Kopenhagen dinobatkan Sebagai Kota Teraman di Dunia, Kalahkan Tokyo dan Singapura

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 30 Agustus 2021 - 09:15 WIB

Kopenhagen, Denmark (Instagram/visitcopenhagen)
Kopenhagen, Denmark (Instagram/visitcopenhagen)

INDUSTRY.co.id - Untuk pertama kalinya, Kopenhagen, ibu kota Denmark ini dinobarkan sebagai kota teraman di dunia oleh Economist Intelligence Unit (EIU).

Dengan ini, Kopenhagen kini menggeser Tokyo dan Singapura yang merupakan pesaing utama, karena sebelumnya negara tersebut menempati peringkat atas sebagai kota teraman di dunia.

Dilansir dari laman Times of Indian, sementara di posisi kedua yakni diperoleh Toronto, diikuti Singapura di posisis ketiga. 

Sesuai laporan, penelitian ini memperhitungkan 60 kota di 76 indikator. EIU telah mengambil survei ini setiap dua tahun sejak 2015. Dan, untuk memberi peringkat pada negara-negara, pihaknya mengevaluasi 76 indikator di sektor digital, kesehatan, keamanan pribadi, lingkungan, infrastruktur, dan menilai mereka dari 100. 

Menariknya, perolehan 56,1 poin dan 54,4 poin, diperoleh New Delhi dan Mumbai india juga berhasil memperkuat tempat mereka dalam daftar Top 50.

Sesuai survei yang dilakukan pada 2019, Tokyo meraih posisi teratas, Singapura menempati posisi kedua, sementara Osaka, Jepang, berada di urutan ketiga dalam daftar. Namun, tahun ini Kopenhagen, Toronto, dan Singapura meraih tiga posisi teratas.

Laporan tersebut menyatakan bahwa pandemi Covid-19 telah secara drastis mengubah konsep keselamatan perkotaan yang  membuat keamanan digital lebih penting karena bisnis mulai semakin bergerak menuju platform online. Ini menguraikan bahwa pandemi juga menggeser cara keselamatan infrastruktur diukur, karena kebiasaan transportasi dan utilitas berubah.

Demikian juga, karena pandemi dan krisis kesehatan kemudian mengakibatkan pergeseran di kota-kota teraman di
dunia. Sesuai laporan EIU, ditemukan bahwa Kopenhagen telah berhasil melampaui pelopor sebelumnya Tokyo, Singapura, dan Osaka.

Sementara menurut laporan, kota-kota yang paling tidak aman di dunia saat ini adalah Yangon, Lagos, Caracas, Kairo, dan Karachi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Asal Prefektur Aichi Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di Indonesia

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah

Senin, 27 Juni 2022 - 17:35 WIB

Kementerian PUPR Tingkatkan Kinerja Dukungan Manajemen Dengan Teknologi Informasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik,…