Alasan Mengapa Minyak Zaitun Lebih Sehat digunakan untuk Memasak

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 13 November 2021 - 12:00 WIB

Ilustrasi Memasak dengan Minyak Zaitun (hellosehat)
Ilustrasi Memasak dengan Minyak Zaitun (hellosehat)

INDUSTRY.co.id - Saat ini banyak sekali orang-orang yang memulai untuk hidup sehat dengan diet dan mengantur pola makan. Salah satu yang dihindari ketika menjalani hidup sehat adalah dengan tidak menggunakan minyak goreng dan menggantinya dengan minyak zaitun. 

Tapi, apakah minyak zaitun lebih menyehatkan daripada minyak goreng?

Akshay Modi, managing director Modi Naturals Ltd, menjelaskan bahwa minyak zaitun, bagian dari diet Mediterania, telah menjadi makanan pokok bagi beberapa penduduk sehat di dunia. 

"Antioksidan dan asam lemak dalam minyak zaitun menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang kuat, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, penglihatan yang lebih baik dan manfaat kulit anti-penuaan yang sangat besar," katanya seperti dilansir dari laman Indianexpress, Sabtu (13/11/2021).

Menurut Modi, minyak zaitun adalah pendamping yang sempurna untuk berbagai makanan. 

"Ini adalah minyak ringan dengan rasa dan rasa netral. Makanan India mencakup berbagai macam masakan. Minyak zaitun dapat digunakan untuk semua jenis masakan India. Ini lebih sehat dan lebih enak daripada minyak nabati lainnya, dan stabil pada suhu tinggi. Yang terbaik adalah karena diserap lebih sedikit oleh makanan, itu bagus untuk memasak makanan sehat," jelasnya.

Modi juga menjelaskan bahwa minyak zaitun extra virgin adalah minyak yang memiliki di bawah keasaman 0,3 persen. Minyak memiliki aroma ringan, sehingga cocok untuk salad dressing, penyedap atau bumbu untuk salad, pasta, nasi, sayuran, daging dan ikan. Bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dingin dan kaya akan antioksidan. 

"Minyak zaitun adalah minyak multiguna dan dapat digunakan untuk mengobati masalah rambut dan kulit, dan meremajakan kulit kering yang bersisik. Ini memiliki kandungan polifenol yang tinggi yang membantu dalam penyembuhan sel-sel internal, melindungi lapisan luar kulit dari kerusakan. Ketika digunakan pada rambut, minyak zaitun memelihara folikel dan meningkatkan aliran darah," bebernya.

"Lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik, hadir dalam minyak zaitun. Ini mengontrol kadar insulin dan menurunkan kolesterol jahat. Ini juga membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang dan pencernaan, karena memiliki vitamin E dan K dalam jumlah sederhana," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.