Pengusaha Alas Kaki Minta Aktivitas Ekonomi Dibuka Bertahap: Subsidi Pemerintah Tak Berdampak...

Oleh : Ridwan | Selasa, 03 Agustus 2021 - 10:02 WIB

Produksi Alas Kaki (Foto BBC.com)
Produksi Alas Kaki (Foto BBC.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) meminta pemerintah membuka aktivitas ekonomi secara bertahap saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Hal tersebut dianggap lebih baik dibandingkan terus-terusan memberikan subsidi.

Direktur Eksekutif Aprisindo Firman Bakri mengatakan, membuka aktivitas perdagangan secara perlahan dampaknya akan lebih besar, dibanding efek yang timbul dari kebijakan subsidi yang diberikan pemerintah.

Lebih lanjut, ia menilai subsidi yang diberikan pemerintah tidak begitu berarti untuk menjaga kinerja bisnis.

"Saya rasa yang diperlukan sekarang soal pelonggaran aktivitas ekonomi. Mau tidak mau kuncinya itu," katanya kepada wartawan (2/8/2021).

Dijelaskan Firman, selama ini subsidi yang diberikan pemerintah kepada industri dan pekerja tidak berdampak signifikan menahan jatuhnya ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

Menurutnya, jika ekonomi dibuka pelaku usaha harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar penyebaran COVID-19 tak berkepanjangan.

"Kita berharap ada subsidi tapi kan dampaknya kecil kalau ekonomi tidak bergerak," terangnya.

Saat ini, terang Firman, kinerja industri alas kaki hanya ditopang oleh permintaan ekspor yang masih membaik. Sementara industri dengan orientasi pasar domestik masih jeblok

Sekadar informasi, tercatat kapasitas produksi dari industri alas kaki yang berorientasi pasar domestik selama PPKM berada di level 20 hingga 35 persen. Padahal, pada bulan Mei hingga Juni 2021 permintaan mulai tumbuh dengan adanya momen Idul Fitri dan wacana dibukanya kembali sekolah tatap muka.

"Kalau momen Lebaran kemarin sudah bagus sudah hampir di angka normal kisaran 85 hingga 90 persen untuk ritel bisa di angka segitu. Kemudian di industri kita kapasitas produksi sudah bisa di atas 50 sampai 60 persen, setelah sekarang PPKM ya turun semua," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rex Andrew Djohan, Pendiri Oloro Golf

Senin, 17 Januari 2022 - 20:34 WIB

Inilah Oloro Golf, Brand Golf Lokal yang Mampu Bersaing Hingga ke Singapura

Sekitar tahun 2014- 2015, brand Oloro Golf pertama kali diciptakan oleh Rex Djohan, Jeffry Thomas dan Ryan Fortunato yang sekaligus menjadi Founder untuk membuat sesuatu yang belum ada di Golf.…

Ilustrasi Perumahan

Senin, 17 Januari 2022 - 19:45 WIB

Keren! Bank BUMN Jawara KPR Ini Tancap Gas, Dalam Seminggu Catatkan Akad Kredit Sekitar 6.000 Unit

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk langsung tancap gas menyambut tahun 2022 dengan menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ilustrasi Faktur Pajak

Senin, 17 Januari 2022 - 19:26 WIB

Kenalan dengan eFaktur Pajak, Solusi Mengelola Pajak untuk Makin Mudah

Setiap pengusaha pasti harus membayar pajak. Nah, ketika seorang pengusaha melakukan penyerahan JKP (Jasa Kena Pajak) atau BKP (Barang Kena Pajak), ia akan menerima bukti pungutan pajak PKP…

Mekari KlikPajak

Senin, 17 Januari 2022 - 18:21 WIB

Tips Lapor Pajak Online Di Rumah Aja dengan Mudah dan Cepat

Pembayaran pajak di era digital seperti sekarang ini semakin mudah dan praktis. Wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor pajak untuk membayar kewajiban sebagai warga negara. Pasalnya, ada…

Pradesain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta - Twitter

Senin, 17 Januari 2022 - 18:12 WIB

IKN Bernama Nusantara, DPD RI Minta Pemerintah Berikan Penjelasan Utuh ke Publik Terkait Pemilihan Nama IKN

Jakarta-Wacana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan terus bergulir. Pemerintah bersama DPR RI dan DPD RI tengah melakukan pembahasan terkait Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara…