Andy Qiu Memadukan Alat Musik Tradisional Indonesia dalam Lagu Mandarin

Oleh : Herry Barus | Minggu, 05 September 2021 - 07:33 WIB

Musisi Andy Qiu
Musisi Andy Qiu

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, perkembangan musik Mandarin di Indonesia masih tertinggal jauh. Baik dari segi kuantitas, kualitas, maupun aliran musiknya. Di Indonesia, sebagian besar produk lagu Mandarin yang beredar adalah hasil cover lagu-lagu dari luar negeri. Aliran musik digemari juga terasa lebih jadul. Produk lagu Mandarin yang murni ciptaan sendiri sangat sedikit.

Lahir di desa Tanah Merah, Indragiri Hilir, Riau, sejak kecil Andy Qiu (Qiu Liefeng) suka mempelajari bahasa, terutama bahasa Indonesia dan Mandarin. Guru bahasa Indonesianya semasa SMP menjadi guru favoritnya hingga saat ini. Sedangkan untuk bahasa Mandarin, Andy mulai mempelajarinya sejak kecil dari ayahnya.

Mengawali karir profesionalnya sebagai penyiar di radio Mandarin di Jakarta, Andy dikenal sebagai penyiar yang sangat memperhatikan ketepatan pelafalan bahasa Mandarin. Dalam bahasa Mandarin, sedikit perbedaan pengucapan atau pelafalan bisa menghasilkan arti yang berbeda jauh. Sebagai penyiar, Andy merasa memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan bahasa Mandarin yang baik dan benar kepada masyarakat luas. Terlebih lagi, tidak jarang ada orang yang belajar bahasa Mandarin dari mendengarkan siaran radio.

Di samping siaran radio, Andy Qiu juga aktif menjadi pembawa acara di berbagai acara off-air. Di Jakarta ia termasuk pembawa acara berbahasa Mandarin yang cukup ternama. Andy bahkan pernah menjadi pembawa acara untuk mega bintang Mandarin seperti Jay Chou dan Leehom Wang. Pernah pula diundang untuk membawakan acara di luar negeri dan juga sempat menjadi pembawa acara TV Mandarin.

Selain sangat menyukai bahasa Mandarin, kegemaran Andy terhadap musik pop Mandarin juga sangat tinggi. Di radio ia dikenal sebagai penyiar yang memiliki pengetahuan paling luas mengenai perkembangan musik Mandarin. Andy juga terjun langsung dalam menciptakan lagu dan merilis album. Album solonya yang ke-3 yang berjudul “Feng Qing Wan You  - Quan Chuang Zuo Zhuan Ji (Feng’s Love Appearances – Full Creative Album)” telah rilis beberapa waktu lalu di Taiwan dan akan dipasarkan juga di Tiongkok Daratan, Hong Kong dan Makau. Dengan terbatasnya pasar musik Mandarin original di dalam negeri, Andy beruntung berkesempatan merilis hasil karyanya di luar negeri.

Album ini terdiri dari 10 lagu. Semuanya merupakan ciptaan Andy Qiu sendiri. Arti dari judul album “Feng Qing Wan You” adalah ada banyak bentuk cinta. Namun, maksud Andy sebenarnya adalah bahwa dalam album ini Andy ingin mengasah kemampuannya menciptakan lagu Mandarin dalam berbagai aliran musik. Ada rap, pop, rock, R&B, EDM, dan folk. Di Indonesia masih banyak yang mengenal lagu Mandarin hanya yang jenis pop ballads, namun di luar negeri sudah sangat banyak variasi yang beraneka ragam.

 

Yang menarik dari album ini adalah adanya perpaduan berbagai alat musik tradisional daerah Indonesia ke dalam lagu Mandarin. Melalui album ini, Andy ingin memperkenalkan keindahan dan keunikan seni budaya Indonesia kepada penggemar lagu Mandarin mancanegara. Ada alat musik suku Dayak seperti sape, alat musik Minangkabau seperti saluang, alat musik Sunda seperti karinding, suling, calung, jegogan, dan lain-lain yang dipadukan dengan alat musik tradisional Tionghoa seperti guzheng dan erhu dan alat-alat musik kontemporer masa kini.

Dalam sebuah lagu berjudul “Saatnya Pasti Tiba”, Andy bahkan memasukkan lirik bahasa Indonesia ke dalamnya. Lagu ini adalah sebuah lagu rap berbahasa Mandarin yang bagian chorus-nya berbahasa Indonesia. Judulnya sengaja dibuat bahasa Indonesia untuk menarik rasa ingin tahu pendengar di luar negeri dan berharap bahasa Indonesia akan lebih dikenal.

Sebuah album lagu Mandarin dengan visi budaya di dalamnya. Banyak cara untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia luar. Musik adalah salah satunya. Namun, masih tidak banyak yang melakukannya melalui musik Mandarin. Andy Qiu adalah salah satunya. Andy berharap melalui bahasa Mandarin yang dikuasainya dan lagu hasil karyanya, ia dapat menyampaikan banyak hal yang indah tentang Indonesia kepada dunia luar agar dunia lebih mengenal dan juga mencintai Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…