam, termasuk alat panen juga," ujarnya.

Bantuan alat tersebut menurut Lecky memangkas durasi waktu produksi menjadi lebih efisien. Mulai dari persiapan hingga panen membutuhkan waktu 4-5 bulan. Ke depan harapannya bisa meningkatkan indeks pertanaman menadi IP 200.

Lebih lanjut, Lecky menjelaskan, saat ini di NTT sedang digalakkan program tanam jagung panen sapi. Sebuah program integrasi antara komoditas tanaman pangan dengan peternakan. Skema ini menurutnya disiapkan untuk menciptakan ketahanan pangan sekaligus ketahanan ekonomi sehingga masalah kemiskinan dapat ditekan dan peningkatan pendapatan dapat diwujudkan.

"Kami tengah berupaya mesosialisasikan program tersebut untuk menciptakan ekosistem hulu sampai dengan hilir. Harapannya, tercipta integrasi produksi yang dinaungi oleh para petani dan off-taker. Produksi dilaksanakan oleh para petani dan sarana produksinya sampai ke pemasaran difasilitasi oleh off-taker dibantu pihak perbankan," katanya.

Dalam pelaksanaannya telah terinisiasi sebanyak 60 ribu hektar melalui pembiayaan yang berasal dari Kredit Usaha Rakyat, yang dapat menghasilkan 300 ribu sampai dengan 400 ribu ton, dari produktivitas per-hektar minimal sebanyak 7 ton. Sehingga nilai yang akan diraih pada kisaran 500 miliar dari KUR, akan dapat meningkatkan produksi sebanyak 30 sampai 35 persen.

"Dengan nilai kapasitas produksi saat ini sebanyak 750 ribu ton, jika ada penambahan 400 ribu ton, diharapkan pada tahun 2022 NTT memiliki 1,2 juta ton jagung," imbuhnya.

Direncanakan, tahun depan Industri pakan ternak menurut Lecky akan dibangun di NTT sehingga nantinya dapat menyerap 10 ribu sampai dengan 15 ribu ton produksi jagung.

"Jaminan pasar sudah tersedia. Petani jangan khawatir," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.