OBG dan MedcoEnergi Bahas Transisi Indonesia Menuju Energi Terbarukan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:00 WIB

OBG dan MedcoEnergi Bahas Transisi Indonesia Menuju Energi Terbarukan
OBG dan MedcoEnergi Bahas Transisi Indonesia Menuju Energi Terbarukan

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Oxford Business Group (OBG) melalui kemitraan bersama dengan PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) meluncurkan ESG Intelligence Report terbaru berjudul “ESG and the Energy Transition” yang membahas berbagai kemajuan dan tantangan Indonesia dalam upaya untuk bertransisi menuju energi terbarukan yang sejalan dengan semangat pemerataan pembangunan.

Menurut laporan ini, Indonesia semakin berperan penting dalam pengembangan ekosistem ESG (Environmental, Social, dan Governance) baik secara regional maupun global. Beberapa perusahaan dalam negeri pun mulai meningkatkan kinerjanya agar mampu mengikuti standar internasional dalam hal penerapan aspek ESG.

Di Indonesia, penerapan aspek ESG semakin berkembang, diikuti dengan pembangunan sosial-ekonomi di berbagai wilayah non-Jakarta. Bebagai perusahaan di sektor publik dan swasta juga terus meningkatkan tata kelola guna mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) pada tahun 2030.

Selain itu, sektor swasta memiliki peluang lebih luas untuk mengurangi kesenjangan internet dan digital di berbagai wilayah Indonesia.

Sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI), MedcoEnergi merupakan salah satu dari sejumlah pelaku industri yang berperan aktif dalam memperkuat penerapan aspek ESG di wilayah sekitarnya. Perusahaan juga mengatasi berbagai tantangan dalam upayanya untuk bertransisi menuju pemanfaatan energi berkeadilan (equitable energy) serta menerapkan berbagai program sosial yang melibatkan masyarakat setempat.

MedcoEnergi telah menerapkan strategi ESG yang meliputi metodologi untuk mengukur laba sosial atas investasi (social return on investment/SROI) dan dampak terhadap Agenda SDG PBB; upaya untuk mengatasi tantangan dalam penerapan aspek ESG berstandar internasional di dalam negeri; dan berbagai inisiatif untuk meminimalisasi dampak perubahan iklim dan mempertahankan kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, MedcoEnergi juga telah menerapkan berbagai langkah untuk mendorong perkembangan ekonomi masyarakat setempat di wilayah operasional perusahaan, serta upaya lainnya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan jejak karbon.

Peran sektor migas juga menjadi semakin penting dalam mendorong transisi menuju bauran energi di Indonesia selama beberapa tahun mendatang, terutama dalam hal pembangunan sosial ekonomi dan pengelolaan energi yang bertanggung jawab.

Roberto Lorato, CEO MedcoEnergi mengatakan, “Transisi menuju energi terbarukan dan komitmen dalam merealisasikan Net Zero Emission atau emisi nol karbon merupakan perbincangan hangat antara pelaku usaha di seluruh dunia. Dan yang menjadi penting adalah komitmen penerapan aspek ESG yang berjangka panjang dan memiliki cakupan luas dari pihak pemerintah maupun pelaku usaha. Hal ini dapat memberikan panduan yang jelas bagi sektor swasta sehingga kami bisa menghadirkan solusi yang nyata dalam menghadapi tantangan pembangunan berkelanjutan.”

Jade Currie, Editor Regional OBG for Asia, menambahkan, “Laporan ESG ini mengungkapkan bahwa para investor semakin mengharapkan pendekatan yang strategis terhadap aspek ESG dan perubahan iklim. Hal tersebut menjadi semakin penting terutama menjelang diselengarakannya United Nations Climate Change Conference 2021.”

“Perekonomian global terus diarahkan menuju pemulihan jangka panjang dan deadline SDG pada tahun 2030 semakin dekat. Setiap negara, pemerintahan, dan perusahaan di seluruh dunia akan diminta untuk menghadirkan rencana yang terpadu dan sistematis dalam menerapkan aspek ESG. Kami juga merasa antusias dengan peranan Indonesia yang semakin besar dalam penerapan aspek ESG. Hal ini tentunya akan menghadirkan peluang bisnis dan dapat memperluas cakupan pembangunan sosial ekonomi yang bermanfaat,” ujar Currie.

Laporan ini merupakan bagian pertama dari ESG Intelligence Report “ESG and Energy Transition” yang disusun oleh OBG dan MedcoEnergi. Bagian kedua dari laporan ini akan membahas penerapan aspek ESG dan SDG secara regional di Asia Tenggara. Bagian kedua ini juga menghadirkan berbagai informasi mengenai kemajuan Indonesia dalam merealisasikan Agenda SDG serta cuplikan wawancara bersama dengan pemimpin MedcoEnergi.

ESG Intelligence Report merupakan bagian dari laporan yang saat ini sedang diproduksi oleh OBG bersama dengan mitranya. Selain itu, OBG bersama dengan mitranya juga meluncurkan instrumen riset yang sangat relevan serta berbagai artikel dan wawancara terkait dengan perkembangan dan prospek pemulihan ekonomi di sejumlah negara khusus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…