Berdayakan Pemuda Desa, UNJ Gelar Workshop Pemeliharaan Pompa Air dan Perawatan AC

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 September 2021 - 18:22 WIB

Workshop Pemeliharaan Pompa Air dan perawatan AC split Tim dosen Rumpun Teknik Mesin Universitas Neger Jakarta (UNJ).
Workshop Pemeliharaan Pompa Air dan perawatan AC split Tim dosen Rumpun Teknik Mesin Universitas Neger Jakarta (UNJ).

INDUSTRY.co.id, Serang - Dampak pandemi Covid-19 telah berakibat pada meningkatnya jumlah pengagguran. Tak terkecuali para pemuda di pedesaan. Membekali pemuda desa dengan keterampilan teknik, adalah salah satu upaya memberdayakan mereka agar bisa mandiri. 

Tim dosen Rumpun Teknik Mesin Universitas Neger Jakarta (UNJ) mencoba memberikan solusi atas penggangguran di pedesaan dengan melaksanakan Workshop Pemeliharaan Pompa Air dan perawatan AC split. Workshop tersebut dirasa cocok sebagai jalan untuk membuka usaha baru dibidang teknik. 

Workshop tersebut digelar di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (18/9/2021). Sebanyak 10 orang pemuda terpilih mengikuti pelatihan yang digelar secara luring ini, dengan protokol kesehatan yang ketat. 

"Pemuda di Kecamatan Cinangka dinilai memiliki potensi untuk kesejahteraan dengan membuka usaha baru dibidang tenik namun program pemberdayan untuk meningkatkan keterampilan atau ilmu pengetahuan sangat terbatas karena warga desa sulit mendapat akses untuk mengasah keterampilan. Biasanya karena program pemberdayaan belum sampai ke desa tersebut atau desa tersebut belum tersentuh dengan program-program pemberdayaan," ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. dalam sambutannya. 

Tim dosen yang terdiri dari Ragil Sukarno, Nugroho Gama Yoga,  Darwin Rio Budi Syaka memberikan pelatihan bagi pemuda Cinangka tersebuat dengan materi-materi pelatihan pemeliharaan pompa air, pelatihan perawatan AC split, dan pelatihan diagnosa dan perbaikan ringan AC.

"Tujuan Workshop Pemeliharaan Pompa Air dan  perawatan AC split ini memberikan keterampilan atau keahlian kepada pemuda dan masyarakat Cinangka Banten sehingga bisa membuka usaha Pemeliharaan Pompa Air dan Pemeliharaan AC Split, terwujudnya wirausaha tersebut semoga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutur Ragil Sukarno Program Studi Teknik Mesin-S1 UNJ. 

Selain menggelar pelatihan, Team P2M Rumpun Teknik Mesin menyerahkan hibah berupa 1 unit AC split dan peralatan pemeliharaan AC split, 1 unit Pompa Air dan 1 Unit mesin steam diberikan kepada Pemuda masyarakat Cinangka Banten untuk modal awal membuka usaha baru dalam bidang perawatan Pompa, AC Spit, dan usaha steam mobil dan motor.

Kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) dosen Rumpun Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta Tahun 2021 yang merupakan kegiatan wajib dosen sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…