Usai Berdarah-darah, Industri TPT Nasional Mulai Bangkit

Oleh : Ridwan | Jumat, 13 Agustus 2021 - 10:20 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebutkan bahwa industri tekstil dan produk tekstil (TPT) menjadi salah satu industri yang sangat terpukul dengan adanya pandemi COVID-19. Bahkan, laju pertumbuhan TPT mengalami penurunan hingga minus 4,54 persen.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kemenperin Muhammad Khayam menjelaskan bahwa kontribusi industri padat karya yang masuk dalam katagori industri strategis nasional ini pun menurun menjadi 6,07 persen.

Meski begitu, Khayam mengaku tetap optimistis TPT nasional dapat kembali pulih dari tekanan dan dampak pandemi COVID-19.

"Beberapa industri yang berdampak cukup berat adalah industri TPT yang ditandai dengan laju pertumbuhannya yang masih minus di angka 4,54 persen," katanya dalam diskusi virtual (12/8/2021).

Menurutnya, industri TPT dapat segera pulih jika pandemi mulai dapat teratasi di Tanah Air. Hal ini didasarkan pada kinerja industri TPT di kuartal II tahun 2021 yang meningkat sebesar 0,84 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dari sisi ekspor dan investasi TPT juga terus mengalami pertumbuhan. Khayam mengatakan tercatat ekspor TPT dari Januari hingga Juni 2021 juga mengalami peningkatan sebesar 13 persen, menjadi USD 5,87 miliar.

"Dari sisi investasi juga mengalami pertumbuhan yang baik. Dengan nilai investasi Rp3,5 triliun atau mengalami kenaikan 27 persen," ucapnya.

Dengan besarnya potensi industri TPT, kata Khayam, pemerintah menetapkannya sebagai salah satu industri strategis nasional. Selain mampu menyumbangkan devisa yang cukup banyak, TPT juga dapat manyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

"Industri ini menjadi penghasil devisa dengan perkiraan nilai ekspor tahun 2020 10,55 miliar dolar AS dan menyerap tenaga kerja 3,43 juta orang," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia (foto Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Sedih! Muhaimin Iskandar: 3-4 Juta Pekerja Migran Indonesia Belum Jadi Peserta BP Jamsostek

Jakarta- Warga kita yang berada di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, dan lain-lain, yang tentu membutuhkan perhatian serius dan belum menjadi peserta BP Jamsostek.…

Presiden Jokowi di Ukraina

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Kyiv Ukraina

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam, Kereta Luar Biasa (KLB) yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50…

Jajaran Komisaris dan Direksi BEI yang hadir pada RUPST BEI 2022. (Foto: Humas BEI)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:14 WIB

Iman Rachman Resmi Jadi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Hingga 2026

Para pemegang saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2021 telah menyetujui pengangkatan Iman Rachman sebagai Direktur Utama BEI…

Suasana Pengisian BBM (Pertamina)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Pembelian Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat Kecil di Daerah

Mulai 1 Juli 2022, pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina. Dengan begitu, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli…

Ilustrasi SPBU Coco

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:59 WIB

Soal Beli Solar dan Pertalite Pakai Aplikasi! DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Hindari Kebocoran Subsidi

Jakarta-Rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses solar dan Pertalite bagi masyarakat ditujukan untuk menutup kebocoran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dianggarkan.…