Jangan Sebar-Sebar Hoax! Begini Cara Pemanfaatan Internet di Masa Pandemi yang Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Oktober 2021 - 10:15 WIB

Ilustrasi Graphic Designer (Ist)
Ilustrasi Graphic Designer (Ist)

INDUSTRY.co.id - Semenjak pandemi setiap orang menjadi lebib aktif menggunakan internet, terutama untuk media sosial. Namun bukan untuk mengisi waktu luang saja, ada banyak keterampilan yang bisa dipelajari lewat internet misalnya public speaking, graphic design, video editing, coding, copy writing, fotografi, bahkan belajar memasak menu makanan baru.

“Tapi saya ingatkan teman-teman untuk mencari informasi tentang kesehatan sebaiknya di situs terpercaya agar menghindari hoax, seperti alodokter, hallodoc, dan sejenis karena yang menjawab dokter sesuai kompetensinya,” kata Ryan Samuel seorang Dokter Muda dan pehobi Photografi saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia mengatakan manfaat internet begitu banyak, apalagi di masa PPKM masyarakat lebih banyak di rumah sehingga memiliki waktu luang. Bahkan dia bisa membagi waktunya antara profesi sebagai dokter muda dengan hobi fotografi. 

Di masa pandemi Ryan juga mengikuti workshop photografi. Salah satunya fotografi work flow yaitu alur kerja fotografi digital yang merupakan sebuah sistem mulai dari teknik dari awal berupa pengambilan gambar hingga penyampaian gambar atau hasilnya ke khalayak sesuai dengan tujuannya

“Work flow merupakan serangkaian langkah-langkah dan dipakai para fotografer untuk menjadi standart paling simpel dari hobi atau pekerjaan ini,” jelasnya.

"Fotografi work flow dimulai dari alat, bisa berupa kamera profesional, kamera handphone, drone, lighting, dan tripod. Dua Kemudian ada teknik fotografi berupa komposisi gambar, pencahayaan dan pengambilan gambar. Selanjutnya ada aspek kreatifitas yaitu proses pengeditannya dan terakhir hasilnya dipublikasikan di media sosial seperti Instagram," tukas Ryan.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Maria Ivana, Desain Graphic JCO, Goretti Meiliani, Project & Planning Section Head Binus Group, Hikmat Gumelar, Direktur Institute Nalar Jatinangor, Ardie Halim, Kaprodi Management Informatika Universitas Buddhi Dharma.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…