Penjualan Semen Indonesia Tahun Ini Bisa Tumbuh Hingga 5%

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Mei 2017 - 16:24 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berharap penjualan semen sepanjang tahun ini bisa tumbuh, meski masih single digit.

"Pertumbuhan penjualan semen perusahaan ini bisa mencapai 4% sampai 5% di tahun ini," kata Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menurut Agung, penjualan semen pada kuartal I tahun ini agak melambat dikarenakan banyak proyek infrastruktur yang tertunda pelaksanaannya. Selain itu juga ada pula proyek yang memang belum berjalan di awal tahun ini.

"Hujan di Januari dan Februari kemarin juga mempengaruhi distribusi semen," tutur Agung.

Untuk bisa menggeber target bisnis tersebut, Semen Indonesia mulai ancang-ancang. Apalagi biasanya menjelang pertengahan tahun biasanya pengerjaan beragam proyek sudah mulai terlihat.

"Bila kondisi ini terjadi, permintaan semen bakal melonjak cepat. Selain itu, biasanya banyak proyek yang statusnya sudah berjalan, bakal dikebut pengerjaannya jelang Lebaran, keadaan tersebut sejatinya sudah mulai terlihat di akhir Maret 2017 kemarin," ujar Agung.

Agung menambahkan, pengerjaan proyek jelang Lebaran biasanya menjadi siklus tahunan. Maklum, kontraktor musti kejar target lantaran akan berhenti beroperasi saat libur Lebaran selama kisaran dua pekan.

"Diharapkan kuartal II ini bisa untung, jika dibandingkan kuartal lainnya, triwulan satu biasanya lesu karena dan permintaan semen tinggi pada Agustus dan September," pungkasnya.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), penjualan semen Indonesia periode Januari sampai April 2017 masih bisa tumbuh 4,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 8,2 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…

Batik Air (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:00 WIB

Batik Air Mengantarkan Travelers Menuju Destinasi Luwuk Banggai

Sulawesi Tengah berkontur geografis khas menyerupai lekukan yang begitu menggoda wisatawan dan pebisnis (travelers) untuk berkunjung. Salah satunya ke bagian timur provinsi ini yaitu Kabupaten…