Internet Pengaruhi Kesehatan Mental, Pandemi Membuat Ekosistem Digital Kurang Sehat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Oktober 2021 - 15:30 WIB

Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)
Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)

INDUSTRY.co.id - Survei WHO mengungkapkan selama pandemi Covid-19, bulan Juni hingga Agustus 2020 sebanyak 60 persen orang yang tersebar di 130 negara mengalami permasalahan kesehatan mental. Di Indonesia sendiri rentang usia 30-39 tahun mengalami kecemasan terbanyak yakni sekitar 76 persen akibat pandemi dan ekosistem digital yang tidak sehat. 

“Literasi digital perlu diterapkan saat menggunakan sosial media, salah satunya untuk menghindari gangguan kesehatan mental dan dampak negatif internet,” ujar Dila Karinta, Enterprise Consultant at Digital Economy Coorporation, pada webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Saat ini jumlah pengguna internet aktif di Indonesia terus bertambah, bahkan Indonesia merupakan pengguna internet nomor 4 terbesar di dunia. Pengguna aktifnya 202,6 juta orang, sebagian besar mengaksesnya melaui ponsel pintar dan sebanyak 170 juta telah menggunakan media sosial.

Lebih jauh dia mengungkapkan selain menambah wawasan dan menjadi sarana hiburan, internet yang digunakan dengan tujuan positif bisa jadi promosi bisnis dan turisme. Ruang digital sehat pun dapat membuat seseorang mendapat pekerjaan profesional sehingga bisa membuat seseorang bangga dan bahagia.

Namun yang terjadi saat ini justru ekosistem internet yang tidak sehat seperti adanya cyber-bullying, sebar berita hoax, iklan palsu, provokasi, berita kekerasan, hingga pelecehan seksual online yang meningkat di masa pandemi. Semua itu memberikan suasana ruang digital yang dipenuhi dengan kecemasan, emosi, serta amarah yang memunculkan depresi hingga ingin bunuh diri. 

Masyarakat digital harus membiasakan diri akan internetan sehat yang bisa dimulai dengan double check fakta berita, tulis sumber daat mereferensikan sesuatu, membayangkan perasaan pihak yang menerima komentar, dan mengingat dampak dunia maya di dunia nyata, serta harus memastikan pesan yang disampaikan bermanfaat.

Webinar Literasi Digital di Kota Depok, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Khodijah, Staff Pengajar SMP Negeri 4 Depok, Ridho Wibowo, Instruktur VCT Jawa Barat, Dasep Purnama, Instruktur Edukasi4ID, dan Nyimas Indriana, Food & Beauty Enthusiast.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin