Dahsyat! Perusahaan Ini Panen Pujian Setelah Kampanye Pemasaran Multiplatform dan CSR Kreatif Pengiriman Obat Kemenkes

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 18 September 2021 - 13:52 WIB

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Markplus di tahun 2020 tercatat brand awareness SiCepat Ekspres mencapai lebih dari 80,9% di online seller marketplace dan seller social media.
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Markplus di tahun 2020 tercatat brand awareness SiCepat Ekspres mencapai lebih dari 80,9% di online seller marketplace dan seller social media.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Branding adalah salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan membuat persaingan usaha juga semakin ketat.

Lihat saja, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri dapat berdiri di Indonesia. Bahkan tidak hanya satu dua saja jumlahnya tetapi banyak.
Karenanya sebagai pelaku usaha Anda juga harus memiliki dan membangun brand dari usaha bisnis Anda.

Sebuah brand yang kuat dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya sehingga banyaknya pesaing tidak akan berpengaruh jika brand Anda sudah kuat.
Sebelum mengetahui apa itu branding, Anda perlu memahami dasar katanya, brand.

Istilah brand sendiri pertama kali digunakan oleh orang-orang Inggris pada abad ke-19 sebagai bentuk memberi tanda kepada hewan-hewan ternak dan juga budak dengan memberi cap besi panas pada tubuh mereka.

Saat itu mereka menyebut dengan kata burn. Kemudian kata brand mulai populer digunakan oleh orang-orang jerman dengan makna yang sama yaitu menandai sesuatu menggunakan cap besi panas, brennen.

Brand sendiri saat ini diartikan sebagai identitas diri yang membedakan antar sesama baik manusia, produk, maupun tempat.
Sedangkan branding adalah sebuah kegiatan komunikasi, mempekuat, mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya.

Menurut Kotler (2009), branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.
Sedangkan menurut Landa (2006), pengertiannya bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan.

Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

'Lambat laun definisi branding semakin berkembang hingga kini didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand.

Bagi perusahaan hal ini bukan hanya sekedar merek atau produk Anda dikenal tetapi juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan Anda merupakan yang terbaik.

Seperti yang dilakukan  SiCepat Ekspres yang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres mendapatkan penghargaan dalam kategori “Kampanye Pemasaran Multiplatform” dan “CSR Kreatif Pengiriman Obat Kemenkes” secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting pada Kamis, 9 September 2021. Sebelumnya, Sicepat Ekspres telah banyak menjalankan program CSR yang dapat dilihat melalui halaman CSR di website resmi Sicepat Ekspres.

Bersaing dengan 22 perusahaan swasta lainnya dari berbagai bidang usaha, SiCepat membuktikan, kinerja baiknya selama tahun 2021 dalam melakukan strategi pemasaran sekaligus CSR. Menerapkan konsep pemasaran multiplatform, SiCepat melakukan strategi pemasarannya dengan memanfaatkan berbagai media, salah satunya media sosial Instagram, YouTube, hingga TikTok untuk mempromosikan produk layanan melalui konten interaktif dengan tujuan meningkatkan brand awareness serta meningkatkan engagement dengan para customer.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Markplus di tahun 2020 tercatat brand awareness SiCepat Ekspres mencapai lebih dari 80,9% di online seller marketplace dan seller social media. Hingga kini lebih dari enam juta seller bergabung menggunakan layanan SiCepat Ekspres. Hal tersebut membuktikan bahwa strategi pemasaran multiplatform yang dijalankan oleh SiCepat Ekspres efektif dalam meningkatkan brand awareness SiCepat.

SiCepat Ekspres juga semakin meluaskan jangkauannya dengan menjalin kolaborasi bersama Alfamart dalam menghadirkan SiCepat Point. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan revenue SiCepat serta hadir lebih dekat dengan para pelanggan. Tak hanya itu, SiCepat juga menghadirkan program aktivasi KEJAR POINT dalam memberikan keuntungan bagi pelanggan yang melakukan pengiriman melalui Alfamart. Para pelanggan dapat melihat informasi lengkap Program KEJAR POINT di sini

The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres menyampaikan, “Kolaborasi serta inovasi yang kami hadirkan dalam produk dan layanan tidak lepas dari tujuan utama kami yakni memberikan kemudahan dan hadir lebih dekat dengan pelanggan. Tak hanya itu, kami juga berkomitmen untuk terus aktif dan kreatif dalam menjalankan kampanye brand dan sosial dengan pemanfaatan multiplatform digital dalam bentuk yang fresh dan menarik.”

“Kami ingin menginspirasi para brand dan company membuat pendekatan secara omni kepada customers-nya. Mengapa? Karena terdapat keseimbangan yang dapat menggambarkan omni, yakni balancing lives and live hoods, balancing online & offline, dan balancing value & premium,” ucap Iwan Setiawan, CEO of Marketeers Inc.

SiCepat Ekspres akan terus melakukan update informasi terkait layanan, promosi, dan program perusahaan melalui halaman resmi http://www.sicepat.com/ Sehingga customer dapat terus menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh SiCepat Ekspres. SiCepat Ekspres adalah perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak tahun 2014, dimana fokus utama dalam pelayanannya adalah pengiriman 8 Jam Sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung serta pengiriman 1hari Sampai untuk kota besar seluruh wilayah Indonesia. Dengan Slogan “Ketika Semua Jadi Mudah”, SiCepat Ekspres mempunyai cabang dan gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia untuk menjawab segala kebutuhan dan keinginan pelaku e-commerce didukung dengan sistem teknologi terkini. SiCepat Ekspres merupakan salah satu dari sedikit pemain yang menyediakan layanan logistik terintegrasi (termasuk Last-mile, Warehouse & Fulfilment, Commerce Enabler, Distribusi Online dan Logistik Jarak Jauh).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…