Wisata Kuliner Bagi Pecinta Daging, Wajib Coba 4 Makanan Khas Kabupaten Semarang

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 28 November 2021 - 13:15 WIB

Gecok, Olahan Daging Kambing Khas Kabupaten Semarang (Foto: jejakpiknik.com)
Gecok, Olahan Daging Kambing Khas Kabupaten Semarang (Foto: jejakpiknik.com)

INDUSTRY.co.id - Menjadi salah satu kota tujuan wisata populer, Kabupaten Semarang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik serta dikenal dengan bangunan-bangunan yang ikoniknya. 

Tidak hanya memiliki destinasi wisata yang indah, Kabupaten Semarang juga punya beragam kuliner yang enak dan nikmat, lho! Nah, jika kamu ke Kabupaten Semarang coba deh beberapa kulinernya. Kamu juga bisa menjadikan buah tangan untuk sanak keluarga dan kerabat di rumah. 

Ditemui Industry.co.id Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih mengungkapkan jika Kabupaten Semarang pun juga memiliki potensi kuliner yang tidak kalah dengan daerah lainnya. 

"Kalau potensi kulinernya sangat luar biasa artinya banyak ragam makanan di Kabupaten Semarang yang mungkin memang tidak temui di daerah lain," katanya saat menghadiri perayaan hari jadi Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Selasa (23/11/2021).

Ia pun memberikan beberapa kuliner khas Kabupaten Semarang yang wajib wisatawan coba jika ke daerahnya. "Ada Gecok. Ini adalah olahan daging kambing tapi rempahnya luar biasa sehingga, orang yang makan itu berkeringat gitu saking pedas karena banyak mericanya. Tapi bukan peda cabai, karena merica," bebernya. 

Tentu saja bagi pecinta daging kambing, gecok ini wajib dicoba jika berkunjung ke Kabupaten Semarang. Katanya, gecok juga disebut juga sebagai jamu karena kuatnya rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu utamanya.

"Selanjutnya ada sate kampleng yang paling populer, terus ada serabi ngampin yang cuma ada di Kabupaten Semarang. Lalu, jika di Kota Semarang yang terkenal adalah lumpianya, di Kabupaten Semarang yang paling terkenal ada tahu bakso, ini asli UMKM di sini. Tahu bakso yang paling terkenal Ibu Pudji," jelasnya.

Sama seperti gecok, sate kampleng juga menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Namun, sate ini menggunakan daging sapi. Nah, salah satu kedai sate kampleng yang terkenal yaitu Kedai Sate Sapi Pak Kempleng yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Konon, sebutan "kempleng" itu berasal dari si penjualng yang mempunyai kebiasaan memiringkan kepala saat menyajikan sate. 

Berjualan sejak 1960 di sekitar Alun-Alun Ungaran, ternyata dulu, ia pernah berjualan sate sapi ini dengan cara dipikul. Namun, saat ini pemilik pun sudah berganti. Tapi, citarasanya pun masih sama seperti dulu. Resepnya pun sudah secara turun-temurun kepada generasi saat ini sehingga, rasanya pun masih tetap sama.

Selain itu, yang tidak kalah menarik yaitu ada serabi ngampin. Ya, kue tradisional ini terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak di atas tunggu menggunakan wajan yang mungil terbuat dari tanah liat. 

Memiliki citarasa yang manis dan gurih, menjadikan serabi ngampin ini banyak diburu oleh pecinta kuliner jika berkunjung ke Kabupaten Semarang. Serabi ini menawarkan dua varian warna, yaitu warna cokelat dari Gula Jawa dan warna hijau dari daun suji.

Selanjutnya, tahu bakso Ibu Pudji. Salah satu UMKM di Kabupaten Semarang. Sejak 1996, tahu bakso ini sudah dirintis dan hingga saat ini tahu bakso Ibu Pudji pun masih eksis. Bahkan, tahu bakso milik beliau dijadikan sebagai buah tangan khas Kabupaten Semarang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…