Petrokimia Gresik Lakukan Ekspansi Buka Gerai Petromart Keenam di Probolinggo

Oleh : Hariyanto | Minggu, 28 Mei 2017 - 12:19 WIB

Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)
Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)

INDUSTRY.co.id - Gresik, Produsen pupuk regional PT Petrokimia Gresik (PG) melakukan ekspansi membuka gerai Petromart keenam di Kota Probolinggo. Gerai Petromart keenam tersebut sekaligus melengkapi lima gerai Petromart lainnya di Jawa Timur seperti Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Batu, dan Malang.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik telah membuka Gerai Petromart di Gresik pada 2015, kemudian Bojonegoro pada 2016, dan Nganjuk pada 2017. Dengan demikian, Petrokimia Gresik memiliki total sembilan Petromart yang seluruhnya berada di Jawa Timur.

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PT Petrokimia Gresik, Arif Fauzan menyatakan bahwa Petromart merupakan gerai atau toko pertanian yang menjual secara retail produk pupuk non-subsidi dan produk pengembangan PG group seperti produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida.

"Pengembangan Petromart di daerah ini merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar dan sebagai usaha PG untuk semakin mendekatkan diri dengan konsumen serta memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," ujar Arif, Jumat (26/5/2017).

Arif menyebutkan, sejak pertama kali diluncurkan Petromart mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Selain menjawab kebutuhan petani di desa, Petromart juga menyasar kebutuhan pertanian dan perkebunan masyarakat perkotaan (urban farming).

"Berdasarkan analisa usaha atau feasibility study, Petromart sangat layak untuk dikembangkan menjadi suatu entitas bisinis di daerah," tutur Arif.

Dalam ekspansi Petromart, PG menggandeng Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) yang mengelola Petromart di Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Tuban, dan Batu.Sedangkan Petromart di Kabupaten Malang dikelola oleh PT Gresik Cipta Sejahtera (GCS) yang juga masih satu grup dengan PG.

"Petromart siap menerima konsultasi konsumen terkait aplikasi produk, rekomendasi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan sebagainya," lanjut Arif.

Kedepan PG akan kembali mengkaji kemungkinan untuk mewaralabakan Petromart sebagai bentuk pengembangan Petromart di wilayah-wilayah potensial lainnya. "Kami akan terus mengevaluasi kinerja Petromart dan hasil evaluasinya akan menjadi dasar bagi kami dalam pengembangan Petromart ke depan," ungkap Arif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:00 WIB

FinTech for Capital Market Expo, Memperkuat Kolaborasi FinTech-Pasar Modal

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan keuangan yang lebih bervariasi dan didukung dengan kecanggihan teknologi, Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH)…