Pabrik Baja Kapasitas 500 Ribu Siap Beroperasi Juni 2017

Oleh : Ridwan | Rabu, 24 Mei 2017 - 03:37 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Direktur of Osaka Steel, Junji Uchida hari ini melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta. Pertemuan ini terkait rencana peresmian pabrik PT Krakatau Osaka Steel yang memproduksi baja tulangan, baja profil, baja chanel, dan flat bar mencapai 500.000 ton per tahun pada bulan Juni 2017.

"Rencana peresmian pabrik akan dilaksanakan bulan Juni tahun 2017 ini, Beroperasinya pabrik Krakatau Osaka mengurangi ketergantungan Indonesia atas komponen konstruksi impor," ungkap Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan  di Jakarta (24/5/2017).

Seperti diketahui, Osaka Steel merupakan supplier terbaik di Jepang yang dapat mensuplai baja untuk pembangunan menara transmisi. Osaka Steel yakin dapat mendukung pembangunan menara transmisi khususnya berkontribusi dalam proyek 35.000 MW.

"Baja yang dihasilkan Osaka Steel memiliki kekhususan karena bahan bakunya masih impor dan belum ada di dalam negeri.Dan Osaka Steel merupakan supplier terbaik di Jepang yang dapat mensuplai baja untuk pembangunan menara transmisi.

Disisi lain, Junji Uchida mengatakan, perusahaannya telah siap untuk mensuplai bahan baku baja kepada banyak customer untuk konstruksi menara. Produknya adalah besi siku, besi beton, atau lainnya.

"Dari 500.000 ton per tahun kapasitas, diperkirakan produksinya akan mencapai sekitar 300.000 ton hingga 350.000 ton pada tahun 2017. Serta pada tahun 2019 baru akan mencapai target 500.000 ton," terangnya.

Seperti diketahui, PT Krakatau Osaka Steel berencana memproduksi baja tulangan berdiamater 50 milimeter. Produk yang diberi nama s50 tersebut bisa menghemat waktu dan kebutuhan baja proyek konstruksi bangunan, pelabuhan, jembatan, hingga jalan tol.

“Ini bisa mengurangi berat fondasi, meningkatkan kekuatan struktur, dan memberikan lebih banyak ruang.  Tidak hanya mengurangi biaya, tetapi juga meningkatkan kecepatan konstruksi,” tutup Uchida.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christian Atmadjaja Direktur Virtus.

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:38 WIB

Virtus Technology Indonesia Lanjutkan Program Virtus Bakti Negeri untuk Dukung Pengembangan SDM Digital di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia solusi infrastruktur…

Ilustrasi Galon

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:50 WIB

Ekonom Indef: KPPU Berkewajiban Desak BPOM Batalkan Wacana Pelabelan BPA Karena Berbau Persaingan Tidak Sehat

Ekonom senior Indef yang juga pengamat persaingan usaha, Nawir Messi, mengatakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkewajiban mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membatalkan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:40 WIB

Menteri Basuki : ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan dituntut tidak hanya pintar atau ahli di bidangnya saja, tetapi juga harus memiliki karakter yang…

Indonesia-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf Pascapandemi Covid-19 (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:30 WIB

Kebijakan Masker dicabut, RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi…

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:01 WIB

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Poso-Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi memastikan tersangka kasus terorisme yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tersisa satu orang…