Wisata Kuliner Bagi Pecinta Daging, Wajib Coba 4 Makanan Khas Kabupaten Semarang

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 28 November 2021 - 13:15 WIB

Gecok, Olahan Daging Kambing Khas Kabupaten Semarang (Foto: jejakpiknik.com)
Gecok, Olahan Daging Kambing Khas Kabupaten Semarang (Foto: jejakpiknik.com)

INDUSTRY.co.id - Menjadi salah satu kota tujuan wisata populer, Kabupaten Semarang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik serta dikenal dengan bangunan-bangunan yang ikoniknya. 

Tidak hanya memiliki destinasi wisata yang indah, Kabupaten Semarang juga punya beragam kuliner yang enak dan nikmat, lho! Nah, jika kamu ke Kabupaten Semarang coba deh beberapa kulinernya. Kamu juga bisa menjadikan buah tangan untuk sanak keluarga dan kerabat di rumah. 

Ditemui Industry.co.id Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih mengungkapkan jika Kabupaten Semarang pun juga memiliki potensi kuliner yang tidak kalah dengan daerah lainnya. 

"Kalau potensi kulinernya sangat luar biasa artinya banyak ragam makanan di Kabupaten Semarang yang mungkin memang tidak temui di daerah lain," katanya saat menghadiri perayaan hari jadi Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Selasa (23/11/2021).

Ia pun memberikan beberapa kuliner khas Kabupaten Semarang yang wajib wisatawan coba jika ke daerahnya. "Ada Gecok. Ini adalah olahan daging kambing tapi rempahnya luar biasa sehingga, orang yang makan itu berkeringat gitu saking pedas karena banyak mericanya. Tapi bukan peda cabai, karena merica," bebernya. 

Tentu saja bagi pecinta daging kambing, gecok ini wajib dicoba jika berkunjung ke Kabupaten Semarang. Katanya, gecok juga disebut juga sebagai jamu karena kuatnya rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu utamanya.

"Selanjutnya ada sate kampleng yang paling populer, terus ada serabi ngampin yang cuma ada di Kabupaten Semarang. Lalu, jika di Kota Semarang yang terkenal adalah lumpianya, di Kabupaten Semarang yang paling terkenal ada tahu bakso, ini asli UMKM di sini. Tahu bakso yang paling terkenal Ibu Pudji," jelasnya.

Sama seperti gecok, sate kampleng juga menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Namun, sate ini menggunakan daging sapi. Nah, salah satu kedai sate kampleng yang terkenal yaitu Kedai Sate Sapi Pak Kempleng yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Konon, sebutan "kempleng" itu berasal dari si penjualng yang mempunyai kebiasaan memiringkan kepala saat menyajikan sate. 

Berjualan sejak 1960 di sekitar Alun-Alun Ungaran, ternyata dulu, ia pernah berjualan sate sapi ini dengan cara dipikul. Namun, saat ini pemilik pun sudah berganti. Tapi, citarasanya pun masih sama seperti dulu. Resepnya pun sudah secara turun-temurun kepada generasi saat ini sehingga, rasanya pun masih tetap sama.

Selain itu, yang tidak kalah menarik yaitu ada serabi ngampin. Ya, kue tradisional ini terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak di atas tunggu menggunakan wajan yang mungil terbuat dari tanah liat. 

Memiliki citarasa yang manis dan gurih, menjadikan serabi ngampin ini banyak diburu oleh pecinta kuliner jika berkunjung ke Kabupaten Semarang. Serabi ini menawarkan dua varian warna, yaitu warna cokelat dari Gula Jawa dan warna hijau dari daun suji.

Selanjutnya, tahu bakso Ibu Pudji. Salah satu UMKM di Kabupaten Semarang. Sejak 1996, tahu bakso ini sudah dirintis dan hingga saat ini tahu bakso Ibu Pudji pun masih eksis. Bahkan, tahu bakso milik beliau dijadikan sebagai buah tangan khas Kabupaten Semarang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Senin, 24 Januari 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu proses pemakaman salah satu warga meninggal dunia karena sakit di Kampung Sach, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:00 WIB

Ketum IMI Ingatkan Semangat Brotherhood Harus Rekatkan Ikatan Kebangsaan, HUT Ke-3 MBI DKI Jakarta

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengingatkan bagi sebuah organisasi, peringatan hari ulang tahun adalah momen penting, baik sebagai sarana refleksi…