Amerika Serikat Tambah 7 Destinasi Level 4 Covid-19, RI Turun Peringkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 02 September 2021 - 11:00 WIB

Puerto Rico (Ist)
Puerto Rico (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat kembali memperbarui daftar negara yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19. Dalam daftar terbaru ini, Swiss dan Puerto Rico menjadi salah dua tujuan berisiko tertinggi bagi para wisatawan.

Swiss dan Puerto Rico masuk ke dalam tujuan berisiko tinggu untuk para wisatawan, pemberitahuan ini merujik kepada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. 

Dilansir dari laman CNN Travel, pemberitahuan ini bertujuan untuk para wisatawan agar menghindari destinasi tersebut karena kasus Covid-19 yang belum melandai atau berada dalam status Level 4. Nantinya, wisatawan yang terpaksa bepergian ke negara-negara berisiko tinggi itu harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti melakukan vaksinasi lengkap terlebih dahulu.

Selain Swiss dan Puerto Rico, Azerbaijan, Estonia, Guam, Makedonia Utara, dan Santa Lucia pun masuk ke dalam status Level 4 Covid-19. 

Setiap minggunya, CDC memperbarui daftar status, mulai dari level 1 (rendah) hingga level 4 (sangat tinggi) dengan melihat perkembangan setiap kasus Covid-19 di setiap negara. Menurut CDC, kriteria negara ke dalam level 4 jika memiliki lebih dari 500 kasus per 100 ribu penduduk dalam 28 hari terakhir. Sedangkan, jika level 3 negara yang memiliki 100 hingga 500 kasus per 100 ribu penduduk dalam 28 terakhir. 

Menurut Kantor Kesehatan Masyarakat Federal negara itu, Swiss terkonfirmasi 659 kasus Covid-19 per 100 ribu penduduk dalam empat minggu terakhir. Pada 29 Agustus, hampir sepertiga unit perawatan intensif Swiss ditempati oleh orang-orang dengan virus Corona. 

Sementara, di Makedonia Utara, sedikit kurang dari seperempat penduduk sepenuhnya divaksinasi Covid-19 pada 30 Agustus, sementara 9 persen sebagian divaksinasi untuk dosis pertama. Lebin lanjut, Saint Lucia sekitar 185 ribu orang telah sepenuhnya divaksinasi atau sekitar 15,1 persen dan sebagian divaksinasi 4,8 persen untuk dosis pertama.

Kemudian, ada kabar baik untuk Indonesia sebab CDC telah menurunkan 6 destinasi level 4 ke level 3, yakni Bahrain, Indonesia, Namibia, Oman, Rwanda and Zimbabwe. Selanjutnya empat destinasi negara yang pindah ke level 3, dari level 2 yaitu Bermuda, Kanada, Jerman, dan Moldova.

Dalam panduan perjalanan, CDC telah merekomendasikan untuk menghindari semua perjalanan internasional sampai sepenuhnya divaksinasi.

"Wisatawan yang divaksinasi sepenuhnya cenderung tidak mendapatkan dan menyebarkan Covid-19. Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan wisatawan yang sepenuhnya divaksinasi mungkin berisiko tinggi untuk mendapatkan dan mungkin menyebarkan beberapa varian Covid-19," jelas CDC.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…