Semester I 2021, MIND ID Catat Laba Bersih Rp4,7 Triliun

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 September 2021 - 15:14 WIB

Ilustrasi Industri Pertambangan
Ilustrasi Industri Pertambangan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia berhasil merealisasikan kinerja produksi dan keuangan yang positif di sepanjang semester pertama tahun 2021.

Perusahaan yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk ini mencatat Laba Bersih sebesar Rp4,7 triliun, naik signifikan dibandingkan posisi Rugi Bersih Rp1,8 triliun pada periode semester yang sama di 2020.

Hal ini ditopang oleh kinerja produksi dan penjualan Grup MIND ID yang optimal, implementasi strategi keuangan khususnya dalam menjaga tingkat likuiditas, dan membaiknya harga komoditas global.

"Pada semester 1 tahun 2021 Grup MIND ID mencatat kinerja operasional dan keuangan yang jauh lebih baik dibandingkan tahun 2020. Sebagai strategic holding, kami menerapkan strategi keuangan khususnya dalam menjaga tingkat likuiditas, termasuk untuk memenuhi kewajiban finansial yang ada memonitor dan menjaga tingkat produksi dan penjualan, serta mendorong sinergi di antara Anggota MIND ID," kata CEO Grup MIND ID, Orias Petrus Moedak yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (1/9/2021).

Di semester pertama tahun 2021, Perusahaan memastikan kegiatan operasional Anggota MIND ID dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga aktivitas produksi dan penjualan dapat berjalan optimal dan aman.

Seiring dengan adanya pemulihan perekonomian dunia serta didorong oleh permintaan komoditas yang cukup tinggi, Perusahaan mencatat Pendapatan Rp39,2 triliun atau meningkat 34% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp29,3 triliun.

Grup MIND ID mencatat profitabilitas yang positif ditunjukkan dengan capaian Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebesar Rp10,9 triliun atau naik 198% dibandingkan posisi Juni 2020 sebesar Rp3,6 triliun.

Posisi EBITDA Margin mengalami perbaikan yakni sebesar 28%, lebih tinggi dibandingkan pencapaian Juni 2020 sebesar 12%. Net Profit Margin juga mengalami peningkatan menjadi 12% dibandingkan pencapaian Juni 2020 yang tercatat -6%.

MIND ID optimis dapat mencapai kinerja sesuai dengan target yang ditetapkan. Pada semester 2 tahun 2021, Perusahaan akan meneruskan program kerja yang telah ditetapkan dan berfokus pada mendorong tingkat produksi, optimalisasi sinergi Grup MIND ID, percepatan program investasi dan menjaga likuiditas Perusahaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…