Prajurit Jajaran TNI AL Siap Siaga Amankan Perairan Natuna Utara

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 27 November 2021 - 05:30 WIB

 Prajurit Jajaran TNI AL Siap Siaga Amankan Perairan Natuna Utara
Prajurit Jajaran TNI AL Siap Siaga Amankan Perairan Natuna Utara

INDUSTRY.co.id - Natuna- Jajaran TNI Angkatan Laut selalu siaga mengamankan kedaulatan perairan Indonesia termasuk kedaulatan di laut wilayah Natuna Utara. Dalam rangka kesiapan pengamanan dan penegakkan kedaulatan di Laut, Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I menggelar latihan peperangan laut dalam operasi Siaga tempur laut yang diberi sandi “Siaga Segara 21” di Laut Natuna Utara baru baru ini.

Latihan ini rutin digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan alutsista dan personel dalam usaha meningkatkan naluri tempur prajurit. Latihan perang laut ini diharapkan mampu  memberikan dampak penangkalan (detterent effect) bagi pihak-pihak yang mengganggu kedaulatan laut Indonesia terutama wilayah Barat. Dalam latihan ini  melibatkan unsur-unsur KRI Malahayati-362, KRI Wiratno-379, KRI Multatuli-561 dan Pesud CN 235 P-8305. Demikiann informasi dihimpun dari Dispenal.

Menurut Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I, Laksamana Pertama TNI H. Krisno Utomo sesuai intruksi pemimpin agar jangan sampai ada pihak-pihak kapal asing melakukan pelanggaran kedaulatan di wilayah perairan Laut Natuna Utara

“Instruksi bagi kami dari pemimpin dan Komando Atas sudah jelas, agar tidak membiarkan adanya kapal negara asing yang dapat menjadikan Laut Natuna Utara ini sebagai area konflik bagi kepentingan mereka,” tegas Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada I, Laksamana Pertama TNI H. Krisno Utomo disela-sela kegiatan mendampingi Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah pada Kunjungan Kerja Menkopolhukam serta Mendagri dalam rangka Koordinasi Keamanan Perbatasan di Natuna belum lama ini.

Menurut Alumni AAL 1994 ini, wilayah laut Natuna Utara rawan terjadinya pelanggaran kedaulatan mengingat wilayah ini terhubung langsung dengan Laut China Selatan yang kerap terjadinya  adanya konflik perselisihan atas kepemilikan oleh berbagai negara dan menjadi topik perdebatan dunia internasional.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 126 KC Bantu Mengobati Masyarakat yang Sakit Malaria

Sabtu, 22 Januari 2022 - 04:12 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Mengobati Masyarakat yang Sakit Malaria di Perbatasan RI-PNG

Atas perhatian Dansatgas kepada seluruh personel Satgas Yonif 126/KC jangan tanggung-tanggung membantu masyarakat dalam kesulitanya.

Ketua Umum Kornas-Jokowi Milenial, Riyon

Jumat, 21 Januari 2022 - 20:23 WIB

Kornas-Jokowi Milenial Tantang Wakil Wali Kota Tangsel Laporkan Pihak Sekolah Yang Lakukan Pungli

Inspektorat Kota Tangerang Selatan banyak menerima laporan masyarakat bahwa telah terjadi pungutan liar dibeberapa sekolah di Tangerang Selatan.

Menperin Agus

Jumat, 21 Januari 2022 - 20:12 WIB

Menperin Agus: Peran Jajaran Kemenperin Sangat Dibutuhkan dalam Mencapai Target Sektor Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasmita melantik total sejumlah 17 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama┬ádi lingkungan Kementerian Perindustrian(Kemenperin),…

Ilustrasi industri baja

Jumat, 21 Januari 2022 - 19:45 WIB

Berkat Substitusi Impor, Kinerja Industri Logam dan Baja Makin Mengkilap Tahun 2021

Kinerja sektor industri logam dan baja mengalami pertumbuhan positif selama tahun 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada kuartal III tahun 2021, sektor industri logam dengan HS 72-73…

Presidensi G20

Jumat, 21 Januari 2022 - 18:35 WIB

Bapak Ibu Tolong di Catat! Ini Tujuh Fakta Penting Presidensi G20 Indonesia

Untuk pertama kalinya di tahun 2022 Indonesia memegang Presidensi G20. Mandat ini dilaksanakan sejak 1 Desember 2021 sampai dengan 30 November 2022 mendatang. Diperkirakan ada sekitar 150 rangkaian…