Usai Berdarah-darah, Industri TPT Nasional Mulai Bangkit

Oleh : Ridwan | Jumat, 13 Agustus 2021 - 10:20 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebutkan bahwa industri tekstil dan produk tekstil (TPT) menjadi salah satu industri yang sangat terpukul dengan adanya pandemi COVID-19. Bahkan, laju pertumbuhan TPT mengalami penurunan hingga minus 4,54 persen.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kemenperin Muhammad Khayam menjelaskan bahwa kontribusi industri padat karya yang masuk dalam katagori industri strategis nasional ini pun menurun menjadi 6,07 persen.

Meski begitu, Khayam mengaku tetap optimistis TPT nasional dapat kembali pulih dari tekanan dan dampak pandemi COVID-19.

"Beberapa industri yang berdampak cukup berat adalah industri TPT yang ditandai dengan laju pertumbuhannya yang masih minus di angka 4,54 persen," katanya dalam diskusi virtual (12/8/2021).

Menurutnya, industri TPT dapat segera pulih jika pandemi mulai dapat teratasi di Tanah Air. Hal ini didasarkan pada kinerja industri TPT di kuartal II tahun 2021 yang meningkat sebesar 0,84 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dari sisi ekspor dan investasi TPT juga terus mengalami pertumbuhan. Khayam mengatakan tercatat ekspor TPT dari Januari hingga Juni 2021 juga mengalami peningkatan sebesar 13 persen, menjadi USD 5,87 miliar.

"Dari sisi investasi juga mengalami pertumbuhan yang baik. Dengan nilai investasi Rp3,5 triliun atau mengalami kenaikan 27 persen," ucapnya.

Dengan besarnya potensi industri TPT, kata Khayam, pemerintah menetapkannya sebagai salah satu industri strategis nasional. Selain mampu menyumbangkan devisa yang cukup banyak, TPT juga dapat manyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

"Industri ini menjadi penghasil devisa dengan perkiraan nilai ekspor tahun 2020 10,55 miliar dolar AS dan menyerap tenaga kerja 3,43 juta orang," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…