Serunya Menjelajah Kebun Kopi Naik Jeep di Kampoeng Kopi Banaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 12:30 WIB

Jelajah Kebun Kopi di Perkebunan Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang (Dok: Himpunan Anak Media (HAM))
Jelajah Kebun Kopi di Perkebunan Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang (Dok: Himpunan Anak Media (HAM))

INDUSTRY.co.id - Tidak kalah dengan di daerah lainnya, Kabupaten Semarang pun memiliki potensi wisata yang indah dan menakjubkan. Ya, salah satunya yaitu Kampoeng Kopi Banaran. 

Terletak di Kabupaten Semarang, destinasi wisata ini memang sangat menarik. Sebab, memiliki kawasan wisata agro seluas 39,11 hektar yang ditumbuhi dengan tanaman kopi jenis robusta. 

Kali ini, Industry.co.id bersama dengan Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta berkesempatan untuk menjajal keliling kebun kopi. Tapi tidak berjalanan kaki namun, naik jeep wisata yang sudah disediakan oleh Kampoeng Kopi Banaran. 

Pada ketinggian 480-600 meter di atas permukaan laut, menjadikan tempat ini berbukit-bukit yang memiliki jalur terjal. Jalur inilah yang coba dinikmati para peserta yang ikut dalam perayaan Himpunan Anak Media Jakarta pada Selasa (23/11/2021).

Ada dua pilihan kendaraan, yaitu menaiki kereta wisata dan jeep wisata. Kami pun memilih kereta wisata, karena berpikir akan menelusuri jalan aspal yang landai tanpa berbatuan.  Penyusuran jalur di tengah perkebunan kopi pun dimulai. 

Jalan aspal sempit mengular di sela tanaman kopi perlahan diterobos. Namun sayangnya ketika itu panen kopi sudah selesai, jadi tidak terlihat buah kopi yang merah ranum. Hanya pepohonan lindung lamtoro yang rimbun membuat suasana semakin sejuk karena sehabis hujan kala itu.

Namun, beberapa menit setelah perjalanan dimulai. Kami semua pun menghadapi jalanan batu yang licin karena ketika itu hujan baru saja turun. Beberapa jeep agak kesulitan mendaki tanjakan. Termasuk, kereta wisata pilihan kami. 
 
Sempat panik tidak bisa melewati jalanan menanjak dan licin, tapi semua bisa teratasi berkat kerjasama antar jeep dengan cara saling tarik. Kesempatan itu bisa dimanfaatkan penumpang untuk mengambil foto dengan berbagai latar belakang. Dari beberapa sudut tertentu pengunjung bisa melihat Rawa Pening yang begitu indah di kejauhan. 

Selama kurang lebih satu jam kami menikmati perjalanan tersebut. Sekalipun harus terguncang di jalan yang licin, kami tetap bisa menikmati perjalanan, karena semua pengemudi kendaraan lapangan tersebut sudah berpengalaman. 

Sembari membawa kendaraan mereka menjelaskan bagaimana proses kopi dipetik, lalu dikumpulkan di shelter yang tersedia. Bahkan bila tengah musim kopi berbunga, akan tercium semerbak harum bunga kopi.

Jalur sepanjang 5 kilometer ini biasanya selesai ditempuh sekitar 40 menit. Ini ada paketnya dengan biaya Rp250 ribu per mobil sebanyak 4 orang penumpang bisa menyusuri jalur di perkebunan kopi yang sejuk itu. 

Bila merasa kurang puas bisa mengambil paket 1 jam dengan biaya Rp500 ribu untuk 4 sampai 5 penumpang dalam satu kendaraan. Paket wisata ini cocok banget buat kamu yang suka tantangan dan mengacu adrenalin.

Bagi wisatawan dari luar kota, untuk menuju ke lokasi Kampoeng Kopi Banaran cukup mudah. Lokasi berada di pinggir jalur utama jalan raya Semarang-Solo. Bila datang dari Semarang, maka saat sampai di Bawen Kabupaten Semarang, lokasi perkebunan kopi itu ada di sebelah kanan. 

Keliling kebun kopi dengan model offroad ini merupakan salah satu fasilitas yang disiapkan oleh pengelola tempat wisata tersebut. Adalah PT Dyandra Banaran Nusantara (DBN) yang merupakan group Dyandra&Co di bawah naungan Kompas Gramedia dipercaya oleh PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX)  untuk mengelola Kampoeng Kopi Banaran milik PTPN IX.  

Selain itu, Kampoeng Kopi Banaran juga menyediakan wahana lainnya seperti flying fox, lokasi outbond, dan vila. Selain itu tersedia juga Banaran Coffee Camp sebagai salah satu penginapan bertema camping di tengah perkebunan kopi dengan panorama pegunungan dan Rawa Pening.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”