Pemerintah di Harapkan Segera Resmikan Pabrik Semen Rembang

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Mei 2017 - 16:03 WIB

Proyek Semen rembang (kompasiana)
Proyek Semen rembang (kompasiana)

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  Pemerintah diharapkan pada Juni 2017 segera meresmikan pabrik semen Rembang milik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) agar tidak terjadi polemik yang berkepanjangan.

Komisaris Utama SMGR, Sutiyoso mengatakan, isu yang berkembang di luar tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, misalnya zona Rembang tidaklah sama dengan zona Kendeng. Selain itu, di areal penambangan batu kapur yang sama, banyak penambang yang sudah ada sejak 22 tahun, termasuk perusahaan besar tidak ada yang meributkan.

"Kenapa semen Rembang diributin. Apalagi masyarakat yang menolak hanya sedikit, mayoritas mendukung. Kita harapkan awal bulan Juni nanti pabrik semen Rembang bisa diresmikan," kata Sutiyoso di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Menurut Sutiyoso, pengelolaan pabrik semen milik SMGR tidak perlu diragukan karena memiliki komitmen terhadap keramahan lingkungan.

"Pabrik semen di Tuban bisa menjadi contoh nyata bagaimana Semen Indonesia menjaga kelestarian lingkungannya," tuturnya.

Sementara, Head of Project Rembang PT Semen Indonesia Tbk, Heru Indra Widjajanto mengungkapkan saat ini kondisi pabrik Semen Rembang sudah siap untuk diresmikan. Terlebih uji coba yang sedang dilakukan perseroan hasilnya cukup memuaskan.

"Kondisi pabrik sudah 99% siap beroperasi secara penuh dan komersial," terangnya.

Adapun dari sisi perlengkapan pabrik semen Rembang, menurut Heru, lebih canggih dari semen Tuban, apalagi dari sisi teknologi pabrik semen Rembang menggunakan back filter yang mempunyai kemampuan penangkap debu lebih baik.

"Teknologi tersebut bisa menangkap debu di bawah 30 mg per normal meter kubik, jauh dari yang dicanangkan pemerintah sebesar 80 mg per normal meter kubik," tegasnya.

Heru berharap, pabrik Semen Rembang diresmikan secepatnya karena akan membantu pemerintah yang saat ini sedang giat melakukan pembangunan, khususnya memberi berkontribusi bagi pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah. (Hry/Imq)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christian Atmadjaja Direktur Virtus.

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:38 WIB

Virtus Technology Indonesia Lanjutkan Program Virtus Bakti Negeri untuk Dukung Pengembangan SDM Digital di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia solusi infrastruktur…

Ilustrasi Galon

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:50 WIB

Ekonom Indef: KPPU Berkewajiban Desak BPOM Batalkan Wacana Pelabelan BPA Karena Berbau Persaingan Tidak Sehat

Ekonom senior Indef yang juga pengamat persaingan usaha, Nawir Messi, mengatakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkewajiban mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membatalkan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:40 WIB

Menteri Basuki : ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan dituntut tidak hanya pintar atau ahli di bidangnya saja, tetapi juga harus memiliki karakter yang…

Indonesia-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf Pascapandemi Covid-19 (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:30 WIB

Kebijakan Masker dicabut, RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi…

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:01 WIB

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Poso-Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi memastikan tersangka kasus terorisme yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tersisa satu orang…