Dukung Industri Kreatif, Jababeka Berikan Bantuan Peralatan Sablon ke Pelaku UMKM

Oleh : Ridwan | Minggu, 21 November 2021 - 09:15 WIB

Program Jabat Jababeka
Program Jabat Jababeka

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk bagi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tak Terkecuali pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi. 

Ya, tak sedikit para pelaku UMKM yang perlu mendapatkan bantuan oleh semua pihak agar bisa bertahan atau berkembang di masa pandemi, dan salah satu pelaku UMKM yang perlu didukung ialah pelaku UMKM berbasis Ekonomi Kreatif di Cikarang Timur.

Melihat kondisi itu, PT Jababeka Tbk (Jababeka), tergerak untuk membantu. Dalam tajuk Jabat Ekonomi: Streng Industri Vendor Sablon Manual, Jababeka memberikan bantuan peralatan sablon, terdiri dari tinta plastisol, lampu led, screen sablon, rakel sablon, obat afdruk, mesin curing, kepada Rusdi Junaedi (26), di Kp. Cambay Desa Jatibaru, Kecamatan Cikarang Timur, Kamis (04/11) lalu. 

Pemilihan jenis bantuan tersebut karena mempertimbangkan kekuatan industri di daerah Kp Cambay-Desa Jatibaru yang sudah terkenal akan ekraf sablon manual. Dan sosok Rusdi ialah yang dianggap perlu mendapatkan bantuan usai melakukan survei lapangan.

Atas bantuan tersebut, Rusdi pun mengaku amat bersyukur sekaligus berterima kasih kepada Jababeka. Sebab ia yakin bantuan peralatan sablon tersebut akan membuat usaha sablonnya lebih mudah berkembang. Di mana bisa meningkatkan volume jumlah sablon dan meningkatkan efisiensi waktu saat mengerjakan pesanan.

"Untuk orderan, selain menerima order dari wilayah sekitar saya juga memasarkan kaos sablon melalui marketplace. Pesanan paling jauh yang saya terima sampai saat ini ini ke Surabaya," terangnya di hadapan para tamu yang dihadiri oleh Ropi, ST, selaku Camat Cikarang Timur, Ketua PKK Kecamatan Cikarang Timur, Kepala Desa Jatibaru dan Ketua PKK Desa Jatibaru beserta aparatur Desa Jatibaru lainnya.

Sementara itu, Ropi, ST, dalam sambutannya amat menyambut baik program Corporate Social Responsibility yang menyasar ke pelaku UMKM ini.

“Saya berharap apa yang dilakukan Jababeka dapat menginspirasi perusahaan lain yang berdomisili di Kecamatan Cikarang Timur untuk turut membantu para pelaku UMKM di sini. Sehingga dapat berkembang dan menciptakan peluang kerja baru,” terang Ropi.

Hal yang sama pun rupanya diharapkan oleh Tjahjadi Rahardja, Wakil Direktur PT. Jababeka, Tbk. Ia berharap bantuan ini bisa bermanfaat sehingga usaha sablon Rusdi bertahan sekaligus sekaligus meningkatkan skala usahanya di masa pandemi.

"Kami sangat mendukung anak muda yang memiliki kemauan keras menjadi entrepreneur sukses, bantuan peralatan sablon ini  merupakan kontribusi yang dapat dilakukan perusahaan untuk membantu menggerakkan roda perekonomian, khususnya masyarakat di desa sekitar,” tutup Tjahjadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Foto Ilustrasi dari https://uici.ac.id/bmkg-rilis-potensi-cuaca-ekstrem

Selasa, 16 April 2024 - 07:16 WIB

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan akan diwarnai adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Selasa, 16 April 2024 - 06:51 WIB

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Bantul—Forum Muda Mudi Sawahan (FOMSA), Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul, D.I Yogyakarta menggelar acara syawalan Idul Fitri 1445 H pada Sabtu, 13 April 2024.